Manfaat Mendongeng Bagi Anak Usia Dini

Ketika kita masih kecil, tentu masing-masing dari kita pernah dibacakan atau diceritakan dongeng oleh orang tuanya. Terutama ketika kita akan pergi tidur pada malam hari. Biasanya dongeng yang diceritakan itu ialah dongeng-dongeng tentang kerajaan, putri dan binatang. Orang tua kita mendongeng dengan tujuan agar kita cepat mengantuk dengan mendengar  dongeng itu dan lekas tidur setelahnya. Sebagian besar dari orang tua kita biasanya hanya mendongengkan cerita yang itu-itu saja, sehinga lama kelamaan kita akan akan hapal apa cerita yang didongengkan itu. Tahukah anda ternyata dongeng itu memiliki manfaat bagi anak usia dini. Berikut ini ada beberapa manfaat dari dongeng itu sendiri bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil:
1. Melatih anak dalam mendengarkan
Membacakan dongeng bagus bagi si kecil, karena ketika kita mendongeng otomatis anak harus mendengarkan. Sehingga jika kita sering membacakan dongeng kepada anak, daya dengar mereka akan semakin bagus dan semakin peka dalam menangkap berbagai informasi.
2. Melatih daya simak
Menyimak sangat penting dimiliki oleh seorang anak, apalagi ketika ia berada di bangku persekolahan. Sebab banyak sekali pengetahuan yang diberikan oleh gurunya yang harus ia pahami. Ketika anak sejak kecil sudah terbiasa dibacakan dongeng maka ia akan memiliki kemampuan menyimak yang baik, sehingga mudah menyerap informai. Hal ini dikarenakan indera pendengaran anak telah terlatih untuk mendengarkan sebuah informasi sekaligus menangkap apa makna dari informasi tersebut.
3. Mengenalkan kosakata baru
Ketika orang tua membacakan dongeng, biasanya dongeng yang dibacakan itu itu saja. Akan tetapi biasanaya anak meminta dongeng yang berbeda karena ia sudah bosan dengan dongeng yang sering dibacakan. Tahukah anda ternyata membaca dongeng juga bermanfaat sebagai sarana mengenalkan kosakata baru kepada anak. Jadi semakin banyak dongeng yang anda ceritkan kepada anak semakin banyak kosakata yang dimiliki oleh anak anda tersebut. Perbendaharaan kata yang kaya akan semakin memudahkan anak dalam berkomunikasi secara jelas dan lancar. Nah, mulai sekarang usahakan untuk menceritakan dongeng yang berbeda ya kepada anak.
4. Melatih kemampuan berbicara
Ketika kita mendongeng otomatis anak akan mendengarkan dongeng yang sedang kita ceritakan. Melalui dongeng ini kita bisa melatih kemampuan berbicara anak dengan cara meminta ia menceritakan kembali dongeng yang telah kita ceritakan, ataupun menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan isi dongeng tersebut.
5. Sarana penanaman nilai karakter
Seperti kita tahu bahwa setiap cerita tentu memiliki makna, begitu juga dongeng. Dongeng bukan hanya sekedar cerita penghibur bagi anak, akan tetapi di dalamnya biasanya mengandung nilai-nilai kehidupan ataupun karakter. Oleh karena itu setelah selesai mendongeng tanyalah kepada anak apa pelajaran yang bisa diambil Kemudian anda kaitkan dengan apa yang harus anak lakukan berdasarkan dongeng tersebut. Semakin baik pesan yang dimiliki oleh sebuah dongeng semakin baik pula karakter yang akan dimiliki oleh seorang anak. Penanaman karakter ini sangat baik karena ia tidak dipaksa memiliki karakter tertentu, namun akan terbentuk secara sendirinya dikarenakan seringnya ia mendengar dongeng dengan kisah yang memiliki nilai tinggi.
Itulah beberapa manfaat mendongeng bagi anak usia dini. Setelah tahu manfaat di atas ayo seringlah bacakan dongeng bagi buah hati anda ya.

Manfaat Mendongeng Bagi Anak Usia Dini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as