Mengatasi Tampilan Jumlah Artikel pada Blogspot Tidak Sesuai Setelan

Terkait dengan penggunaan jump break yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, kali ini akan saya sharingkan pengalaman tentang masalah tampilnya jumlah artikel pada halaman home yang tidak sesuai dengan setelan. Sebetulnya kita bisa mengatur jumlah artikel yang tampil dihalaman depan melalui menu Setelan > Pos dan komentar. Pada bagian Pos atur jumlah artikel yang akan ditampilkan pada parameter Tampilkan sebanyak mungkin.
Masalah yang saya alami adalah saat saya mengatur jumlah artikel yang tampilkan sejumlah 10 buah ternyata yang tampil kurang dari itu, mungkin hanya 5 atau 6 artikel seingat saya. Yang lebih ndak enak hati saat itu artikel yang menurut saya harusnya ikut tampil dihalaman depan ternyata tidak tampil dan pada halaman dua pun tidak tampil. Berarti artikel yang hilang tadi tidak bisa diakses pengunjung dong?

Berbagai cara saya coba lakukan saat itu seperti mengatur tampilan pada widget Post, mengatur parameter auto read more (kebetulan saat itu saya menggunakan template auto read more) sampai pada tingkatan mengganti template. Hasil yang saya dapatkan adalah sama dan permasalahan belum juga teratasi.

Solusinya adalah Jump Break

Saya sempat frustasi sejenak mengingat semua hal yang saya lakukan tersebut sia-sia alias tanpa hasil. Saat mencoba mencari referensi di Google pun hasil yang didapat rata-rata postingan yang menjelaskan tentang cara mengatur jumlah artikel yang tampil di halaman depan saja dan kalau itu sih saya sudah tahu pikir saya saat itu sambil jengkel pada masalah yang sedang terjadi.

Permasalahan mulai jelas saat saya membaca sebuah artikel di suatu blog yang saya lupa alamatnya karena kebetulan saya baru pos artikel ini sekarang sedangkan masalah itu terjadi beberapa bulan yang lalu. Ternyata untuk mengatasi masalah itu adalah dengan menambahkan jump break pada setiap artikel yang saya buat.

Penjelasannya adalah jumlah ukuran file total dari jumlah artikel yang saya tampilkan melebihi batas kuota yang besarnya sekitar 1MB. Artinya walaupun saya menggunakan template dengan fitur auto read more namun sistem blogger tetap mendeteksi jumlah data berdasarkan artikel yang di load dari server. Perlu diketahui bahwa auto read more sejatinya adalah berupa Javascript yang berarti dijalankan pada komputer klien.

Lalu mengapa masalah baru timbul setelah saya membuat banyak artikel pada bulan-bulan sebelumnya? Jawabannya adalah kebetulan juga saat itu saya membuat artikel yang jumlah image-nya banyak sehingga saya taksir ukuran 1 artikel saja hampir mendekati 500KB, berarti jika 10 artikel menjadi total sebesar 5MB ! dan hal ini membuat secara otomatis sistem Blogger memotong jumlah artikel yang tampil di halaman depan.

Setelah menambahkan jump break pada 10 artikel terakhir yang seharusnya tampil pada halaman depan blog akhirnya jumlah artikel yang  seharusnya bisa tampil sudah sesuai dengan setelan. Sungguh hal kecil yang sempat menyita waktu saya sampai berhari-hari. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang cara menggunakan jump break bisa dibaca pada artikel sebelumnya

Mengatasi Tampilan Jumlah Artikel pada Blogspot Tidak Sesuai Setelan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as