Cara Konvert Penulisan Tanggal Menjadi Text Pada Microsoft Ecxels

inulwara.blogspot.com
Halo sobat sekalian! Terkadang kita dibuat pusing oleh hal sepele dalam mengentri data pada program ms ecxels. Salah satunya adalah pada saat kita mengentri data tanggal kelahiran dengan format yang digunakan tidak sesuai dengan tuntutan yang diinginkan, apalagi malesnya minta ampun ketika kita harus mengentrinya dengan cara ketik manual padahal sebenarnya datanya sudah ada namun dengan format yang berbeda, ya kan? Lalu bagaimana caranya jika sudah punya data dan kita ingin menggunakan data itu dengan format TEXT? Seperti yang kita ketahui bersama bahwa data tanggal kelahiran itu ada yang berupa format tanggal (DATE) itu sendiri dan ada juga yang berupa format TEXT. Tentunya untuk mengubah format pengetikan tersebut (dari DATE menjadi TEXT) ternyata tidak bisa hanya dengan menggunakan teknik COPY PASTE yang justru malah membuat hasilnya jadi berantakan. Hehehehehee... :D

Lalu bagaimana caranya agar data yang terlanjur kita ketik berupa format DATE atau berupa format jenis lainnya  itu bisa menjadi TEXT? Ok, untuk mengkonvert itu kita membutuhkan beberapa langkah yang harus dilakukan. Coba Anda sekalian ikuti petunjuk yang saya paparkan di bawah ini dengan cermat!

(simulasi ini saya ambil contoh file pengisian data siswa pada aplikasi NUPTK yang data-datanya saya ambil (copy) dari file peserta didik pada aplikasi DAPODIK)

Langkah pertama adalah ketahui dulu mana kolom dan baris yang akan kita konvert ke TEXT, misal pada contoh gambar berikut ini adalah pada kolom H:



Langkah kedua adalah tentukan kolom dan baris yang akan kita buatkan sampel penggunaan rumus misal kolom L seperti gambar dibawah ini:





Selanjutnya blocklah kolom L tersebut lalu klik kanan pilih “format cell” dan pilihlah “general” lalu enter. Lanjutkan dengan memasukan rumus di kolom L tersebut, misal pada kolom L baris 2 (L2). Penerapan rumus bisa Anda lihat pada gambar di bawah. Adapun rumusnya yang dimasukan adalah ketiklah =TEXT, kemudian ketik tanda kurung buka { ( }, lalu pilih target kolom dan baris yang mau diubah ke dalam bentuk text, pisahkan dengan tanda titik koma (;), lalu dilanjutkan dengan ketik tanda petik dua (“), lalu ketik bentuk format tanggal yang diinginkan, misal YYYY-MM-DD dan ketik kembali tanda petik dua (“), lalu akhiri dengan tanda kurung tutup { ) }. Lihat contoh pengetikan rumus tersebut dengan seksama seperti gambar di bawah ini!



Rumus yang saya ketik adalah =TEXT(H2;”YYYY-MM-DD”) pada kolom L baris 2 (L2). Selanjutnya tekanlah enter setelah Anda memasukan rumus tersebut dan lihatlah hasilnya seperti gambar di bawah ini:




Langkah selanjutnya tinggal kita copy dan pastekanlah hasil dari kolom L dan baris 2 (L2) tersebut pada baris selanjutnya di kolom L sesuai target yang kita ingin konvert penulisan tanggal ke format TEXT pada kolom H dan lihatlah hasilnya pada gambar berikut ini:



Kemudian copy semua hasil di kolom L tersebut dan pastekanlah di kolom target (misal kolom target saya pada gambar adalah kolom H yang sudah saya sampaikan dari awal tadi) dengan catatan, paste yang digunakan adalah “PASTE VALUE” (paste value: 123) dan lihatlah hasilnya sebagaimana gambar di bawah ini:





Silakan dihapus kolom sampel pengkonvertan tersebut (kolom L) dan selesailah sudah pekerjaan kita dalam mengubah/mengkonvert bentuk penulisan tanggal menjadi format TEXT.

Demikian informasi yang saya bagikan, mudahan dapat membantu pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dan berarti. :D

Cara Konvert Penulisan Tanggal Menjadi Text Pada Microsoft Ecxels Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as