Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana dengan tujuan untuk memanusikan manusia. Nah mungkin anda bingung dengan kalimat di atas, kita kan sudah terlahir sebagai manusia mengapa kita perlu diberi pendidikan lagi untuk menjadi manusia. Perlu anda tahu manusia itu berbeda dengan hewan, jika hewan bisa mengandalkan insting maka manusia tidak. Manusia yang sesungguhnya adalah manusia yang dididik dengan baik sehingga memiliki karakter, sikap, perilaku, akhlak yang baik sehingga ia bisa menjadi manusia yang berguna bagi dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Nah karakter sendiri merupakan sifat batin atau sifat yang tertanam dalam diri seseorang yang mempengaruhi segenap pikiran, perbuatan, dan sikap seseorang dalam hidupnya.
Karakter ini terbentuk sejak kecil namun dapat terlihat setelah ia dewasa, yaitu terlihat ketika ia sudah terjun di masyarakat. Jadi, Pendidikan karakter itu sendiri merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada anak/ seseorang dengan tujuan agar karakter tersbut melekat dengan baik dalam dirinya. Agar segala tindak-tanduk  perbuatannya sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat dan berguna baik bagi dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan karakter untuk di abad 21 ini menjadi sangat penting atau urgen. Mengapa hal ini dikarenakan di Indonesia sendiri sedang marak terjadi degradasi (penurunan) moral. Hal ini terlihat dari banyaknya kasus korupsi, angka seks bebas yang meningkat tajam, kriminalitas, pemerkosaan, judi, tawuran, narkoba, dan masih banyak lagi.
Salah satu faktor yang menyebabkna hal ini terjadi adalah kurangnya nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh setiap individu. Mereka tidak memiliki karakter yang baik dalam dirinya, hanya sekedar tahu karakter yang baik itu apa saja tapi belum mampu menerapkannya. Oleh karena itu seperti kita tahu sejak tahun 2013 yang lalu pemerintah mulai menggalakn pendidikan  karakter, karena memang karakter itu sangat penting. Karakter yang baik yang dimiliki seseorang akan menentukan kualitas ia ketika terjun di masyarakat. Nah, seperti telah disebutkan bahwa karakter itu sangat urgen atau penting, maka sangat perlu  karakter itu ditanamkan kepada anak sejak dini.
Seperti kita tahu nilai-nilai karakter yang kita kenal itu jumlahnya ada 18 yaitu, religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nah semua karakter itu tidak cukup hanya dikenalkan sehingga anak tau tapi perlu ditanamkan agar tertanam dalam diri anak.
Contohnya saja nilai religius, anda bisa mengenalkan siapa Tuhan nya kepada anak, Rasul, membaca Al-Qur.an, dan juga nilai agama sejak dini agar semua niali agama tersebut sudah menjadi bagian dalam dirinya. Nilai kerja keras juga bisa anda tanamkan dengan cara jika ia menginginkan sesuatu ia harus melakukan dulu apa yang anda perintahkan agar ia tahu rasanya jika ingin sesuatu itu harus kerja keras dulu tidak bisa di dapat dengan mudah. Mengingat Pendidikan karakter itu sangat urgen bagi kemajuan suatu bangsa khususnya bangsa Indonesia, maka marilah mulai sekarang kuta tanamakn nilai karakter kepada anak kita. Agar dia bisa menjadi manusia berkualitas, yang mampu bertindak sesuai nilai dan norma yang ada di masyarakat dengan karakter yang dimilikinya itu, lebih jauhnya lagi ia bisa menjadi anak yang mampu memajukan bangsa Indonesia kita ini.

Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as