SOLUSI SISWA BERGANDA PADA DAPODIKDAS V 303

Siswa / peserta didik yang dihitung dalam sistem adalah data siswa (peserta didik) yang masuk ke dalam rombongan belajar setiap periode semester.

Adanya validasi peserta didik berganda disebabkan karena sekolah melakukan input di 2 (dua) komputer yang berbeda , dan dua-duanya melakukan sinkronisasi, sehingga terdeteksi 1 siswa memiliki 2 anggota Rombel yang berbeda atau membuat Rombel masing-masing di 2 komputer yang berbeda, ini yang menyebabkan data berganda.


Berikut langkah / tindakan untuk perbaikan pada validasi siswa berganda :
1.   Lakukan generate ulang prefill.
2.   Registrasikan dengan prefill baru.
3.   Periksa rombelnya, jika berganda.
4.   Hapus anggota rombel nya/keluarkan yang berganda tersebut.
5.   Hapus pembelajaran yang berganda tersebut.
6.   Baru rombel yang berganda tersebut dapat dihapus.
Tindakan pencegahan validasi siswa berganda :
Jangan gunakan 2 komputer yang berbeda ketika mengerjakan Dapodik. Pastikan dan pilih salah satu saja. Jika ingin berpindah-pindah komputer, harus melakukan mekanisme generate ulang prefill, prefill lama tidak perlu di koleksi dan tidak perlu di back up. ketika melakukan sync = menyimpan data sinkronisasi terakhir di server. (Lihat siklus sync - generate prefill di atas, red).
Demikian solusi mengatasi masalah adanya validasi siswa berganda pada aplikasi Dapodikdas v.3.0.3 yang admin share dari laman Info Pendataan Ditjen Dikdas. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Satu Data Berkualitas…!

SOLUSI SISWA BERGANDA PADA DAPODIKDAS V 303 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as