Business

Rabu, 05 Februari 2014

Tips Sukses Sinkronisasi Aplikasi Dapodikdas


Tips Sukses Sinkronisasi Aplikasi Dapodikdas ini sengaja saya share hanya sekedar berbagi pengalaman mengapa ops sering gagal sinkronisasi. Ada banyak faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya sinkronisasi data kita ke server. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu rekan-rekan agar berhasil sinkronisasi.

1. Pastikan Menggunakan Browser Google Chrome
Google chrome adalah salah satu alat sinkronisasi yang disarankan oleh tim pusat. Oleh karenanya agar sinkronisasi dapodikdas sekolah anda berhasil, saya sarankan menggunakan browser google chrome.
Selain itu pastikan riwayat penelusuran browser google chrome anda dihapus seluruhnya ketika akan sikronisasi. Jangan lupa mengecek menu setting dan extensions pada browser anda, siapa tahu ada virus browser yang terpasang.
2. Menggunakan Modem XL atau Telkomsel
Koneksi Internet adalah salah satu faktor pendukung keberhasilan sinkronisasi data sekolah anda. Oleh sebab itu, saya sangat menyarankan menggunakan modem yang paling banyak sinyalnya di tempat anda seperti operator telkomsel dan XL.
Jika terkendala oleh biaya pulsa, cobalah jelaskan kepada kepala sekolah bahwa anggaran untuk pulsa modem ops sebesar 200 ribu rupiah. Jadi untuk biaya pulsa saya rasa dengan 200 ribu anda bisa membeli paket 1 bulan flash telkomsel ( 135 ribu rupiah ).
3. Komputer/Laptop Aman dari Virus
Ini merupakan masalah yang paling utama penyebab gagalnya sinkronisasi yaitu virus. Karena kita sering internetan, ada baiknya kita mengetahui jumlah dan nama program yang ada di laptop rekan-rekan. Mengapa demikian ? karena walaupun kita sudah menggunakan anti virus jenis apa saja, tapi tetap saja virus di zamn sekarang lebih canggih dan tetap saja sulit di antisipasi.
Untuk mengatasi hal tersebut saya sarakan jangan menggunakan anti virus jenis Smadav, Avira atau AVGyang memerlukan ram besar. Gunakan saja anti virus Microsoft Security Essentials. Jika terdapt pogram aneh pada laptop anda, silahkan uninstall terlebih dahulu baru sinkronisasi.
4. Memilih waktu yang tepat
Tips terakhr ini mungkin sering diabaikan oleh rekan ops yaitu memilih waktu yang paling tepat untuk sinkronisasi, karena kita semua tahu, bahwa bukan hanya sekolah kita saja yang sedang melakukan sinkron, tapi sekolah di seluruh Indonesia. Jadi pastikan anda mengetahui waktu yang paling tepat atau sepi seperti
1. Jam 03.00 - 04.00
2. Jam 12.00 - 15.00
3. Jam 18.00 - 19.00

Waktu diatas bisa anda jadikan waktu yang tepat untuk sinkronisasi. Semoga 4 tips diatas bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian terima kasih.


































































Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More