TRIK HAPUS PESERTA DIDIK BARU KARENA SALAH PENGINPUTAN DATA

Dalam pengentrian data dalam dapodik tentu saja kita banyak mengalami kendala Misalnya saja dalam pengentrian Peserta Didik. 

Berikut ini kami bagikan tips mengatasi kesalahan dalam pengimputan Nama, Jenis Kelamin, NISN,Tanggal Lahir serta Nama Orang Tua Ibu.

Dan ternyata menu yang ada telah terkunci, berikut ini pengalaman yang kami lakukan untuk memperbaiki tentang hal tersebut.
Solusi yang biasa dilakukan adalah dengan data yang sudah sinc maka yang dilakukan dengan edit data lewat verval peserta didik.

Namun untuk kali ini kami ingin berbagi tentang menghapus data Peserta didik yang salah penginputan data Nama, Jenis Kelamin, NISN,Tanggal Lahir serta Nama Orang Tua Ibu, dengan catatan belum melakukan sinc, bukan untuk Peserta Didik lama.


TAHAP PERTAMA:
1. Apabila Peserta Didik sudah masuk ke dalam Rombel, maka tahapannya adalah sebagai berikut: Buka menu ROMBONGAN BELAJAR  klik/pilih KELAS Peserta Didik tersebut berada  klik ANGGOTA ROMBEL


2. Selanjutnya akan muncul menu tabel EDIT ANGGOTA ROMBEL  klik/pilih Peserta Didik yang akan dikeluarkan dari rombel  Hapus Data “YA”. Maka Peserta Didik tersebut akan masuk ke dalam tabel sebelah kanan dan sudah keluar dari Rombel.



TAHAP KEDUA: 
Setelah Peserta Didik Keluar dari Rombel maka bisa dilakukan proses selanjutnya. Dan untuk yang BELUM MASUK ROMBEL, maka bisa langsung ke tahap berikut ini. Masuk ke menu PESERTA DIDIK  klik/pilih Peserta Didik yang salah/akan dihapus klik UBAH.



TAHAP KETIGA: 
Selanjutnya adalah mengapus DATA PERIODIK terlebih dahulu dengan tahapan: klik HAPUS  YA



TAHAP KEEMPAT: 
Langkah selanjutnya adalah menghapus REGISTRASI PESERTA DIDIK dengan tahapan: klik menu PESERTA DIDIK  pilih Peserta Didik  klik REGISTRASI



TAHAP KELIMA: 
Setelah muncul sub menu REGISTRASI PESERTA DIDIK, maka selanjutnya klik HAPUS  YA



TAHAP KEENAM: 
Tahapan berikutnya adalah menghapus Peserta Didik yang salah dari menu TABEL UTAMA PESERTA DIDIK, dengan tahapan berikut: klik menu PESERTA DIDIK  pilih/klik Peserta Didik yang akan dihapus klik HAPUS klik YA



TAHAP KETUJUH: 
Selanjutnya akan muncul menu DATA TURUNAN PESERTA DIDIK. Ini adalah tahapan yang terakhir adalah menghapus Peserta Didik. Cukup dengan klik HAPUS maka siswa akan hilang/terhapus dari data Dapodik kita. Dan Selanjutnya silahkan entry data ulang Peserta Didik dengan TAMBAH data kembali dengan benar dan akurat. 



Dengan catatan ini hanya untuk Peserta Didik Baru yang belum disinkronkan.Untuk Peserta Didik lama, beda... harus dilakukan REGISTRASI MUTASI atau lainnya.

TRIK HAPUS PESERTA DIDIK BARU KARENA SALAH PENGINPUTAN DATA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as smg