Lomba Menulis Cerita bagi siswa SMP/MTs (LMCR).

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menggelar Lomba Menulis Cerita bagi siswa SMP/MTs (LMCR).
Terdapat 14 tema yang boleh dipilih peserta antara lain kejujuran, ketulusan, disiplin, kerja keras, cinta tanah air, cinta lingkungan, kasih sayang, kesabaran, sopan santun, toleransi, kepedulian sosial, semangat gotong-royong, kepedulian terhadap bencana alam, dan semangat kebaharian.
Tulisan dalam bentuk cerita pendek (cerpen) sepanjang 4-10 halaman diketik dalam kertas ukuran kertas A4 dengan jarak 1,5 spasi dan huruf time new romans 12 pt. Dibuat rangkap 3 dan dilampiri dengan biodata penulis sesuai dengan format yang dapat diunduh dibagian akhir berita ini.
Naskah belum pernah dipublikasikan di media manapun. Naskah dibuat sendiri tanpa bantuan orang tua, guru, dan teman. Bukan merupakan jiplakan maupun saduran. Tiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah.
Ditjen Dikdas telah menyiapkan hadiah yang menarik berupa uang dan piagam penghargaan. Hadiah uang tunai dengan rincian sebagai berikut :
Pemenang 1
6 juta
Pemenang 2
5 juta
Pemenang 3
4,5 juta
Pemenang 4 s.d. 6
4 juta
Pemanang 7 s.d 10
3,5 juta
Naskah dikirim ke alamat: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Sub Output Pembinaan Pendidikan Estetika pada Subbag Rumah Tangga Bagian Umum, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kompleks Kemdikbud, Gedung E Lantai 5, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10270. Naskah boleh dikirim langsung ke alamat di atas atau melalui pos paling lambat 1 September 2015 (cap pos).
Nama pemenang akan diumumkan pada 16 November 2015 melalui laman Ditjen Dikdas (dikdas.kemdikbud.go.id). Kesepuluh finalis akan diundang untuk mengikuti workshop di Jakarta pada akhir 2015.  Informasi lebih lengkap formulir biodata dan poster lomba dapat diunduh pada link berikut ini :

Lomba Menulis Cerita bagi siswa SMP/MTs (LMCR). Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as smg