Teknik Hapus Data Ganda / Duplicate dengan Remove Duplicate

Jika Anda mengolah data menggunakan Microsoft Excel hal ini tidaklah sulit ketika mengatasi masalah data ganda untuk itu pada kesemapatn kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Menghapus Data Ganda / Duplikat dengan Fungi Remove Duplicate.

Remove Duplicate atau menghapus data ganda artinya Anda diharuskan mencari data dan mengecek satu persatu kemudian menghapusnya jika ditemukan data yang sama atau ganda. Tenu hal ini akan merepotkan Anda ketika dihadapkan atau mengolah data yang jumlahnya ribuan atau bahkan ratusan ribu data dan saya yakin jangankan ribuan, ratusan data saja Anda akan kerepotan untuk mengecek dan mencari data ganda tersebut.

Teknik Hapus Data Ganda / Duplicate dengan Remove Duplicate

Sebelum membahas bagaimana caranya saya akan coba memberikan pengenalan mengenai apa dan dimana menu atau Icon Remove Duplicate tersebut. Remove Duplicate merupakan sebuah Tab Ribbon dari menu Data, silakan lihat


Coba Anda perhatikan gambar diatas yang ditunjukan oleh anak panah warna hijau merupakan menu Remove Duplicate yang terdapat pada menu Data. Lalu bagaimana cara menggunakannya?


Langkah pertama
Apabila Anda memiliki data yang akan dihapus apabila terdapat data yang sama maka langkah nya silakan Blok data tersebut misalnya saya mempunyai data sebagai berikut berarti Anda harus blok data pada range A1:A18


Jika dilihat data diatas sekilas mungkin Anda akan mengetahui mana saja data yang memiliki kesamaan atau ganda. Jika datanya seperti diatas Anda bisa mencari satu per satu kemudian menghapusnya apabila ditemukan data ganda. Namun disini akan saya coba menggunakan cara otomatis hanya dengan satu kali klik.

Langkah 2
Langkah berikutnya setelah blok data maka silakan klik menu "Data" kemudian cari menu ribbon "Remove Duplicate" seperti gambar no 1 diatas. Setelah selesai coba perhatikan data tersebut apakah data tersebut masih memiliki data ganda? jika tidak berarti Anda telah berhasil.


Silakan klik OK, maka akan menampilkan konfirmasi bahwa komputer menemukan 7 data yang dianggap duplikat dan akan dihapus, Silakan klik OK

Hasil :


Berhasil. 7 data telah dihapus oleh sistem karena memiliki data yang sama.

Selamat mencoba, semoga berhasil

Teknik Hapus Data Ganda / Duplicate dengan Remove Duplicate Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as