Langkah-langkah Menambah, Menaikan, dan Meluluskan Siswa di Padamu Negeri

inulwara.blogspot.com
Mungkin sebagian dari Operator Sekolah masih kebingungan dengan fitur-fitur terbaru dari aplikasi layanan data Padamu Negeri tentang menambah, menaikan, atau mungkin meluluskan siswa tak terkecuali saya sendiri terkadang bingung dibuatnya oleh aplikasi data yang satu ini.

Pada dasarnya, untuk menambah siswa terdiri dari dua pilihan langkah yang bisa kita lakukan, yakni: dengan cara entri data satu-persatu atau secara kolektif. Mungkin jika hanya menambah satu atau dua orang siswa langkah pertama di atas bisa kita lakukan namun, jika siswa yang akan kita tambahkan banyak, menurut saya langkah paling ideal adalah secara kolektif. Mengapa demikian? Salah satu keuntungannya adalah waktu yang kita pakai lebih hemat dan lebih cepat.

Lalu bagaimana dengan menaikan dan meluluskan siswa? Tentunya cara menambah siswa secara kolektif itu bisa kita gunakan sekaligus sebagai menaikan dan meluluskan siswa. Bagaimana caranya? Coba Anda ikuti tutorial singkat saya berikut ini:

Login PTK yang sudah menjadi Admin. Jika sudah bisa login, silakan pilih fitur PADAMU SEKOLAH dan lanjutkan dengan klik SISWA DAN ALUMNI

Lihat menu tab sebelah kiri Anda, klik saja SISWA dan pilih DAFTAR SISWA. Jika Anda sebelumnya pernah memasukan siswa, maka akan terpampang daftar nama siswa secara keseluruhan.



Untuk menambah, menaikan, dan meluluskan siswa, silakan Anda pilih tanda "Anak Panah ke Bawah" (Unduh Data Siswa) yang ada di sebelah kanan (lebih jelasnya bisa lihat gambar).

Jika data siswa telah Anda unduh, langkah selanjutnya adalah Anda harus menghapus semua daftar siswa yang ada di aplikasi tersebut. Ingat, penghapusan ini hanya dilakukan setelah Anda unduh daftar siswa, jika belum diunduh, jangan coba-coba untuk menghapusnya karena tidak ada backup data untuk diupload nanti. Cara menghapus data siswa cukup mudah, Anda tinggal lakukan penghapusan secara kolektif dengan memberi tanda centang di kotak cheklist yang disediakan. (lihat gambar). Penghapusan data secara kolektif ini biasanya dibatasi per 10 orang siswa. Silakan hapus seluruhnya pertahapan tersebut. Mengapa langkah penghapusan ini dilakukan? Asumsi saya agar nantinya ketika kita upload data siswa yang baru saja kita lakukan perubahan tidak ganda/dobel di aplikasi tersebut.

Selanjutnya, silakan kita perbarui data siswa yang telah kita unduh tadi (format berekstensi ms excel). Untuk menambah siswa baru, silakan Anda entri data siswa sesuai kolom yang disediakan (kalau ingin menambah cell baru silakan, tapi cukup Anda teruskan pengisiannya setelah data siswa paling bawah juga tidak apa-apa). Untuk menaikan dan meluluskan siswa, Anda tidak perlu susah payah melakukannya, cukup Anda ganti tingkatnya menjadi yang lebih tinggi. Contoh, tingkat siswa sebelumnya adalah 1, silakan Anda ganti menjadi 2. Itu artinya bahwa siswa tersebut naik ke tingkat 2. begitu juga untuk meluluskan siswa. Contoh, siswa sudah berada pada tingkat 6, maka untuk meluluskan, cukup Anda ganti menjadi 7. Jika data sudah diperbarui seluruhnya, silakan Anda simpan dengan cara tekan "ctrl+s".

Baik, sebelum melanjutkan ke tahapan berikutnya, saya ingin memastikan data yang baru saja diperbarui tadi tidak mengalami kendala ketika diupload di aplikasi:
  1. Pastikan bahwa Anda tidak merename nama file tersebut dengan nama baru. Cukup Anda tekan Simpan/Save saja;
  2. Semua bentuk penulisan adalah harus berformat "Teks". Ingat, hanya berformat "Teks";
  3. Silakan Anda hapus semua nomor "Kode Sistem" di masing-masing siswa;
  4. Anda tidak diperkenankan membuat tabel pada masing-masing kolom isian.
Jika persyaratan di atas sudah Anda penuhi, saatnya kita upload data siswa tersebut. Bagaimana cara uploadnya, silakan Anda pilih "Tanda Anak Panah ke Atas" (Upload Data Siswa) dan ikuti langkah-langkahnya hingga selesai. Berhasil tidaknya upload data akan ada notifikasi dari sistem. Jika upload gagal, silakan unduh "formulir petunjuknya" Jika upload berhasil, maka nama-nama siswa akan terpampang sesuai dengan data terbaru Anda termasuk nama-nama yang masuk di ALUMNI yang baru saja kita luluskan.

Demikian informasi yang dapat saya bagikan. Jika Anda mengalami kendala, silakan postkan komentar Anda pada laman yang disediakan di bawan ini. Good Luck, Good Job,... :D

Langkah-langkah Menambah, Menaikan, dan Meluluskan Siswa di Padamu Negeri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as