Cara Menambah Admin Sekolah Padamu Negeri

inulwara.blogspot.com
Berbeda dengan fitur sebelumnya, di aplikasi PADAMU NEGERI sekarang untuk mengatur data-data sekolah, siswa, maupun PTK tidak lagi lewat login admin/operator sekolah, melainkan lewat login PTK yang telah menjadi admin sekolah.

Lah, kok bisa begitu? Terus, login admin/operator sekolah buat apa? Ya, login admin/operator sekolah diperuntukan hanya sebagai kelola akun saja. Maksudnya? Di sana Anda hanya dapat menambah/menonaktifkan akun pengurus dan admin sekolah saja. Terus, kalau saya ingin mengelola sekolah di mana? Syaratnya Anda harus sudah terdaftar jadi admin. Lah, dari dulu saya adminnya kok! Yakin, sudah jadi admin? Jangan-jangan Cuma operator sekolah doang? Bagaimana cara mengetahui status kita sebagai admin sekolah? Setahu saya, ada dua cara untuk mengetahui status Anda:
  1. Silakan login ptk seperti biasa, jika sudah login, periksa layanan yang ditampilkan aplikasi apakah ada layanan PADAMU SEKOLAH, PADAMU PTK, dan KELOLA WEB SEKOLAH. Jika ketiga layanan itu ada, berarti Anda memang benar sudah menajdi admin sekolah.
  2. Silakan login admin/operator sekolah, lalu pilih kelola akun institusi, pilih lagi kelola grup admin, dan liat, apakah nama Anda terdaftar sebagai admin. Jika tidak, berarti Anda memang bukan admin sekolah.
Ohhhh... gitu ya? Ehhhhh... Emangnya beda ya antara operator dengan admin sekolah? Kalau melihat fungsinya dengan fitur sekarang sih emang beda! Operator sekolah itu tugasnya hanya sebatas untuk mengelola akun sekolah saja, sedangkan admin sekolah bertugas mengelola sekolah. Nah, kalau misalkan saya operator sekolah terus ingin merangkap jadi admin sekolah bisa tidak? Tentu! Anda dapat merangkap tugas tersebut, sebagai operator sekaligus admin sekolah. Lalu bagaimana caranya? Baik, sekarang silakan Anda cermati tutorial berikut ini:

Silakan login admin/operator sekolah di situs http://padamu.siap.id(lihat gambar)


Jika Anda sudah berhasil login, Anda akan disuguhkan dengan layanan KELOLA AKUN INSTITUSI (lihat gambar)

Silakan klik layanan tersebut dan Anda akan diarahkan untuk MENGELOLA GRUP ADMIN (lihat gambar)

Setelah Anda klik, maka akan muncul informasi tentang akun di sekolah Anda meliputi: AKUN RESMI SEKOLAH dan ADMIN SEKOLAH (biasanya kalau belum ada ADMIN SEKOLAH hanya AKUN SEKOLAH yang tersedia)

Nah, untuk menambah ADMIN SEKOLAH, silakan Anda klik tanda + di pojok kanan seperti gambar di atas.

Langkah selanjutnya adalah Anda diminta untuk memasukan email. Email yang dimaksud adalah email siap. Seperti apa email siap itu? Email siap biasanya formatnya adalah NUPTK+@siap.id atau PEG ID+@siap.id contoh penulisannya seperti ini: 123456@siap.id Silakan Anda pilih PTK yang mau dijadikan ADMIN SEKOLAH kemudian masukan NUPTK-nya seperti format penulisan di atas. Oh ya kalau memang Anda yang ingin menjadi ADMIN SEKOLAH, silakan Anda masukan NUPTK atau PEG ID Anda. (PEG ID adalah bagi PTK terdaftar namun belum memiliki NUPTK).

Jika email sudah dimasukan, maka sistem akan melacak data diri dari email tersebut. Jika sudah terlacak, silakan simpan dan cetak buktinya.

Langkah selanjutnya adalah, silakan logout dan login kembali. Eiitsssssss... loginnya bukan login admin/operator sekolah ya tapi login PTK. Tapi ingat, jangan sembarang login PTK juga, Anda harus login PTK dengan memasukan username (email/NUPTK/PEG ID) dan password PTK yang didaftarkan jadi ADMIN SEKOLAH barusan.

Jika sudah berhasil login, Anda akan diberikan 3 layanan: PADAMU SEKOLAH, PADAMU PTK, dan KELOLA WEB SEKOLAH. (lihat gambar)

Pilih lah PADAMU SEKOLAH. Nah, Anda akan diminta untuk memasukan TOKEN aktivasi ADMIN SEKOLAH. Lalu dimana mendapatkan TOKEN-nya? Lihat bukti yang Anda cetak waktu mendaftarkan ADMIN SEKOLAH tadi, itulah TOKEN-nya. Masukan TOKEN tersebut dan siap-siap!!!

SELAMAT, ANDA TELAH BERHASIL jadi ADMIN SEKOLAH!! Horeeeeeeee....!!!! :D

Kendala yang mungkin dijumpai adalah lupa password LOGIN ADMIN/OPERATOR SEKOLAH. Bagaimana solusinya? Nah, untuk masalah itu, Anda harus meminta reset password ke Admin Disdik daerahmu.

Demikian tutorial singkat tentang cara menambah Admin Sekolah Padamu Negeri. Semoga terbantu.

Cara Menambah Admin Sekolah Padamu Negeri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as