Mengatasi Alamat dapo.dikdas.kemdikbud.go.id Tidak Bisa Dibuka

Mengenai masalah web dapodikas dengan alamat : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id tidak bisa dibuka merupakan kasus yang sering dialami oleh para operator sekolah termasuk saya sendiri. Kasus tersebut sempat membuat saya bingung terutama ketika ingin melakukan sinkronisasi dan mengecek progres pengiriman. Oleh sebab itu saya berusaha mencari jalan keluar agar masalah ini tidak membuat kinerja kita Down dan ngantuk karena menunggu alamat dapodikdas terbuka.
Sebelum menuju topik untuk sekedar mengingatkan ada baiknya kita mengetahui penyebab alamat dapodikdas.kemdikbud.go.id tidak bisa dibuka di komputer/laptop anda.
1. Anda lupa mencolokkan modem. sehingga jaringan tidak terkoneksi ke internet ( hahaha :D ini juga pengalaman saya loh ).

2. Masih menggunakan Modem Operator Smartfren. Masalah penyebab mengapa modem smartfren tidak bisa terhubung ke server Dapodikdas saya juga kurang tau dan ini hanya berlaku ke web dapodikdas, NISN, dan Web yang dibuat oleh Tim Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.( sebaiknya gunakan modem telkomsel atau XL ).

3. Menggunakan Browser yang tidak dianjurkan atau tidak sesuai dengan petunjuk manual instalasi Dapodikdas versi 3.0.0 ( gunakan browser Goolge Chrome Versi baru ).

4. Jaringan di tempat anda lemot :D ( kalau kasusnya begini, sebaiknya anda bersabar dan coba cari lokasi yang jaringannya bagus ).

5. Komputer anda diserang virus ganas yang menyebabkan IP adress di block karena terdeteksi SPAM. Cara mengatasinya hapus virus tersebut, gunakan antivirus unlimited seperti AVG, Avast dan lainnya. ( Pakai saja yang Uji coba gratis :D jika belum ada uang untuk menggunakan yang PRO ). Jika cara tersebut tidak berhasil serahkan ke pakarnya atau Install ulang komputer/laptop anda :D.

6.Server dapodikdas sedang dalam keadaan Down atau perbaikan :D. kalau kasusnya begini terpaksa menunggu servernya normal kembali.
Setelah membaca 6 penyebab komputer/laptop anda tidak bisa membuka alamat dapodikdas dan komputer anda tidak terjangkit keenam masalah yang saya sebutkan di atas, sekarang mari kita membahas cara mengatasinya. Ikuti langkah-langkah di bawah.

  1. Cek Ip adress komputer/laptop anda. Caranya masuk ke alamat berikut : http://ipchicken.com/. lalu copy ip adress tersebut dan simpan di Notepad.
  2. Buka Browser Google Chorme, arahkan kursor ke "Customize and control Google Chrome" kemudian klik menu "setting".
  3. Mengatasi Alamat dapo.dikdas.kemdikbud.go.id Tidak Bisa Dibuka
  4. Selanjutnya klik tombol "show advanced setting".
  5. Mengatasi Alamat dapo.dikdas.kemdikbud.go.id Tidak Bisa Dibuka
  6. Klik tombol "change proxy Setting", Pada jendela internet properties yang muncul klik tombol "Lan setting".
  7. Mengatasi Alamat dapo.dikdas.kemdikbud.go.id Tidak Bisa Dibuka
  8. Pada Jendela lan setting, Centang Kolom "proxy server". Pada kolom Adrees masukkan ip adress komputer yang telah anda simpan tadi. seperti penjelasan di langkah ke 1. lalu klik tombol OK agar perubahan berhasil.
  9. Mengatasi Alamat dapo.dikdas.kemdikbud.go.id Tidak Bisa Dibuka
  10. Langkah terakhir, Tutup browser google chrome, Disconnect dan lepas modem anda, lalu colokkan kemudian koneksikan kembali.
sekarang coba buka alamat : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, jika berhasil, saatnya mengucapkan alhamdulillah :D, namun jika gagal saya mohon maaf karena cuma itu solusi dari saya, perhatikan harap baca langkah-langkah di atas dengan teliti :D. selamat bekerja dan tetap semangat.

Mengatasi Alamat dapo.dikdas.kemdikbud.go.id Tidak Bisa Dibuka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as