Cara Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 3.0.0

inulwara.blogspot.com
Salam semangat, teman-teman OP Sekolah sekalian! Sudah lama tidak publikasikan artikel, terasa jari mulai kaku untuk mengetik sebuah informasi. Tentunya dari salam yang saya tujukan sudah barang tentu artikel ini akan saya khususkan buat kalian para Operator Sekolah yang tanpa lelah mengelola Data Pokok Pendidikan (Dapodik) maupun bagi Anda para penjelajah informasi dunia maya pada umumnya.

Barusan pihak kemdikbud telah merilis aplikasi Dapodik terbaru versi 3.0.0 dimana versi ini adalah pengganti aplikasi Dapodik versi sebelumnya (terakhir versi 2.0.8). Dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan sedikit informasi bahwa aplikasi Dapodik versi 3.0.0 sudah bisa Anda unduh di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id.

Untuk fitur yang ada pada aplikasi terbaru ini tidak terlalu berbeda jauh dari aplikasi sebelumnya, dari tampilan depan hampir mirip dengan aplikasi 2.0.8 yang berbeda hanya identitas tahunnya dan yel-yelnya saja. Kalau aplikasi dahulu 2013 sekarang 2014 ditambah dengan yel-yel semangat “SATU NUSA, SATU BANGSA, SATU BAHAS, SATU DATA”. Tampilan beranda juga hampir sama dengan aplikasi terdahulu hanya penambahan jendela informasi yang lebih diperbanyak untuk memudahkan operator langsung mengunjungi situs dapodik tanpa harus browsing lagi di mesin pencarian.

Dalam hal instalasi dapodik versi 3.0.0 tentunya juga tidak ada perubahan signifikan, sama halnya seperti instalasi awal aplikasi Dapodik (bukan instalasi patchnya), hanya saja sebelum instalasi Dapodik versi 3.0.0 Anda harus uninstal terlebih dahulu aplikasi Dapodik versi sebelumnya, selain itu Anda juga harus dituntut untuk mengganti file prefill dapodiik lama dengan yang terbaru. Untuk mendapatkan file prefill dapodik terbaru, Anda harus unduh dulu filenya di laman unduhan “data prefill”.
  • Untuk lebih jelasnya tentang “Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 3.0.0”, silakan Anda simak tutorial singkat berikut ini:
  • Unduh terlebih dahulu semua kelengkapan Dapodik Versi 3.0.0 meliputi: (master aplikasi dapodik 3.0.0 dan file prefillnya) di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
  • Setelah semua kelengkapan tersebut berhasil diunduh, silakan matikan koneksi internet Anda dan lakukan uninstal aplikasi dapodik versi yang lama melalui “kontrol panel” atau dengan liat gambar berikut:
  • Setelah uninstal aplikasi Dapodik yang lama berhasil, saatnya Anda mereplace/ mengganti “file prefill lama yang ada di direktori C dalam folder “prefill_dapodik” dengan “file prefill” yang baru Anda download (Cara mengganti file prefill dengan menghapus file prefill terdahulu lalu copy dan paste file prefill yang baru didownload)
  • Jika file prefill sudah diganti dengan yang baru, saatnya Anda melakukan instalasi aplikasi Dapodik versi 3.0.0 (instalasi aplikasi Dapodik versi ini sama halnya dengan instalasi aplikasi Dapodik terdahulu yaitu, klik dobel atau klik kanan, pilih “run as adminstrator” pada file master Dapodik versi 3.0.0 lalu lanjutkan sesuai perintah instalasi)
  • Setelah instalasi selesai, silakan registrasikan data Anda sebagai Operator Sekolah dengan melengkapi isian data yang diminta termasuk “kode registrasi” sekolah Anda. Jika registrasi tanpa kendala, maka akan keluar jendela informasi seperti berikut ini:
  • Selanjutnya, silakan login menggunakan email dan password sesuai dengan email dan password ketika Anda melakukan registrasi. Pilihlah semester ganjil/2014-2015 dan klik login.
  • Selamat, Anda telah berhasil melakukan instalasi aplikasi Dapodik versi 3.0.0.
    Bagi Anda yang menggunakan laptop/PC baru atau belum pernah terjamah dengan aplikasi Dapodik, silakan ikuti petunjuk poin 1 dan lewati poin 2 tutorial di atas dan langsung ke poin 3 namun, Anda harus membuat folder dulu di direktori C laptop/PC Anda dengan nama foldernya “prefill_dapodik” (tanpa tanda kutip) lalu copy dan paste file data prefill yang telah Anda unduh tadi di dalam folder tersebut. Lihat gambar di bawah!


    Selanjutnya, ikuti tahap 4-7 hingga selesai proses instalasi dengan baik.

    Ada beberapa kendala yang kemungkinan ditemui setelah proses instalasi selesai, diantaranya adalah:
    1. Ada notifikasi/pesan error setelah login hingga tak bisa masuk tab menu/beranda;
    2. Nama Kepala Sekolah masih kosong
    Lalu bagaimana menanggulangi masalah tersebut? Tenang, Anda jangan panik. Untuk masalah poin 1, Anda cukup tekan f5(refresh) dan untuk masalah poin 2, Anda tekan tab “PTK” tunggu hingga proses loading data selesai dan selanjutnya silakan tekan f5 (refresh).

    Demikian informasi dari saya, jika Ada kendala atau hal yang perlu disampaikan, silakan tinggalkan komentar pada kolom yang sudah disediakan dan mudahan saya dapat memberikan jawaban yang memuaskan. Tentunya, mudahan artikel ini juga berguna bagi Anda para OP Sekolah dan para penjelajah dumay yang membutuhkan. :D

    Cara Instalasi Aplikasi Dapodik Versi 3.0.0 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as