Aplikasi NAVICAT Sebagai Alat Bantu DAPODIK 2014

Mungkin sebagian dari kita ada yang belum tahu apa itu Navicat. Navicat adalah sebuah software yang digunakan untuk memanipulasi data MySQL, seperti membuat database, membuat tabel, menghapus tabel, dan yang lebih hebatnya lagi navicat bisa di gunakan untuk mengubah tipe data MySQL yang biasanya berakhiran (.sql) ke dalam format file Paradox(*.db), file DBase(*.dbf), file  Text(*.txt), file HTML(*.htm;*.html), file Excel(*.xls), file Excel 2007(*.xlsx), file Lotus 1-2-3(*.wk1), QuattroPro(*.wq1), file XML(*.xml), database MS Access(*.mdb), dan masih banyak lagi. Tidak hanya sampai di situ saja, dengan bantuan navicat ini anda bisa dengan mudah mengambil data dari tipe lain ke dalam file .sql.

Is Ok... Pertanyaannya adalah, apa korelasi atau hubungan antara Navicat  dengan DAPODIK 2014.  Langsung tancap saja to the poin. Jika kita bekerja/entri data di Aplikasi Dapodik 2.07 lalu masih ada kesalahan nama dan tanggal lahir sementara oleh pengembang nama dan tanggal lahir dikuci (tidak bisa dirubah/edit) maka jalan keluarnya adalah dengan menggunakan alat bantu yaitu NAVICAT. 

Dalam postingan ini saya akan berbagi cara bagaimana edit data di Dapodik 2014 (2.07c) terutama nama dan tanggal lahir PTK/PD dengan menggunakan Aplikasi Navicat :
Syaratnya ada 2 :

  1. Ambil udhu' dan baca basmalah... hehehe... 
  2. Anda sudah menginstal Aplikasi DAPODIK 2014 (2.07), atau telah melakukan patch ke versi 2.0.7c. Jika belum silahkan unduh melalui link infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id 
Cara Installasi :
  1. Silahkan downlaod / Unduh aplikasi Navicat yang dapat anda raih melalui link www.navicat.com/download/navicat-for-postgresql (sesuaikan dengan system windowsnya 32/64)
  2. Klik 2 kali pada Navicat setup sebagai proses instalasi dimulai. Saya tidak menjelaskan secara detil langkah per langkah, karena proses instalasi Navicat cukup mudah untuk diikuti.

Cara mengkoneksikan Navicat ke database DAPODIK 2014 (2.07)

Nah, pada bagian ini mungkin sedikit agak sulit, tapi jika mengikuti langkah yang saya berikan dengan seksama, mudah-mudahan akan berjalan dengan sukses. (no kesulitan Insyallah)
  • Masuk folder App di C:Program files->Dapodikdas->dataweb->apps->app



 
Gambar 1
  • Buka file config.php klik open whit lalu pilih notepad
  • Setelah terbuka perhatikan tanda merah. lihat gambar 1




Gambar 2
  • Sekarang buka Aplikasi Navicat. Kemudian klik tombol Connection -> Pilih PostgreSQL. lihat gambar 2

 

Gambar 3

  • Masukkan data  yang ada di file config.php yang sudah dibuka dg notepat ke aplikasi Navicat.  lihat gambar 3


Gambar 4
  • Jika sudah dimasukkan, laku klik test concection, lalu ok. lihat gambar 4
  • Jika sekses berarti kita sudah bisa mengedit data Dapodik 2014 dengan leluasa.. cara edit dan pengoprasiannya akan saya posting di lain waktu... tp mudah-mudahan tanpa diposting, dengan ini teman2 sudah bisa mengoprasikannya...  

Aplikasi NAVICAT Sebagai Alat Bantu DAPODIK 2014 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as