Patch Dapodik Versi 207

inulwara.blogspot.com
Hari ini resmi dirilis Patch Dapodik terbaru versi 207. Dimana patch ini resmi menggantikan yang terdahulunya, yakni patch versi 206. Patch terbaru ini sangat berbeda dengan patch-patch sebelumnya dan sangat besar dampaknya untuk perubahan data yang ada di dalam aplikasi Dapodik.

Ada beberapa ultimatum dari Tim Pengembang DAPODIK yang saya dapatkan dalam penggunaan patch ini, yakni:
  1. Patch 2.07 akan direlease tanggal 1 april 2014 di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
  2. Nama dan tanggal lahir PTK dan PD akan di kunci (tidak dapat di edit) oleh karena itu pastikan data tsb sudah valid sebelum mengupdate versi terbaru (tujuan: primary key terjaga / konsisten dengan namanya) 
  3. Update 2.07 sesuai harus berangkat dari versi 2.06 , prosedur patch sama dengan yg sebelumnya dan tidak ada bugs dalam patch (tidak ada kasus data hilang setelah patch)
  4. Lakukan sinkronisasi untuk mengupdate data sekolah anda, pastikan sudah sama dengan di server.
Dengan ultimatum poin 2 di atas tentunya keabsahan data personal PTK maupun PD hrs benar-benar valid. Artinya, dengan menginstal patch dapodik versi 207 Anda sudah menyatakan bahwa data-data tersebut sudah benar karena pada patch ini tidak bisa lagi di lakukan pengeditan untuk nama dan tanggal lahir dimaksud.

Seandainya data-data tersebut masih ragu kebenarannya, tidak ada salahnya kita cek kembali satu persatu nama dan tanggal lahir PTK maupun Peserta Didik sebelum instal patch versi 207. Ya, sudah pastilah kita cek satu persatu, yang jadi pertanyaan adalah bagaimana kita bisa cek data tersebut, sedangkan patch yang versi 206 saja sudah EXPIRED? kita tidak bisa lagi login di aplikasi Dapodik.

Keluhan di atas paling banyak yang saya temukan dari Operator Sekolah di beberapa grup medsos seperti facebook, twitter dan medsos lainnya. Nah, pada kesempatan ini, saya ingin memberitahukan kepada Anda sebuah trik/tips cara menanggulangi keluhan di atas. Berikut langkahnya:
  1. Pastikan aplikasi Dapodik yang terinstal di PC atau Laptop Anda masih patch 206.
  2. Silakan atur waktu pada komputer Anda menjadi sebelum tanggal 31 Maret 2014 (terserah mau tanggal berapa)
  3. Selanjutnya, lakukan login seperti biasa dan edit data-data nama dan tanggal lahir PTK dan Peserta Didik dengan benar (Jangan lupa tekan simpan/save setiap perubahan data yang dilakukan)
  4. Jika data sudah dipastikan benar, silakan backup dulu menggunakan aplikasi BSD atau DAPODIK HELPER (saya menyarankan lakukan backup dengan dua aplikasi itu) atau anda backup dengan CARA MANUAL (Anda dapat melakukan backup lewat manual DI SINI)
  5. Jika sudah di backup, silakan instal patch terbaru 207 (Langkah-langkah penginstalan seperti biasa)
Terakhir, bagi Anda yang ingin mendapatkan Patch Dapodik Versi 207 dapat mengunduhnya di alamat http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id atau pada link yang saya sediakan di bawah ini:

Unduh Patch Dapodik Versi 207


Patch ini adalah versi 207 pertama yang rilis pada tanggal 1 April 2014 sebelum ditarik pihak pengembang karena alasan tertentu. Saya menyarankan untuk mengunduh Patch Versi Revisi yang sudah dirilis kembali oleh pihak kemdikbud di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id atau melalui link yang saya sertakan berikut ini:

Unduh Patch Dapodik Versi 207c (Hasil Revisi)

Untuk patch yang Anda unduh lewat link artikel saya ini, Anda harus mengekstraknya dulu karena type filenya saya jadikan .rar dan jika diminta password, silakan masukan passwordnya: "inulwara.blogspot.com" (tanpa tanda kutip).

Mudahan artikel ini membantu dan menjadikan pekerjaan Anda lebih mudah dan berarti. Jika Anda menemui kendala, silakan tinggalkan komentar di bawah ini!

Patch Dapodik Versi 207 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as