Patch Dapodik Versi 206

inulwara.blogspot.com

Patch yang ditunggu-tunggu akhirnya resmi dirilis pihak pendataan kemdikbud. Tentunya dengan patch ini para operator sangat senang karena pada versi ini ada beberapa fitur baru yang ditambah untuk mempermudah pengentrian data lanjutan dari semester sebelumnya.

Fitur yang dimaksud diantaranya tab "Export UN, Lanjutan Data Periodik PD, Lanjutan Data Periodik pada Sarpras, dan lain-lain. Tentunya, Operator tidak perlu bersusah payah lagi untuk mengisi data periodik PD maupun Sarpras secara manual karena dengan adanya tab baru ini memungkinkan para operator dapat menyelesaikan entri data hanya dengan 2x klik, :D.

Dalam hal penginstalan patch ini tidak berbeda dengan patch-patch sebelumnya. Setelah diunduh patchnya tinggal klik dobel (klik kanan, pilih run admnistrator) ikuti petunjuk hingga selesai, dan berhasillah proses penginstalan. Tinggal login menggunakan akun login Anda dan lihat versi dapodiknya. Aplikasi DAPODIK Anda sudah versi 206. Namun, jika ternyata setelah diinstal kemudian Anda melakukan login dan versinya tetap tidak berubah (masih versi sebelumnya) Anda cukup mengklik "refresh" atau dengan menekan tuts "f5" pada papan keyboard. Selanjutnya, silakan diisi datanya sesuai perintah yang telah disampaikan dengan memanfaatkan fitur-fitur baru tersebut.

Kendala yang saat ini dikeluhkan setelah menginstal patch versi 206 ketika mengentri data salah satunya Kepala Sekolah  pada beranda tidak terlihat (tidak ada). Untuk menanggulangi masalah tersebut, Anda cukup klik PTK, pilih nama PTK yang bertugas sebagai Kepala Sekolah lalu klik "Ubah" dan pilih "Tugas Tambahan" selanjutnya silakan kosongkan "TST Tambahan" dan simpan. Kemudian refresh kembali aplikasi dapodiknya dan lihat hasilnya, nama Kepala Sekolah sudah ada kembali.

Bagi Anda yang membutuhkan Patch versi 206 dapat mengunduhnya di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id namun, jika mengalami kendala pada situs tersebut, mungkin karena banyaknya traffic kunjungan sehingga membuat server overload (down), Anda dapat mengunduhnya lewat alamat alternatif pada link di bawah ini:


Perlu Anda ketahui, patch ini saya unduh dari situs resmi aplikasi pendataan pada alamat yang saya sebutkan di atas, jadi Anda tidak perlu khawatir akan keabsahan patch dimaksud. Hanya saja, Patch tersebut saya jadikan file type .rar jadi Anda cukup ekstrak dulu lalu silakan instal. Jika pada saat mengekstrak diperlukan password, cukup Anda tuliskan passwordnya: inulwara.blogspot.com

Mudahan artikel ini bermanfaat buat Anda yang membutuhkan, jika ada kendala silakan tinggalkan komentar pada kolom yang disediakan di bawah ini :D

Patch Dapodik Versi 206 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as