Langkah-langkah Edit Data NUPTK di PADAMU

inulwara.blogspot.com
Bagaimana kabarnya PADAMU? Tentu tidak lupa kan? Iya, pasti ingat terus karena aplikasi yang satu ini merupakan sebuah aplikasi yang diperuntukan sebagai keabsahan status NUPTK seorang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dan sebuah bukti seorang PTK bisa dikatakan selalu eksis dan aktif dalam dunia pendidikan, tanpa aplikasi ini mungkin NUPTK seorang PTK akan non aktif atau dihapus oleh BPSDMPK-PMP sehingga status PTK yang bersangkutan di dunia pendidikan masih belum bisa dipastikan keabsahan dan eksistensinya.

Mengutip dari laman resmi aplikasi PADAMU di http://cari.padamu.siap.web.id/#!/nuptktentang vitalitas NUPTK ini bahwa NUPTK dibangun oleh Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Depdiknas tahun 2006.
Seiring dengan program Reformasi Birokrasi, NUPTK sejak tahun 2011 dikelola oleh Sekretariat Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dalam perkembangannya, NUPTK menjadi syarat utama yang harus dimiliki oleh seluruh PTK se-Indonesia untuk dapat mengikuti program-program Kementerian lainnya, antara lain:
  • Sertifikasi PTK
  • Uji Kompetensi PTK
  • Diklat PTK, dan
  • Aneka Tunjangan PTK
Mungkin kebanyakan bapak/ibu saat ini hanya sebatas ingat dengan aplikasi ini tanpa pernah mencoba untuk login atau masuk kembali ke akun NUPTK Anda masing-masing. Nah, pada kesempatan ini saya ingin mengingatkan kembali tentang aplikasi berbasis web ini kepada Anda semua bahwa aplikasi PADAMU sekarang sudah ditambahkan beberapa fitur baru tentang data para PTK untuk keperluan merevisi atau memperbarui data.

Untuk saat ini, fitur baru yang dimaksud terdiri 2 macam, antara lain: 1) Fitur “Data PADAMU Anda” meliputi: (1) biodata & identitas; (2) riwayat dan prestasi. dan 2) Fitur “Pengajuan” menyangkut tentang “Pindah Sekolah Induk”. Lalu bagaimana cara mengedit, merevisi atau menambah data baru dengan fitur tersebut? Berikut ini akan saya paparkan tentang langkah-langkah yang dimaksud.


Silakan cermati paparan di bawah ini:
  1. Silakan buka alamat http://padamu.siap.web.id kemudian pilih “LOGIN PTK” menggunakan nomor NUPTK dan password Anda masing-masing.
  2. Lihat fitur beranda sebelah kiri “Data PADAMU Anda” di bawahnya ada dua fitur tambahan yakni: (1) biodata & identitas; (2) riwayat dan prestasi. Silakan pilih fitur tersebut sesuai keperluan Anda mana yang perlu diedit/revisi atau diperbarui datanya.
  3. Untuk mengedit/revisi data yang sudah ada karena terdapat kesalahan pada pengentrian data terdahulu, Anda cukup klik tanda anak panah (lihat nomor 3 pada gambar 2) lalu pilih “edit”.
  4. Jika Anda ingin menambah data, Anda jangan mengklik tanda anak panah seperti langkah di atas, tapi Anda klik tanda “+” (lihat nomor 4 pada gambar 2).
  5. Setiap perubahan data yang kita lakukan akan diminta untuk dijadikan “PERMANEN” (lihat nomor 5 gambar 2). Oleh karena itu saya sarankan, setiap data yang diedit/revisi atau diperbarui jangan langsung klik “PERMANEN” namun silakan pilih lagi data yang kira-kira perlu kita edit/revisi atau perbarui, baru tahap akhir Anda klik “PERMANEN” jika semua data sudah dirasa betul dan tidak ada lagi yang perlu diedit/revisi atau diperbarui.
  6. Selanjutnya, silakan print bukti pembaruan data (setelah Anda klik permanen) dan serahkan ke admin disdik setempat untuk diproses menjadi betul-betul permanen.
  7. Seandainya data yang Anda edit/revisi atau perbarui ternyata malah salah, Anda dapat membatalkannya dengan mengklik "Batalkan Seluruh PERUBAHAN DATA" (lihat nomor 5 gambar 2). Hal ini dapat dilakukan sebelum Admin disdik menyetujui perubahan data secara "PERMANEN" dari tanda bukti pembaruan data yang kita serahkan seperti poin 6 di atas. 
Demikian artikel yang dapat saya paparkan, mudahan dapat membantu Anda dalam mengedit/revisi atau memperbarui data NUPTK Anda dengan baik. :D

Langkah-langkah Edit Data NUPTK di PADAMU Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as