Tips Mengembalikan Data yang Terhapus pada Aplikasi DAPODIK

inulwara.blogspot.com
Ternyata, hingga sekarang masih banyak kendala yang dihadapi para operator sekolah dalam mengentri data pada aplikasi DAPODIK, mulai dari mengentri data yang terkadang aplikasinya tidak merespon, sampai pada kesalahan kecil yang berakibat fatal seperti data siswa atau pendidik yang tanpa disengaja atau memang sengaja dihapus. Tentu ini sangat meresahkan, karena pada aplikasi tersebut tidak ada fitur "BATAL HAPUS". Terus, bagaimana menanggulanginya?

Pada artikel kali ini, saya ingin berbagi tips cara mengembalikan data yang terhapus pada aplikasi DAPODIK versi 2013. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan seksama, pahami dan lakukan tahapan sesuai urutannya.
  1. Buka Command Prompt (cmd) dengan cara Klik "search" lalu ketik "cmd" tekan enter, atau dengan cara tekan tombol "windows" pada keyboard bersamaan dengan huruf "R" (windows+r) lalu ketik "cmd". Atau bagi Anda yang menggunakan windows 8 silakan arahkan mouse ke pojok kiri bawah lalu klik kanan dan pilih "command prompt (admin)"
  2. Ketik cd c:/program files (x86)/dapodikdas/pgsql/bin lalu enter. Lihat gambar berikut ini:
  3. Punya saya "program files (x86)" (lihat tulisan berwarna merah di atas) mungkin punya Anda "program files" tergantung versi sistem operasinya. Jika punya Anda letaknya di program files, maka gantilah "program files (x86)" menjadi "program files".
  4. Lanjutkan dengan mengetik psql -U postgres -d pendataan psql lalu enter. Lihat gambar di bawah ini:
  5. Selanjutnya, silakan ketik UPDATE peserta_didik SET soft_delete = 0; lalu tekan enter untuk mengembalikan data peserta didik yang terhapus.
  6. Atau ketik UPDATE ptk SET soft_delete = 0; lalu tekan enter untuk mengembalikan data PTK yang telah terhapus. 
  7. Jika langkah-langkah di atas berhasil, maka akan muncul tulisan UPDATE diikuti dengan jumlah peserta didik atau PTK sebelum terhapus.
  8. Terakhir, silakan Anda buka aplikasi dapodikdas dan login lalu tekan refresh (f5). Data peserta didik atau PTK yang terhapus akan kembali muncul di aplikasi tersebut.
Demikian yang dapat saya bagikan, mudahan membantu dan bermanfaat bagi Anda yang memerlukan tips ini.

Tips Mengembalikan Data yang Terhapus pada Aplikasi DAPODIK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as