Cara Backup dan Restore Data Dapodik 2013

inulwara.blogspot.com

Sudah lama tidak mempublikasikan artikel, kali ini saya akan berbagi sedikit tips tentang bagaimana membackup maupun merestore data base pada aplikasi dapodik versi 2013 dari kemdikbud yang sekarang lagi hangat-hangatnya dibicarakan tentang kekurangan aplikasi ini.

Berbeda dengan aplikasi dapodik 2012, pada aplikasi ini untuk membackup maupun merestore data sudah tersedia pada menu tab utama, jadi cukup mengklik backup maka data kita sudah tersimpan di direktori yang kita inginkan. Begitu juga dengan merestore data, cukup dengan mengklik restore, maka data di aplikasi tersebut sudah terupdate. Sedangkan pada aplikasi dapodik 2013 ini fitur itu tidak disertakan di dalamnya.

Pada dasarnya tujuan kita membackup data adalah untuk jaga-jaga agar data hasil pekerjaan kita tetap aman dan tersedia seandainya pada waktu tertentu, tiba-tiba ada masalah dengan komputer/laptop kita baik itu karena virus maupun alasan lain yang menyebabkan komputer/laptop kita jadi rusak atau terpaksa harus diinstal ulang. Kalau sudah rusak atau diinstal ulang, sudah pasti data yang ada di direktori (khususnya direktori C) akan terhapus. Nah, karena setiap aplikasi selalu tersimpan di direktori C, tak terkecuali dengan aplikasi dapodik 2013 ini, sudah tentu kita harus siap menyikapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Untuk itu kita perlu membackup data basenya terlebih dahulu.

Cara membackup data dapat Anda ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Silakan tekan tombol “window pada keyboard dan jangan dilepas, lalu tekan tuts R juga pada keyboard” atau arahkan mouse ke ujung sudut kiri bawah lalu klik kanan dan pilih “search” lalu ketik “services.msc” dan enter.

  • Jika langkah di atas sudah dilakukan, selanjutnya silakan cari file bernama dapodikdasDB dan dapodikdasWebSrv.
  • Hentikan proses status (running) file tersebut dengan cara klik kanan pada masing masing file dan pilih stop.
  • Selanjutnya silakan buka direktori C pilih program file, pilih folder dapodikdas, copy dua folder yang bernama “database dan dataweb”. Pastekan dua folder yang dicopy tadi ke direktori D atau ke flash disk yang Anda sediakan.
  • Jangan lupa, agar aplikasi dapodik dapat kembali beroperasi di komputer/laptop Anda, jalankan dua file bernama dapodikdasDB dan dapodikdasWebSrv tersebut seperti semula (menjadi “running” bukan “stop” dengan cara klik kanan di masing-masing file tersebut dan pilih “start”.)
Mudah bukan? Selanjutnya kita akan bahas bagaimana cara restore data base dapodik yang sudah kita simpan di direktori atau flashdisk tadi.

Cara merestore database dapat Anda ikuti tahapan berikut ini:

  1. Jika aplikasi dapodik belum terinstal di komputer/laptop, install dulu kemudian lakukan tahap 1 dan 2 seperti cara membackup data di atas.
  2. Kemudian, silakan copy dua folder yang ada di direktori D ke flash disk dulu atau kalau Anda sudah menyimpannya di flashdisk bisa langsung pastekan ke direktori C, program file, folder dapodikdas. Biar saja “tereplace” file yang bernama “database dan dataweb” dengan yang ada di flash disk.
  3. Selanjutnya silakan lakukan kembali tahap 1 dan 2 seperti cara membackup data di atas.
  4. Terakhir, kembalikan proses dua file di atas (dapodikdasDB dan dapodikdasWebSrv) menjadi “running” bukan “stop” dengan cara klik kanan di masing-masing file tersebut dan pilih “start”. Cara terakhir ini dimaksudkan agar aplikasi dapodik dapat beroperasi dengan baik dari data yang terbaru hasil dari restore yang kita lakukan tadi.
Catatan:
Alangkah baiknya setiap kita selesai instal aplikasi atau aktivitas lain yang berhubungan dengan direktori C untuk membiasakan mereboot komputer agar aplikasi berjalan dengan baik.

Mudahan tips yang saya berikan bermanfaat bagi Anda semua.

Cara Backup dan Restore Data Dapodik 2013 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as