alternatif solusi genap/nan blankscreen/obyek tidak ditemukan ( patch 205) dapodikdas 2013

Kembali membahas Dapodikdas 2013, hari ini melihat dua orang rekan OPS yang setelah menginstal pacth Dapodikdas namun saat coba buka aplikasi jadi nya Genap/Nan atau Ganjil/Nan mencoba menghindar dulu dari persoalan salah satu Operator Sekolah permasalah Bapak OPS ini saat instal awal normal saja, namun setelah dua hari tidak dibuka aplikasi Dapodikdasnya malah tak mau dibuka lagi jawabannya error saat terbukanya Firefox, mencoba berpikir sejenak karena persoalan ini hampir sama dengan Blank screen, obyek tidak ditemukan intinya menyangkut DapodikdasWerbSrv yang didalamnya berjalan apache untuk aplikasi dapodikdas yang berbasis webserver . setelah melihat masalh yang terjadi saya berpikir harus reinstal aplikasi Dapodikdas kedua Laptop tersebut, Capek juga saya pikir harus saya backup data dulu kedua nya dan restore lagi dengan cara yang sama.

Coba dan mencoba membuka Jantung Pertahanan Dapodikdas berjalan pada DapodikdasDB dan DapodikdasWerbSrv, agar apache 2.4 berjalan saya lakukan klik kanan dan star pada DapodikdasWerbSrv, namun yang terjadi DapodikdasWerbSrv juga tak mau jalan, not respond atau apalah bahasa lainnya.

 Pada DapodikdasDB nampak normal nya berjalan secara automatic namun hal itu tidak linear dengan DapodikdasWerbSrv, saking penasaran saya klik kanan pada DapodikdasWerbSrv seperti tampilan berikut:

Saya coba Pilih Properties, biar tahu saja didalamnya ada apa, namun diluar dugaan roller atau pilihan untuk menjalankannya ada berbagai macam, dari automatic, manual, disable seperti tampilan berikut :
Karena Mikirnya tetap aja bakal di instal ulang ni aplikasi, tak salah dicoba pindah channel kepilihan manual, Apply dan Ok, saya coba Restart/star kan lagi DapodikdasWerbSrv. diluar dugaan jalan saat star dengan pilihan manual, belum selesai penasarannya, langsung saya buka Aplikasi Dapodikdas yang masih terpasang, ternyata normal seperti sedia kala pada kondisi idealnya.
Luar biasa saya pikir, namun satu yang mengganjal dihati jika saya pilih manual starnya apakh bapak OPS ini bisa dan mengerti cara menjalankannya nanti, tentunya harus Otomatis kan, biar lebih nyaman.
Saya coba ulangi cara diatas dan saya pilih Automatic, saya start kan, akhirnya bisa jalan. ternyata mudah saat ini tak perlu instal ulang aplikasi cukup saya roller pilihan menjalankan DapodikdasWerbSrv. masalah-masalah diatas bisa teratasi, semoga yang lain juga bisa dengan cara ini. simple dan mudah.

alternatif solusi genap/nan blankscreen/obyek tidak ditemukan ( patch 205) dapodikdas 2013 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as