Cara Daftar dan Kirim Artikel di Vivalog

Bagi yang belum tahu cara mendaftar dan mengirim artikel di Vivalog, tulisan ini akan menjelaskan bagaimana prosesnya mulai dari awal sampai akhir. Vivalog adalah layanan social bookmark yang dimiliki oleh Viva.co.id. Dengan Vivalog kita bisa mempromosikan artikel kepada ribuan pengunjung Viva.co.id tiap harinya. Pengunjung yang banyak ini berpotensi meningkatkan traffic ke blog kita melalui artikel yang kita kirim di Vivalog tadi.

Pengalaman saya setelah kirim artikel ke Vivalog dan berhasil ditayangkan, pengunjung blog (Visitor) dan tayang halaman (Pageviews) naik hampir 3 kali lipat dari sebelumnya. Memang tidak semua artikel yang dikirim ke Vivalog akan ditayangkan, namun kita harus terus mencoba. Poin positifnya anggap saja ini sebagai ujian/test untuk mengetahui sampai dimana kemampuan menulis kita.

Cara daftar di Vivalog

Proses pendaftaran di Vivalog relatif mudah, cepat dan gratis. Kita hanya perlu melakukan registrasi pada halaman pendaftarn Vivalog, kemudian melakukan aktivasi akun dengan klik link verifikasi yang di kirim lewat email. Setelah akun kita aktif, selanjutnya kita langsung bisa login dan mulai mengirim artikel.

Berikut ini urutan proses pendaftaran akun di Vivalog :
  • Buka website Vivalog di alamat http://log.viva.co.id, lalu klik tombol Kirim Blog yang ada di sebelah kanan agak ke bawah.
    halaman vivalog
  • Atau bisa juga dengan cara singkat langsung klik alamat http://log.viva.co.id/form.
    daftar vivalog
  • Klik tombol Daftar yang ada dibawah.
  • Kemudian akan tampil form registrasi anggota, silahkan isi semua data dengan lengkap dan benar.
    form registrasi anggota vivalog
  • Jangan lupa centang juga tanda persetujuan yang ada paling bawah form.
    form registrasi anggota vivalog 2
  • Setelah selesai proses pengisian data, silahkan klik tombol daftar yang ada di bagian bawah.
  • Jika pengisian data benar akan tampil notifikasi pendaftaran berhasil dan kita diminta untuk melakukan konfirmasi sesuai petunjuk yang dikirim melalui email.
    selesai registrasi vivalog
  • Buka akun email dan cek apakah email aktivasi akun sudah ada atau tidak. Jika tidak ada, coba buka folder spam, barangkali ada disitu.
    email konfirmasi registrasi vivalog
  • Silahkan buka email tersebut lalu klik link aktivasi yang dikirim oleh admin vivanwes.
    isi email konfirmasi registrasi vivalog
  • Jika benar akan tampil halaman selamat datang seperti ini.
    proses verifikasi vivalog berhasil
  • Proses pendaftaran akun vivalog selesai sampai disini.

Cara Mengirim artikel di Vivalog

Setelah berhasil mendaftar di Vivalog, selanjutnya kita bisa mulai mengirim artikel. Kita bebas mengirim artikel apa saja ke Vivalog selama sesuai dengan aturan dan kategori yang telah ditetapkan oleh Vivalog. Tentu kita tidak bisa mengirim artikel terlarang seperti yang berbau pornografi, penipuan atau hal-hal yang dilarang lainnya.

Artikel yang dikirim ke Vivalog tidak langsung ditampilkan begitu saja pada halaman Vivalog. Setiap artikel yang dikirim ke Vivalog akan dikoreksi dan kalau perlu diedit oleh redaksi Vivalog. Jika artikel memenuhi syarat akan diinformasikan melalui email dan tentu akan tampil pada halaman Vivalog.

Untuk dapat diterima, artikel kita harus menarik, unik dan informatif tentunya. Hal ini terkait dengan kapasitas Vivanews sebagai induk dari Vivalog yang basicnya merupakan situs berita. Kita tidak seharusnya mengirim artikel yang biasa-biasa saja seperti misalnya cara membuat email, cara membuat facebook dan sebagainya karena kemungkinan akan ditolak oleh redaksi Vivalog.

Jika semua hal diatas telah kita lakukan berarti artikel kita siap dikirim ke redaksi Vivalog. Namun sebelum itu ada satu hal lagi yang perlu dan sebaiknya kita lakukan mengingat agar artikel kita diterima oleh redaksi Vivalog, yaitu memasang frame Vivalog di blog kita.

Untuk memasang script iframe Vivalog silahkan copy paste script dari halaman Vivalog lalu taruh pada blog kita. Bagi yang bingung nyari scriptnya, berikut ini script ifreme Vivalog yang saya kopi dari situs Vivalog.

 <iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0; min-height: 225px;" src="http://log.viva.co.id/iframe" scrolling="no"></iframe> 

Setelah semua siap, silahkan kirim Vivalog dengan cara seperti ini:
  1. Silahkan login ke Vivalog dengan akun yang telah kita buat tadi pada alamat http://log.viva.co.id/form.
    login vivalog
  2. Jika proses login berhasil, kita akan langsung diarahkan pada halaman kirim artikel seperti ini.
    isi artikel vivalog
  3. Isi parameter-parameter yang dibutuhkan seperti Judul Blog, Kategori, isi Blog dan URL Blog.
  4. Untuk parameter file bersifat opsional dan boleh tidak diisi.
  5. Selanjutnya silahkan isi kode chapcta pada fitur keamanan sesuai gambar diatasnya.
  6. Setelah selesai, silahkan centang persetujuan Syarat dan Ketentuan lalu Klik Kirim Blog.
    syarat dan ketentuan vivalog
  7. Selanjutnya artikel yang kita kirim harus antri untuk mendapat koreksi persetujuan dari redaksi Vivalog.
  8. Proses ini bisa mencapai  beberapa hari seperti misalnya pengalaman saya bisa mencapai 5 hari.
  9. Jika artikel kita diterima, kita akan memperoleh pemberitahuan melalui email. Namun sebaliknya jika artikel kita ditolak, kita tidak akan memperoleh pembaritahuan melalui email.
Bagaimana, mudah kan cara mendaftar dan mengirim artikel diVivalog ? Ya iyalah, yang sulit itu gimana caranya membuat artikel kita diterima, betul tidak? Nah pada artikel selanjutnya insyaAllah akan saya bagikan beberapa tips agar artikel kita diterima di Vivalog.

Cara Daftar dan Kirim Artikel di Vivalog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as