7 Template Pilihan Untuk Blogger/Blogspot (Gratis)

Pada artikel ini akan saya sharingkan 7 template pilihan yang menark, cepat, seo friendly dan responsive untuk blogger. 7 template berikut ini gratis dan bebas kita gunakan tanpa harus takut dituntut oleh pembuatnya (karena 100% gratis). Yang perlu diperhatikan adalah jangan menghilangkan credit link dibagian bawah untuk menghargai pembuat template dan sebagai balas jasa kita telah menggunakan template yang gratis dan luar biasa ini.

1. TruePixel

Ini template yang saya pakai saat menulis artikel ini. Template yang versi pertama memang belum responsive namun untuk versi kedua sudah. Yang membuat saya tertarik adalah template ini jarang yang pakai sehingga blog saya tidak terlihat pasaran. Template ini buatan Naveed Iqbal dan dapat didownload secara gratis di http://www.bloggertheme9.com.

Template ini cocok untuk blog yang menampilkan image dalam ukuran besar. Jadi untuk blog ini sedikit saya sesuaikan tampilan imagenya agar lebih kecil. Skor CHKME mencapai 100% dan Hasil uji Pagespeed pada GT Metrix mencapai Grade B.

Screenshot TruePixel Template :
Preview TruePixel Template

Untuk penjelasan lengkap silahkan kunjungi situsnya TruePixel disini.

2. SangSEO

Adalah template buatan Kang Mousir. Dilihat dari namanya template ini mengandalkan fitur SEO-nya yang mumpuni. Salah satu testimoni dari pengguna di situs blog Sang SEO mengatakan kalau pengunjung naik dua kali lipat dari sebelumnya setelah menggunakan template ini.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh template Sang SEO diantaranya :
  • 100 % Responsive
  • Valid HTML dan CSS
  • SEO Friendly, Skor di CHKME menunjukkan 100%.
  • Fast Loading, Hasil Uji GT Metrik menunjukkan skokr 81 (Grid B)
  • Auto Readmore
  • BreadCrumbs
  • Pagination
  • Dan masih banyak lagi...

Screenshot SangSEO Template:
Preview SangSEO Template

Saya pernah menggunakan template ini beberapa waktu lalu dan hasilnya sangat memuaskan meski akhirnya saya ganti dengan template TruePixel. Kekurangan dari template ini adalah sangat polos sehingga kurang artistik. Selain itu saat saya melakukan blog walking saya menemukan banyak teman menggunakan template ini sehingga agak membuat saya sedikit risih dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan template lain.

Untuk penjelasan lengkap silahkan kunjungi situsnya SangSEO disini.

3. Jurnalistik

Adalah template buatan RT Media. Ini adalah template dengan skor Page Speed sebesar 92% dan mencapai Grade A. Template ini responsive dan SEO Friendly. Kelemahan dari template ini adalah karena saking simple-nya maka beberapa fitur seperti Related Posts, Pagination dan Breadcrumbs belum ada. Widget untuk Social media juga belum disertakan sehingga kita harus menambahkan sendiri.

Screenshot Jurnalistik Template:
Preview Jurnalistik Template

Untuk penjelasan lengkap silahkan kunjungi situsnya Jurnalistik disini.

4. New Thesis

Adalah template buatan CB Blog. Template ini memiliki skor page speed sebesar 90% (Grade A) dengan YSlow 90% (Grade A). Beberapa fitur yang ditawarkan diantaranya Responsive - Mobile Friendly, Drop Down Navigation Menu, SEO Heading Tags, Fast Loading, Markup Schema Ready dan SEO Breadcrumbs. Saat artikel ini ditulis New Thesis telah sampai pada rilis v3. Sekilas struktur template New Thesis mirip dengan Jurnalistik namun memiliki perbedaan dari segi tampilan.

Screenshot New Thesis Template:
Preview New Thesis Template

Untuk penjelasan lengkap silahkan kunjungi situsnya New Thesis disini.

5. Johny Wuss

Ini adalah template buatan Maskolis. Dilihat dari namanya agaknya pembuat template ingin menggambarkan betapa kencangnya tempate ini saat di load.

Berikut ini fitur andalan dari Template Johny Wuss :
  • Fully Responsive Design
  • Auto resize thumbnail image
  • Threaded Comment
  • Optimize SEO
  • Auto Author Image
  • Grid based Design
  • Newsletter Subscription
Screenshot Johny Wuss Template :
Preview Johny Wuss Template

Untuk penjelasan lengkap silahkan kunjungi situsnya Johny Wuss disini.

5. My Notes

Ini adalah template lain buatan RT Media. Mirip dengan Jurnalistik namun ditampilkan dalam versi yang lain. Kehebatan template ini adalah pagespeed nya sebesar 91% dengan YSlow sebesar 93%. masing-masing berada pada Grade A. Template ini termasuk Responsive.

Sama dengan Template Jurnalistik, template My Notes ini sangat simpel sehingga beberapa fitur tidak disertakan. Jika kita menambah fitur lain sudah tentu akan mempengaruhi dari hasil test dari pagespeed template ini.

Screenshot My Notes Template :
Preview My Notes Template

Untuk penjelasan lengkap silahkan kunjungi situsnya My Notes disini.

7. CB Bloggerz

Adalah template buatan CB Blog dan merupakan turunan dari New Thesis Template. CB Bloggerz memiliki dua kolom sehingga cocok untuk blog pribadi dengan "niche blog" tertentu dan tidak banyak label/kategori. Hasil pengujian SEO di CHKME menunjukkan CB Bloggerz memiliki skor seo sempurna, 100%. Hasil pengujian Pagespeed versi GT Metrix juga memuaskan dengan Grade A dan B.

Screenshot CB Bloggerz Template :
Preview CB Bloggerz Template

Untuk penjelasan lengkap silahkan kunjungi situsnya CB Bloggerz disini.

Itulah 7 template blogger gratis pilihan saya yang menurut saya bagus untuk diterapkan di blog. Silahkan gunakan sepuasnya namun jangan menghapus credit link yang ada dibawah. Hargailah para pembuat template dengan tetap mencantumkan credit link.

7 Template Pilihan Untuk Blogger/Blogspot (Gratis) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as