Komputer: Pengertian, Sejarah, dan Komponen-komponennya

Pengertian Komputer

Kata “ komputer” berasal dari bahasa Inggris “ tocompute”, yang berarti menghitung. Sedangkan “ computer” berarti alat penghitung. Kemudian kata computer tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi komputer. Berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki, komputer dapat didefinisikan sebagai peralatan elektronik yang bekerja secara koordinatif dan integratif berdasarkan program, dapat menerima masukan berupa data, mengolahnya dalam memori, dan menampilkan hasil hasil berupa informasi.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa komputer memiliki tiga sifat, yaitu :

a. Bekerja dengan menggunakan tenaga listrik (elektronik)
b. Bekerja berdasarkan program

Program adalah rangkaian perintah yang dibuat menuasia dan dapat dimengerti opleh komputer. Programlah yang memberi komando (koordinasi) pada setiap komponen dalam komputer untuk mengerjakan sesuatu dan mengatur keselarasan (integrasi) kerja antara satu komponen dengan komponen yang lainnya.

c. Bekerja dalam satu sistem yang dapat digambarkan dalam diagram berikut ini :

inulwara.blogspot.com

Keuntungan Komputer

  1. Dapat mengerjakan pekrjaan dengan cepat dan tepat.
  2. Komputer tidak kenal lelah.
  3. Dapatmenyimpan data dan membaca kembali untuk diolah kembali.
  4. Dapat mengolah dan menyimpan data dalam jumlah yang besar .
  5. Dan masih banyak lagi kellebihan yang lain.

Kerugian Komputer

  1. Membutuhkan operator yang cakap agar dapat mengolah dan memberikan informasi yang tepat.
  2. Untuk membuat atau menyusun program komputer paling tidak kita harus belajar bahasa pemrograman.
  3. Komputer sangat peka terhadap perubahan tegangan listrik sehingga sering data hilang jika terjadi perubahan tegangan listrik.
  4. Membutuhkan tempat menyimpan data khusus (disket dan hard disk), tetapi sarana penyimpan data tersebut mudah sekali rusak sehingga memerlukan perawatan khusus.

Sejarah Komputer

Rancangan komputer elektronik dibuat pertama kali oleh John Atanasoff dari Amerika Serikat pada tahun 1942 dan terus berkembang hingga sekarang. Periodisasi perkembangan komputer dapat digambarkan sebagai berikut :
  1. Komputer Generasi Pertama (1945 –1959)Pada tahun 1945, John Mauchly dan J. Presper dari Universitas Pennsyvania USA, membangun unitkomputer elektronik yang diberi nama ENIAC. Beratnya mencapai 18 ton dan tersusun dari sekitar 18.000 tabung hampa. Mesin ini mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 15 detik, yang bila dikerjakan manusia yang ahlipun dibutuhkan waktu 10 jam.
  2. Komputer Generasi kedua. Komponen utama menyusun komputer generasi kedua adalah transistor. Komponen ini lebih unggul segalanya dari pada tabung hampa dan memiliki harga yang lebih murah.
  3. Komputer Generasi Ketiga. Fungsi transistor sebagai komponen utama diganti oleh IC(IntegratedCircuits) atau rangkaian terpadu. Sekeping IC(chip) yang terbuat dari bahan silikon dapat menggantikan kerja beberapa transistor, diode dan resistor sekaligus. Ukuran fisiknya makin kecil, namun kecepatan dan ketepatannya lebih tinggi, kapasitasnya lebih besar.
  4. Komputer Generasi Keempat(1970 –sekarang). Komponen utama penyusun komputer generasi ini adalah VLSI (Very Large Scale), yaitu IC yang ditingkatkan kemampuannya hingga ratusan ribu kali dan ukuran fisiknya makin kecil.
  5. Komputer Generasi Kelima. Sampai saat ini para pakar komputer di negara seperti USA dan Jepang sedang merancang komputer yang dapat berpikir dan bertindak sendiri. Komponen utamanya adalah AI (Artficial Inteligence) atau kepandaian buatan. Komputer ini diharapkan dapat menentukan sikap sendiri jika menerima data, hendak dijadikan apa data itu adalah kehendaknya sendiri.

Komponen Komputer

Ada 3 (tiga) komponen utama dalam sistem kerja komputer , yaitu :
  1. Perangkat Keras (Hardware)
  2. Perangkat Lunak (Software)
  3. Manusia (Brainware).

Perangkat Keras (Hardware)

Hardware adalah segala peralatan komputer yang dapat dilihat dan dipegang (bersifat fisik). Hardware komputer terdiri dari 4 (empat) macam , yaitu:
  1. Peralatan Masukan (Input Device). Peralatan masukan adalah peralatan yang berfungsi untuk menerima dan yang diberikan oleh manusia atau perlatan lainnya dan mengirimkan data tersebut dalam bentuk digital kepada komputer. Beberapa peralatan masukan yang umum digunakan adalah : Keyboard (papan ketik), Mouse, Scanner, Kamera Digital. Berikut ini penjelasan dari masing-masing peralatan masukan tersebut.
  2. Peralatan Pemroses. Di dalam kotak (casing) komputer terdapat dua bagian peralatan pemroses, yaitu: Central Processing Unit (CPU) atau Unit Pemroses Utama. Bagian ini seolah-olah menjadi otak dari komputer. Disebut demikian karena di dalam CPU inilah segala kegiatan proses dilaksanakan berdasarkan program.
  3. Peralatan output. Untuk dapat menampilkan data, dibutuhkan perangkat output yaitu: Layar (Monitor/Screen) dan Printer.
  4. Peralatan Penyimpan Data. Ketika kita mengetik naskah (data), maka data tersebut akan disimpan pada Main Memory (RAM). Karena kapasitas penyimpanan Main Memory yang ada pada komputer sangat terbatas, dan sifat penyimpanannya sementara saja (tidak permanen), maka diperlukan peralatan penyimpanan yang sifatnya permanen atau tetap.

Perangkat Lunak (Software)

Perangkat Lunak (Software) adalah kumpulan data serta instruksi yang memberi sifat “hidup” pada komputer. Mesin komputer yang terdiri dari jutaan komponen elektroniktidak dapat melakukan kegiatannya tanpa adanya software. Melalui software inilah kita bisa meminta komputer untuk menghitung, menggambar, mengeluarkan suara dan lain-lain. Dengan demikian sifat software adalah perangkat yang tidak dapat dipegang secara fisik, hanya bisa dirasakan manfaatnya.Software berupa program-prgram yang berfungsi mengatur kerja hardware. Ada 4 kelompok dalam software:

1. Sistem Operasi (Operating System).

Operating System adalah software yang sifatnya sangat mendasar dan bertujuan mengendalikan agar rangkaian elektronik (hardware) bisa bekerja serta mampu melakukan fungsi-fungsi tertentu, misalnya membooting komputer, mengolah disket ( seperti memformat disket dan lain-lainnya). Software yang tergolong dalam Operating System antara lain :
  1. MSDOS (Microsoft Disk Operating System).
  2. PCDOS (Personal Computer Disk Operating System).
  3. Microsoft Windows
  4. Linux
2. Alat Bantu (Utility).

Utility bertugas sebagai “pembantu” kerja sistem operasi. Dengan alat bantu ini maka apa yang dapat dikerjakan sistem operasi dapat ditingkatkan kualitas hasilnya, kecepatannya, ketepatannya dan keindahan tampilannya. Software yang tergolong Utility antara lain: PC Tools,Norton Utility.

3. Bahasa Pemrogram (Programing Language).

Bahasa Pemrograman adalah software yang memungkinkan pemakai komputer berkomunikasi langsung denganhardware, antara komputer dengan peralatannya , atau antara komputer dengan komputer lainnya. Seperti halnya bahasa manusia (Bahasa Indonesia, Bahsa Inggris, dan lain-lain), bahasa pemrograman memiliki kosa kata dan aturan penggunaannya tertentu. Komunikasi antara manusia dengan komputer (melalui bahasa pemrograman) diwujudkan dalam bentuk urutan-urutan perintah yang disebtu PROGRAM. Contoh software dalam bahasa pemrograman diantaranya: Bahasa BASIC, Bahasa PASCAL, Bahasa FORTRAN, Bahasa COBOL, dan lain-lain.

4. Program Aplikasi (Aplication Program).

Program Aplikasi adalah software yang dibuat oleh perusahaan pembuat software (Software House). Dengan demikian kelompok ini menyediakan program-program yang siap pakai. Program Aplikasi digunakan untukkeperluan-keperluan yang sifatnya umum. Program Aplikasi ini terdiri dari beberapa macam paketprogram, antara lain:
  1. Program Pengolah Kata diantaranya adalah: Wordstar (WS), Microsofr Word (MS-Word), AmyPro, Chiwrite.
  2. Program Pengolah Angka (Spread Sheet) diantaranya adalah: Lotus 123, Quatro, Supercall, Microsft Excel (MS Excel).
  3. Perogram DataBase, dianataranya adalah: dBase, dBase III Plus, Fisual dBase, Microsoft Acces (MS-Acces).
  4. Program Citra (Desain Grafis), diantaranya adalah: Corel Draw, Page Maker, Photo Shop.
  5. Program presentasi/Animasi, diantaranya adalah: Animator, Macromedia Flash, Microsoft Powerpoint (MS-Powerpoint).
  6. Program Pengolah Gambar , diantaranya adalah: AutoCad, Viso Architecture
  7. Akses internet, diantaranya adalah: nternet Explorer, Microsoft Outlook, Yahoo, Google, dan lain-lain.

Manusia (Brainware)

Manusia mempunyai tugas yang berbeda-beda pada komputer, ada yang bertugas sebagai perancang, pemrogram, dan ada yang sebagai pemakai. Menurut tugasnya manusia dapat dikelompokkan menjadi:

1. System Analyst dan Gesign (Perancang dan Penganalisis).

Systemanalyst ini bertugas merancang atau menganlisis sistem baru atau sistem yang sudah ada untuk diperbaiki. Untuk software yang akan dibuat. SystemAnalyst dan Design akan memberikan rincian mengenai rancangan program yaitu mengenai data yang harus dibaca, proses pengolahan dan informasi yang hasru diberikan. Bagian-bagian dari program-program tersebut diselesaikan oleh programmer, setelah selesai baru System Analyst dan Design menggabungkan seluruh bagian program tersebut dan memastikan bahwa semuanya berjalan sesuai dengan rancangan.

2. Programmer.

Programmer adalah orang yang membuat program sesuai dengan spesifikasi yang diberikan System Analyst dan Design. Program yang dibuat dapat merupakan program paket keseluruhan, atau hanya bagian-bagian kecil dari suatu rencana program yang besar, dan programmer juga bertanggungjawab terhadap uji coba program yang dibuatnya untuk memastikan bahwa program tersebut telah sesuai dengan spesifikasi yang telah diberikan oleh System Analyst dan Design.

3. Operator.

Operator adalah orang yang menjalankan program. Seorang operator tidak perlu pusing merancang sistem maupun cara-cara membuat program, sebab ia hanya bertugas untuk memasukkan data ke dalam program yang telah dibuat oleh Programmer.

4. Teknisi (Computer Angineering).

Teknisi adalah orang yang bertugas mealakukan perawatan dan perbaikan hardware komputer yang mengalami kerusakan.

Itulah sedikit gambaran tentang pengertian komputer dan ciri-ciri serta komponen pendukungnya. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.

Komputer: Pengertian, Sejarah, dan Komponen-komponennya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as