Video of Day

Senin, 10 April 2017

Kecanggihan dunia, mulai menguji rasa


Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, manusia dimanjakaan dengan pesona kecanggihan disana-sini. Semua kecanggihan dapat dinikmati dan ditunjang dengan yang bertebaran di mana – mana. Harga gadget yang terbilang bersahabat pun membuat manusia di segala usia dengan mudah mendapatkannya. Tak ada batasan entah si miskin atau pun si kaya, semua dengan mudah mendapatkan gadget tercinta.
Tak dapat dipungkiri, gadget membuahkan banyak faedah. Dari segi komunikasi, sudah hal yang lazim, dengan gadget dirasa tak ada batasan jarak dan waktu lagi. Siapa pun itu, di manapun tempatnya dengan mudah dapat dijangkau dengan kecanggihan gadget. Ya memang, gadget dapat mendekatkatkan yang jauh. Dari segi keilmuan, gadget juga sangat berperan. Ilmu apa pun dapat di cari di media pencari google. Google dirasa sudah menjadi kamus tangan yang menempel di gadget. Sering terdengar sapaan manis “mbah google” atau pun“om google” karena tidak sedikit karya yang terlahir dari bantuan google.
Memang, gadget yang memanjakan di segala bidang membuat para tuannya sulit lepas darinya, Sehari tanpa gadget rasanya pasti sulit, atau katakanlah sejam, dua jam tanpa gadget sedikit banyak menimbulkan kehampaan. Kehampaan tanpa gadget inilah yang sejatinya mulai menguji rasa.
Rasa hampa tanpa gadget dapat diartikan timbul kecanduan antara gadget dengan tuannya. Mengapa tidak, gadget yang sangat memanjakan dengan segala kecanggihannya membuat mata dan tangan tak mudah lepas darinya. Terkadang waktu terkuras hanya untuk fokus terhadap gadget yang ada di depan mata. Kehidupan sekitar yang sejatinya membutuhkan perhatian pun menjadi terpinggirkan karena dirasa kurang penting atau bahkan tidak penting. Bahkan manusia pecandu gadget sudah beralih menjadi manusia apatis terhadap dunia nyata karena pikirnya, dunia maya lebih berarti dari pada dunia nyata. Rasa peka terhadap kehidupan nyata di depan mata mulai diuji oleh barang yang ada di genggaman. Sehingga gadget yang mendekatkan yang jauh mulai menambahkan kemampuannya untuk menjauhkan yang dekat.
Tak hanya dalam hal komunikasi, dalam hal keilmuan pun gadget mulai menguji rasa. Kecanduan untuk bergantung pada media pencarian internet membuat pecandunya terobsesi pada “mbah google” tersebut. Bahkan tak sedikit para pelajar memandang lemah ilmu guru – guru nya dibandingkan dengan ilmu – ilmu yang dihasilkan guru di dunia maya. Sehinngga, rasa hormat pada guru di dunia nyata pun mulai memudar disebabkan kedangkalan rasa.
Terlepas dari segi keilmuan dan segi komunikasi ada hal yang paling krusial ditimbulakan oleh gadget. Batasan antara laki – laki dan perempuan pun sudah memudar dengan adanya gadget. Padahal, Allah SWT berfirman dalam surah An-Nur ayat 31:
Dan katakanlah kepada orang – orang mukmin perempuan, hendaknya mereka pun menundukan pandangan mereka dan menjaga kemaluannya, dan janganlah mereka menampakan kecantikannya kecuali apa yang dengan sendirinya nampak dari-nya….”
Banyak yang bersembunyi di balik kata dunia maya saat disodorkan surah An Nur ayat 31 ini. Karena alibinya, dunia maya hanya menunjang komunikasi internet yang biasa saja tanpa saling memandang dan tak ada niatan ke arah yang tidak baik. Namun, mari bernalar sejenak, ada sisi – sisi yang sangat vital yang bermulai dari hal kecil dan tanpa niat tersebut. Berawal dari hal yang laghau dan sia – sia seperti saling sapa di media sosial, bercanda gurau di grup whatsapp, hingga saling memperhatikan dan menawarkan perhatian dengan saling membalas di status media sosial, pada akhirnya akan berujung pada pertemuan di dunia nyata. Miris memang, bahkan tak sedikit kisah yang membuktikan kehancuran rumah tangga hanya berawal dari sebuah gadget.
Layaknya pisau bermata dua, inilah gadget yang tak hanya memiliki banyak faedah, namun juga diiringi dengan mudarat. Gadget dapat dimanfaatkan untuk hal – hal yang baik dan positif. Namun, melihat sisi mudharat gadget yang tanpa disadari datang begitu saja pada penggunanya, penggunaan gadget yang berlebihan pun harus dihindari karena Allah Taala pun berfirman dalam surah Al – A’Raf ayat 31:
“… Janganlah berlebih – lebihan, sesungguhnya Dia tidak mencintai orang – orang yang berlebih – lebihan.”
Apapun itu, sesuatu yang berlebihan tentunya tak disukai oleh Allah Taala. Dalam Islam pun tak ada larangan mendalami kecanggihan dunia, namun bijaklah dan sewajarnya. Seandainya saja kita dapat meminimalisir penggunaan kecanggihan dunia tanpa berlebihan, tentunya kecanggihan dunia tak akan lagi menguji rasa.
Disadari atau tidak, menjadi sibuk karena gadget rupanya dapat mengurangi kualitas hidup dan kesehatan kita. Nah berikut beberapa hal yang bisa Anda dapatkan saat satu hari tidak menggunakan gadget.
Saat dipakai secara bijaksana, gadget pun mampu memberikan manfaat. Namun saat dipakai secara berlebihan, gadget tetaplah mampu mengganggu kesehatan tubuh Anda. Untuk itu, Anda perlu melakukan digital detox atau puasa gadget.
Berminat untuk melakukan puasa gadget? Inilah manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan seperti dilansir dari boldsky.com.
1.Menenangkan mata yang tegang
Saat Anda terlalu lama menatap layar gadget entah itu laptop atau handphone, maka otot mata lama-kelamaan akan tegang. Apalagi radiasi yang dipancarkan pun juga kuat. Nah, ketika Anda melakukan puasa gadget, maka otot mata jadi lebih rileks dan tenang.
2.Makan dengan lebih tenang
Beberapa dari Anda pasti memiliki kebiasaan makan dengan melihat gadget. Padahal kebiasaan tersebut adalah kebiasaan yang salah yang berujung dengan makan jadi lebih banyak hingga tersedak. Agar Anda terhindar dari bahaya tersebut, lebih baik letakkan dahulu gadget Anda.
3.Mendinginkan telinga
Telinga lama-kelamaan akan panas saat Anda berbicara di telepon selama berjam-jam. Penggunaan earphone pun juga mampu menyebabkan infeksi telinga. Jadi, untuk menghindarinya lebih baik letakkan gadget Anda.
4.Memiliki quality time dengan pasangan
Sering melihat pasangan yang secara fisik selalu bersama tapi mata mereka tak bisa lepas dari gadget? Nah, tanpa disadari kebiasaan ini mampu membuat mereka yang berpasangan jadi menjauh. Oleh karena itu agar hubungan Anda dan pasangan jadi lebih berkualitas, maka letakkan gadget Anda saat sedang bersama pasangan.
5.Jadi lebih tenang
Tanpa disadari penggunaan gadget secara berlebihan mampu membuat seseorang jadi stres. Terlebih jika melihat berbagai macam postingan asal di media sosial. Jadi, jika Anda ingin hidup Anda lebih tenang maka Anda bisa mencoba puasa gadget.
6.Tidur lebih nyenyak
Kualitas tidur Anda ternyata ditentukan oleh pengguaan gadget. Beberapa penelitian menemukan bahwa menggunakan gadget terlalu sering, bisa menginterupsi waktu tidur dan menurunkan kualitas tidur Anda.
7.Memori lebih panjang
Merasa ingatan menurun dan tidak lagi tajam? Cobalah untuk melakukan puasa gadget. Sebab sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa melakukan puasa gadget selama seminggu mampu mempertajam memori Anda dan meningkatkan kemampuan kognitif.
8.Stres menurun
Ketika Anda jadi lebih tenang karena puasa gadget, maka otomatis tingkat stres Anda juga menurun.
Jadi, Anda merasa bahwa hidup Anda berat karena gadget? Cobalah untuk melakukan puasa gadget dan rasakan manfaat sehatnya.

Sumber gambar: http://uniqity.blogspot.co.id/2015/08/bahaya-gadget-bagi-kesehatan.html