Video of Day

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Sabtu, 27 Agustus 2016

CARA MASUK APLIKASI PELAPORAN BOP PAUD

BOP untuk PAUD/TK yang sudah diberikan oleh pemerintah untuk peningkatan mutu layanan PAUD dan TK diseluruh Indonesia telah diberikan, sekarang tinggal pertanggung jawaban oleh lembaga yang diawasi juga oleh Dinas Pendidikan dan pemerintah daerah setempat.

Disamping input data di aplikasi Dapodik Paud, di verval SP, Verval PD dll... tahun ini bagi satuan PAUD yang mendapatkan BOP juga akan disibukan dengan Aplikasi Pelaporan BOP berbasis web/Onlie untuk mengetahui bagaimana cara mengoperasikannya nanti kita serching dan informasikan: Berikut ini Link nya
:


username dan password memakai username dapodik


Langkah-langkah membuat Lap. BOP PAUD Online tahun 2016
  1. Buat / isi buku kas sekolah, buku kas sekolah seharusnya sesuai dengan RKAS yang diusulkan.
  2. Setelah buku kas terisi dan bukti kuitansi pembelanjaan lengkap baru buka internet dan kunjungi alamat : https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/sidak/
  3. Pada beranda Login isi username & Password yang sama pada waktu Login di Aplikasi Dapopaud, setelah menuliskan username & password klik Masuk (Lihat Lingkaran merah pada Gambar)
  4. Menu yang terdapat pada laman Aplikasi Laporan BOP terdiri dari : Dashbor, Formulir Realisasi, Formulir Evaluasi, Laporan Realisasi, Laporan Evaluasi, Pengumuman, Download dan Keluar.
  5. Masuk di beranda Formulir Realisasi. Sebelum Isi Nama Satuan Paud, Jumlah Peserta didik yg mendapatkan BOP, dan tanggal … pilih / klik terlebih dahulu tulisan Help (Lihat Lingkaran merah pada Gambar) maka akan mucul penjelasan cara input data Formulir Realisasi. Setelah kotak Formulir Realisasi di isi selanjutnya klik simpan.
  6. Setelah selesai mengisi Formulir realisasi selanjutnya masuk ke Formulir Evaluasi
  7. Proses awal isi sama dng no 5… … pilih / klik terlebih dahulu tulisan Help (Lihat Lingkaran merah pada Gambar).. Jenis komponen barang yg dibeli yang akan diinputkan harus sama dengan data yg ada dalam Buku Kas dan RAKS serta ada bukti fisiknya …
  8. Untuk menu Laporan baik realisasi & Evaluasi tdk ada hal yang perlu diisi …Selamat Mencoba….
Demikian Semoga Bermanfaat. Terimakasih 
 

Kamis, 18 Agustus 2016

Aplikasi PMP Pemetaan Mutu Pendidikan Untuk Sekolah

Aplikasi Pemetaan Mutu Pendidiikan (PMP) Ditjen Dikdasmen Kemdikbud

Pemetaan Mutu Pendidikan
Pemetaan mutu pendidikan (PMP) dari aplikasi yang telah dirilis kemdikbud ini salah satu yang terintegrasi dengan dapodik yang rilis ini merupakan bagian yang terintegrasi dengan dapodik meski demikian Aplikasi PMP ini memiliki peran yang berbeda.  Aplikasi PMP Versi Baru adalah sistem yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (yang selanjutnya disebut Kemendikbud) untuk pengambilan data mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia.
Aplikasi PMP ini berisi beberapa kuestioner, yang nanti nya akan diisi oleh seluruh stake holder yang terkait disekolah dalam pertanyaan-pertanyaan yang dimaksud dalam aplikasi. hingga selesai lakukan verifikasi dan kirim data
Kemendikbud menghormati semua undang-undang hak cipta dan ketentuan yang berlaku untuk pembuatan, pengembangan serta distribusi dan perangkat lunak. Kemendikbud memberikan hak kepada pengguna perangkat lunak dalam hal ini Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan dan Sekolah Menengah Luar Biasa, Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota untuk menggunakan dan menyebarkan perangkat lunak ini di wilayahnya untuk kepentingan pendataan Pendidikan. Dilarang keras memanfaatkan perangkat lunak ini untuk keperluan komersial. Penggunaan perangkat lunak ini dilindungi undang-undang.
Aplikasi PMP ini bisa diunduh pada laman resmi dapodikdasmen kemdikbud atau jika mau cepat silahkan unduh di link kami bawah ini.
 
1. Cara Download dan Install Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Versi 1.2 di Laptop
Langkah 1: Sama seperti aplikasi dapodik, agar bisa menggunakan aplikasi PMP ini, rekan-rekan operator terlebih dahulu harus mengunduhnya melalui halaman download Installer Aplikasi PMP di web dapodikdamen. Caranya masuk laman unduh di link berikut: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan, atau langsung KLIK DISINI pilih menu "Aplikasi PMP", berikutnya klik tombol hijau "Download Installer", bila diarahkan ke laman media fire, klik tombol "download 50.5 mb.
Langkah 2: setelah download aplikasi PMP selesai, agar proses intallasi aplikasi berjalan lancar. admin sarankan matikan terlebih dahulu anti virus yang aktif dan juga menonaktifkan windows firewall. Berikutnya Untuk cara install aplikasi PMP di laptop, klik 2 kali ikon pmp 1.2 exe, lalu klik tombol run.


Langkah 3: selanjutnya akan muncul menu instalasi pmp, klik tombol "lanjut". berikutnya pilih "saya setuju", di pilihan lokasi penyimpanan biarkan di folder C:\program Files (x86)PMP. Setelah mengklik tombol lanjut, klik tombol "pasang" tunggu sampai proses pemasangan aplikasi selesai. sampai muncul halaman login aplikasi seperti penampakkan gambar dibawah


2. Mengenal Menu-Menu Aplikasi PMP Versi 1.2
Pada langkah ini, akan admin tambahkan juga cara login atau masuk ke aplikasi PMP. pertama buka aplikasi dapodik versi 2016 yang telah diupdate ke 2016a. login menggunakan akun dapodik sekolah anda. kemudian pada aplikasi pmp, akan otomatis terdeteksi username dapodik, klik tombol "masuk Aplikasi" dan akan menuju halaman utama beranda atau menu-menu aplikasi PMP versi 1.2 seperti penampakkan gambar dibawah
berikut penjelasan singkat menu-menu pada aplikasi PMP versi 1.2 yang terintegrasi dapodik 2016 seperti penampakkan pada gambar diatas.
1. Kuesioner
Pada menu kesioner terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang harus diisi oleh yang bersangkutan dalam artian sesuai dengan intrumen PMP 2016 yang nanti akan admin bagikan dan bisa bapak ibu downwload disini. Berikut 6 kuesioner yang harus diisi pada aplikasi PMP ini:
  • Hasil belajar: Pada kuesioner ini ada 41 pertanyaan yang harus dijawab, dimulai dari pertanyaan model A1 sampai A9 yang berbeda-beda soalnya. caranya menjawabnya cukup klik salah satu jawaban (misal: Sering). Nah setiap selesai menjawab, agar hasil tersimpan operator atau yang mengisi harus mengklik tombol "Simpan jawaban" dan dilanjutkan dengan mengklik tombol "Pertanyaan selanjutnya" seperti penampakkan gambar dibawah

  • Isi Pendidikan: Pada kuesioner ini ada 26 pertanyaan yang harus dijawab, dimulai dari pertanyaan model B1 sampai B9 yang berbeda-beda soalnya contoh: Perangkat kurikulum yang dimiliki (B1), Sosialisasi perangkat kurikulum (B2) ketersedian muatan nasional/lokal dll. caranya menjawabnya cukup klik salah satu jawaban (misal: Sering). Nah setiap selesai menjawab, agar hasil tersimpan operator atau yang mengisi harus mengklik tombol "Simpan jawaban" dan dilanjutkan dengan mengklik tombol "Pertanyaan selanjutnya" seperti penampakkan gambar dibawah

  • Proses Pembelajaran: Pada kuesioner ini dimulai dari pertanyaan model C1 sampai C19 yang berbeda-beda soalnya. contoh: Pembuatan RPP oleh guru, kualitas dokumen pemetaan KI dan KD, kegiatan pembelajara. caranya menjawabnya cukup klik salah satu jawaban (misal: Sering). Nah setiap selesai menjawab, agar hasil tersimpan operator atau yang mengisi harus mengklik tombol "Simpan jawaban" dan dilanjutkan dengan mengklik tombol "Pertanyaan selanjutnya" seperti penampakkan gambar dibawah

  • Penilaian Pembelajaran: Pada kuesioner ini dimulai dari pertanyaan model D1 sampai D6 soal yang dijawab berhubungan dengan teknik penilaian dan sangat disarankan guru yang menjawabnya. cara menjawabnya cukup klik salah satu jawaban (misal: Dasar penilaian). Nah setiap selesai menjawab, agar hasil tersimpan operator atau yang mengisi harus mengklik tombol "Simpan jawaban" dan dilanjutkan dengan mengklik tombol "Pertanyaan selanjutnya" seperti penampakkan gambar dibawah

  • Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan: Pada kuesioner ini hanya ada model pertanyaan E1 (11 Pertanyaan) berhubungan dengan Pelatihan dan pengembangan yang sering diikuti oleh PTK cara menjawabnya cukup klik salah satu jawaban (misal: Jarang). Nah setiap selesai menjawab, agar hasil tersimpan operator atau yang mengisi harus mengklik tombol "Simpan jawaban" dan dilanjutkan dengan mengklik tombol "Pertanyaan selanjutnya" seperti penampakkan gambar dibawah

  • Pengelolaan Pendidikan: Pada kuesioner ini terdiri dari pertanyaan model F1 sampai F19 berhubungan dengan Pengelolaan Pendidikan misalnya penyusunan perencanaan sekolah yang meliputi tersedianya RKS, Visi misi, RKAS, kalender pendidikan, dokumen KTSP dan lainnya. cara menjawabnya cukup klik salah satu jawaban (misal: Jarang). Nah setiap selesai menjawab, agar hasil tersimpan operator atau yang mengisi harus mengklik tombol "Simpan jawaban" dan dilanjutkan dengan mengklik tombol "Pertanyaan selanjutnya" seperti penampakkan gambar dibawah


Untuk mempermudah pengisian kuesioner diatas admin sarankan mencetak terlebih dahulu Instrumen PMP tahun 2016 dan diserahkan kepada kepala sekolah. Jika membutuhkan silahkan download melalui link berikut yang admin sematkan dibawah
INSTRUMEN Penjaminan MUTU PENDIDIKAN (PMP) 2016.RAR - DONWNLOAD

2. Istrumen kurikulum
Pada aplikasi PMP terdapat menu instrumen kurikulum yang harus diisi. menurut admin pengisiannya sangat mudah karena yang harus diisikan adalah Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setiap mata pelajaran dan kelas. Untuk pengisian ini silahkan tanyakan langsung kepada wakil bidang kurikulum. cara pengisiannya klik nilai KKM, kemudian isikan, lalu klik tombol "simpan" . Jika ada mapel yang tidak tampil pada isian KKM, artinya belum di inputkan jjm di tabel pembelajaran dapodik anda. seperti penampakkan gambar dibawah

3. Verifikasi dan Kirim Data
Setelah semua menu pada APlikasi PMP terisi, berikutnya silahkan lakukan pengiriman data dengan cara klik menu "verifikasi dan kirim data" lalu klik tombol kirim data, namun sebelum mengirim data pastikan anda sudah melakukan verifikasi pada menu verifikasi kepala skeolah, PTK dan Peserta didik seperti penmapakkan gambar dibawah


3. Panduan Pengisian Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Ditjen Dikdasmen
Sahabat operator sekolah, untuk panduan pengisian lengkap aplikasi PMP resmi dari Ditjen Dikdasmen saat ini belum tersedia. Mungkin tidak lama lagi bisa di download melalui web unduhan dapodikdasmen. namun untuk panduan singkatnya silahkan unduh disini
Demikian info terkait Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Versi 1.2 Ditjen Dikdasmen Kemdikbud Tahun 2016/2017. Semoga bermanfaat
 

Cara Verval NISN Peserta Didik Tahun 2016 di Web Verval Pd

Verval Pd merupakan kepanjangan dari Verifikasi dan Validasi Peserta Didik. Apa yang harus di verifikasi dari Peserta didik? Jawabannya adalah data peserta didik. Jadi Verval pd ini dilakukan untuk memvalidkan data siswa yang terdiri dari Nama, Tempat Tanggal lahir, NISN, Nama orangtua dan juga digunakan sebagai sarana dalam penerbitan NISN. Jika data NISN telah divalidasi melalui web Vervalpd PDSPK, maka data NISN dinyatakan valid dengan bukti bahwa ketika di cek di web NISN data akan muncul sesuai dengan dapodik. 
Dapodik hubungannya sangat erat dengan vervalpd. mengapa? karena dari data Peserta didik yang di entri operator ke dalam aplikasi dapodik inilah yang diambil untuk mem-verifikasi dan validasi data peserta didik. Jadi, bila data di dapodik salah, maka di vervalpd datanya dipastikan juga salah. Walaupun demikian, pihak PDSPK telah menyediakan fasilitas perbaikan Data Peserta didik. misal pada data pd terdapat NISN ganda, nah di web verval pd kemdikbud ini bisa diperbaiki oleh operator sekolah (akan kita bahas nanti).
gambar panduan Verval PD tahun 2016
DOWNLOAD PANDUAN LENGKAP VERVAL PD TAHUN 2016.PDF - KLIK DISINI
Secara ringkas, web vervalpd terdiri dari menu-menu yang digunakan untuk memfasilitasi dalam memvalidkan data peserta didik. Menu yang dimaksud seperti menu referensi, menu residu, edit data dan di tahun 2016 ini admin PDSPK menambah menu Belum memiliki NISN. Untuk penjelasan secara detil mengenai cara verval pd melalui web PDSPK tersebut nanti akan admin bahas secara lengkap dipostingan ini.
Pada postingan sebelumnya admin telah mempublikasikan mengenai kebijakan Pengelolaan Data Peserta Didik. Dasarnya adalah Surat Edaran Nomor 31966/A/LL/2016 tanggal 27 Juni 2016 dari Pusat Data dan Statistik pendidikan dan kebudayaan (PDSP). nah postingan yang kita bahas berikut merupakan kelanjutannya.

Panduan Verval Data Peserta Didik (PD) Tahun 2016

1. Bagaimana Mekanisme Pengelolaan NISN
seperti tadi yang telah admin jelaskan, sebenarnya pengelolaan NISN hanya ada 2 tahapan, pertama opertor dapodik mengentri data peserta didikm (PD) lalu melakukan sinkronisasi, dan kedua data masuk ke web PDSPK beralamat http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ dan dilanjutkan dengan proses vervalpd. Untuk lebih jelasnya lihat penampakkan gambar dibawah
gambar Cara Verval NISN Peserta Didik Dapodik Versi 2016 di Web Verval Pd
berikut keterangan gambar vervalpd diatas
  • *Sistem akan membuatkan NISN baru secara otomatis untuk siswa baru, pengajuan NISN siswa maksimal hingga akhir bulan September per tahun ajaran.
  • ** Siswa dengan status “belum memiliki NISN” akan menunggu proses pembuatan NISN baru di tahun ajaran berikutnya.
  • *** Pengajuan NISN dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota/ Kabupaten atas permintaan sekolah melalui aplikasi VervalPD.
  • ----> Pengajuan dilakukan berjenjang mulai dari Sekolah, Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten, hingga ke PDSPK. Kewenangan
2. Kewenangan Pengelolaan Referensi Data Peserta Didik 2016
  • Operator Sekolah:
    Melakukan Verifikasi dan Validasi Data
    Melakukan pengajuan perubahan NISN
    Melakukan pengajuan perubahan identitas (Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Nama Ibu Kandung
    Melakukan pengajuan NISN untuk siswa mutasi
  • Operator Kab/kota:
    Monitoring Verifikasi dan Validasi Data oleh Operator Sekolah terkait data Referensi dan Residu sekolah
    Melakukan approval terhadap pengajuan perubahan identitas yang dikirim oleh sekolah terkait
    Melakukan pengajuan NISN
    Melakukan pengajuan NISN atas permintaan sekolah
  • Operator PDSPK:
    Monitoring Verifikasi dan Validasi Data oleh Operator Sekolah terkait data Referensi dan Residu sekolah di seluruh wilayah Indonesia
    Melakukan approval terhadap pengajuan perubahan NISN yang dikirim oleh sekolah
    Melakukan approval terhadap pengajuan perubahan identitas yang dikirim oleh sekolah
    Melakukan approval permintaan NISN dari dinas pendidikan
4. Antarmuka Aplikasi Vervalpd Tingkat Sekolah
Pada tahap ini operator sekolah harus login menggunakan username dan password yang terdaftar di web pdspk. Nah untuk sekedar mengingatkan agar rekan-rekan segera mengupoad SK penugasan Operator sekolah di web sdm kemdikbud go.id sehingga bisa masuk ke sistem vervalpd. (Contoh SK operator dan Penugasan Bisa di download Disini)
gambar menu vervalpd tahun 2016
Pada tampilan menu vervalpd diatas akan kami jelaskan fungsi dari menu-menu seperti penampakkan gambar diatas
  1. Menu Referensi : menampilkan jumlah peserta didik yang masuk ke data referensi dan residu dalam bentuk diagram pie serta progress harian vervalpd yang dilakukan operator sekolah
  2. Menu Residu :menampilkan daftar peserta didik tingkat 7 atau 10 yang belum valid
  3. Menu Belum Memiliki NISN :menampilkan daftar peserta didik selain tingkat 7 atau 10 yang belum memiliki NISN
  4. Menu Edit Data :menampilkan fasilitas untuk pemintaan perubahan data NISN dan identitas
Ads By Google
5. Mekanisme Verifikasi dan Validasi – Menu Belum Memiliki NISN
gambar cara Verval pd menu belum memliki NISN
Menu diatas merupakan tampilan menu baru di verval pd bagi peserta didik yang belum memiliki NISN, keterangannya adalah sebagai berikut:
1. Belum Memiliki NISN (menunggu penomoran NISN di tahun ajaran berikutnya).
2. Mutasi (data siswa diisi dipertengahan tahun ajaran).

6. Proses Pengajuan NISN
Sahabat guru-id, Proses Pengajuan NISN Menggunakan Mekanisme Mutasi Siswa. Nah untuk lebih jelasnya berikut kami tuliskan.
  • OPERATOR SEKOLAH:
    Mengajukan NISN ke Dinas melalui fungsi Mutasi VervalPD
    Melampirkan dokumen Mengecek status pengajuan NISN
  • OPERATOR DINAS:
    Mengecek pengajuan NISN dari sekolah
    Mengecek dokumen
    Mengajukan NISN ke PDSPK melalui Menu Pengajuan NISN
  • P D S P K:
    Mengecek pengajuan NISN dari Dinas
    Verifikasi data siswa Mengecek dokumen yang dilampirkan
    Penomoran NISN
7. Aplikasi Vervalpd Tingkat Kabupaten/Kota
Pada menu aplikasi vervalpd Admin Dinas kabupaten/kota terdiri dari Sekolah, Approval Identitas, dan Pengajuan NISN seperti penampakkan jelas dibawah
gambar aplikasi verval pd Dinas
Keterangan menu aplikasi vervalpd dinas
  1. Menu Dashboard :menampilkan jumlah peserta didik yang masuk ke data referensi dan residu dalam bentuk diagram pie serta grafik data referensi maupun residu masing-masing kecamatan.
  2. Menu Sekolah :menampilkan daftar peserta didik per sekolah yang sudah dan belum memiliki NISN
  3. Menu Approval Identitas :menampilkan daftar permintaan perubahan identitas yang diajukan oleh ops
  4. Menu Pengajuan NISN :menampilkan fasilitas untuk mengajukan NISN oleh dinas maupun dari sekolah
8. Skema Approval Perubahan Identitas
Perlu diketahui bahwa perubahan identitas pada menu vervalpd di setujui oleh operator dinas. nah SKEMA APPROVAL PERUBAHAN yang kmai maksud meliputi IDENTITAS (NAMA, TEMPAT LAHIR, TANGGAL LAHIR, IBU KANDUNG, DAN JENIS KELAMIN)
gambar aplikasi verval pd dinas
Adapun keterangan gambar diatas adalah sebagai berikut:
KETERANGAN A. Permintaan perubahan identitas tingkat Kabupaten/Kota berupa permintaan perubahan ejaan nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin dan nama ibu kandung.
B. Permintaan perubahan identitas tingkat Pusat berupa permintaan perubahan identitas yang jauh berbeda dari data awal.
gambar approval perubahan identitas
gambar 4 aplikasi vervalpd NISN dinas
berikut keterangan lengkap gambar diatas
1. Variabel yang berwarna merah, adalah variabel yang diajukan perubahan oleh operator sekolah.
2. Cek NISN yang diajukan, NISN harus terdaftar atas nama siswa yang bersangkutan (jika ada indikasi mengambil NISN siswa lain, segera lakukan penolakan/reject).
3. Cek Attachment, dokumen pendukung harus sesuai dengan yang ditentukan, dan variabel yang diajukan perubahan harus tercantum di dokumen.
4. Jika semua hasil pengecekan telah sesuai, pilih Approve untuk menyetujui perubahan yang diajukan
5. Jika hasil pengecekan ditemukan ketidaksesuaian, pilih tolak/Reject dengan menyertakan alasan penolakan yang jelas
9.Approval Perubahan Identitas Oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kot
Perlu dikatahui pada Pengajuan Edit Data Identitas (Nama, Tempat & Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Nama Ibu Kandung) di web verval pd yang di TOLAK adalah sebagai berikut:
  1. . Dokumen terlampir tidak sesuai, misalnya
    a. Mengajukan perubahan identitas yang tidak sesuai dengan dokumen terlampir. Hal ini kemungkinan terjadi karena salah ketik atau salah melampirkan dokumen siswa;
    b. Mengajukan perubahan identitas karena alasan sakit atau perceraian yang tidak melampirkan dokumen lama dan dokumen baru;
    c. Mengajukan perubahan nama ibu kandung dengan melampirkan dokumen seperti Ijazah atau SKHUN yang tidak berisi informasi Nama Ibu Kandung;
  2. Dokumen terlampir tidak terbaca.
  3. Dokumen terlampir berupa fotocopy yang tidak dilegalisir oleh Kepsek.
  4. Dokumen terlampir berupa foto siswa, foto sekolah, dll.
10. Aplikasi Terkait Data Referensi Peserta Didik
gambar hasil Verval PD di web kemdikbud
berikut ini merupakan penjelasan dari paragraf pertama posting ini mengenai hasil dari verval pd yakni akan menjadi Arsip Data Peserta Didik di laman nisn.data.kemdikbud.go.id. Adapun di web tersebut publik dapat :
  • Melihat Siswa yang sudah memiliki NISN.
  • Siswa yang aktif atau yang sudah tidak aktif di sekolah.
  • Di akses oleh individu, tanpa login
Selain itu, pada laman Data Referensi Peserta Didik , pengguna dapat melihat Publikasi data siswa aktif yang memiliki NISN sesuai tahun ajaran yang sedang berjalan. dan yang paling penting untuk diketahui bersama adalah Pemanfaatan Referensi Data Peserta Didik akan digunakan untuk keperluan verval calon peserta UN, penerima BOS, NISN, PIP, dan Calon peserta Ujian SMPTN/SBMPTN/BIDIKMISI. Semoga dipahami
Demikian share tentang verval pd yakni Cara Verval NISN Peserta Didik Tahun 2016. Semoga bermanfaat dan mempermudah kita

Senin, 15 Agustus 2016

SOLUSI "PTK yang tidak muncul di Pembelajaran" pada Dapodik v.2016

berikut ini adalah sebuah Cara Mudah Atasi "PTK yang tidak muncul di Pembelajaran" pada Data pokok pendidikan (Dapodik) v.2016.

1. Silahkan ketik localhost:5774;
2. Silahkan login aplikasi dapodik dengan masukan user dan password;
3. Setelah berhasil login > pilih Tab Rombongan Belajar


4. Kemudian pilih Tombol Pembelajaran;
5. Selanjutnya lebarkan kolomnya, dan klik halaman 2 maka akan tampil.




Tambahan, pada aplikasi Dapodik v.2016 untuk Riwayat Pendidikan jenjang SD, SMP dan SMA yang tidak ada gelarnya, bisa dilebarkan juga kolomnya dan cari pilihan

NON GELAR

Demikian INFO OPS DAPODIK, terkait Cara Mudah Atasi "PTK yang tidak muncul di Pembelajaran" pada Dapodik v.2016

Tugas Tambahan Yang diakui Sesuai Permendikbud Nomor 17 Tahun 2016

jika anda masih bingung mengenai apa saja Tugas Tambahan Yang diakui Sesuai Permendikbud Nomor 17 Tahun 2016, maka pada posting kali ini admin blog guru-id akan membagikannya. Sebagaimana yang kita ketahui bersama dan berdasar info terbaru dari dirjen dikdasmen bahwa pada Aplikasi Dapodik 2016 telah disediakan menu/fitur untuk memfasilitasi penginputan atribut-atribut data PTK berserta data transaksionalnya menyangkut pembelajaran, tugas tambahan dan lain sebagainya. Menu dan fitur tersebut di desain dengan mengacu/mengikuti aturan yang berlaku, jadi aplikasi dapodik yang mengikuti aturan dan bukan yang membuat aturan. Untuk entitas data PTK khususnya menyangkut penghitungan/pengakuan jumlah jam mengajar (JJM), maka acuan yang digunakan adalah Permendikbud Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Dan Tambahan Penghasilan Bagi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah. Jangan lupa download juga permendikbud nomor 17 tahun 2016
Untuk lebih jelasnya berikut Tugas Tambahan Yang diakui Sesuai Permendikbud Nomor 17 Tahun 2016
gambar tugas tambahan diakui sesuai permendikbud no 17 tahun 2016
  1. Kepala Sekolah (18 jam/40 orang siswa binaan)
  2. Narasumber nasional/Instruktur Nasional/Tim Pengembang/Mentor untuk guru Wakil Kepala Sekolah (12 Jam/80 orang siswa binaan) dengan ketentuan:

    a. SD Tidak ada wakil kepala Sekolah
    b. SMP Minimal 1 orang, maksimal 3 orang
    c. SMA/SMK minimal 3 orang maksimal 4 orang
  3. Kepala perpustakaan untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK (12 jam)
  4. Kepala Laboratorium/Bengkel untuk jenjang SMP dan SMA/SMK (12 jam)
  5. Untuk SMP 1 orang Kepala Laboratorium
  6. Untuk SMA sejumlah Program Perminatan/Program Keahlian yang ada di sekolah
Catatan
Pengangkatan Kepala Perpustakaan dan Kepala Laboratorium/bengkel harus mengacu pada standar prasarana dan prasarana dan atas persetujuan Kepala DInas Pendidikan kabupaten/kota/propinsi
Demikian share Tugas Tambahan Yang diakui Sesuai Permendikbud Nomor 17 Tahun 2016. Semoga bermanfaat

Anda Boleh Mengkopi Paste Posting Kami, tapi kami mohon jangan keseluruhan apalagi menggunakan Xml (feed) karena akan menghancurkan blog ini, mohon kerjasama dan saling menghargai, silahkan tampilkan Link Sumber Dari: http://www.guru-id.com/2016/08/tugas-tambahan-yang-diakui-sesuai.html#ixzz4HQ3UXsMr

Kamis, 11 Agustus 2016

Cara Menaikkan dan Meluluskan Peserta Didik Dalam Dapodik 2016

Setelah selesai menginstal apliaksi Dapodik 2016, selanjutnya silahkan memulai pekerjaan anda. Yang pertama yang harus anda isi adalah data sekolah. Karena jika data sekolah masih kosong, nanti tidak akan bisa melakukan sinkronisasi. Jika data sekolah sudah selesai dikerjakan, maka silahkan selanjutnya untuk menaikan dan meluluskan peserta didik.

Mengapa harus menaikan dan meluluskan Peserta Didik terlebih dahulu? Karena data siswa yang kita luluskan (tingkat sekolah dasaar) dibutuhkan oleh operator sekolah SMP. Begitu juga untuk operator sekolah SMP, data siswa yang diluluskan dibutuhkan oleh operator sekolah SMA.

Langsung saja tidak usah panjang lebar langsung aja ke Cara Menaikkan dan Meluluskan Peserta Didik Dalam Dapodik 2016.

Pertama klik menu Rombongan Belajar yang ada di side bar kanan lihat gambar di bawah.


Cara Menaikkan dan Meluluskan Peserta Didik Dalam Dapodik 2016

Kemudian klin Menu Aksi (lihat gambar di atas yang di beri kotak merah), jika anda akan menaikan peserta didik silakan klik Kenaikan Kelas sehingga muncul seperti gambar di bawah.

Cara Menaikkan dan Meluluskan Peserta Didik Dalam Dapodik 2016

Silakan pilih kelas yang akan dinaikkan, kemudian klik Simpan dan Tutup sehingga pada data rombel akan muncul seperti gambar di bawah.

Cara Menaikkan dan Meluluskan Peserta Didik Dalam Dapodik 2016

Jika kelas 7 dinaikkan maka akan muncul kelas 8 dan seterusnya.
Itulah cara menaikan kelas pada dapodik 2016, sekarang kita lanjut ke cara meluluskan peserta didik pada dapodik 2016.

Silakan kembali klik Menu Aksi (lihat gambar di bawah), kemudian klik Luluskan PD Tingkat Akhir.

Cara Menaikkan dan Meluluskan Peserta Didik Dalam Dapodik 2016

Silakan isi tanggal kelulusan, sedangkan alasan kelulusan boleh anda kosongkan atau Lulus.

Cara Menaikkan dan Meluluskan Peserta Didik Dalam Dapodik 2016


Selanjutnya silakan klik Luluskan PD. Anda akan mendapatkan pemberitahuan berapa jumlah siswa yang sudah diluluskan dan otomatis akan masuk ke PD Keluar.

Itulah cara menaikan dan meluluskan peserta didik dalam dapodik 2016 yang bisa saya bagikan untuk anda. Jika sudah anda lakukan silakan sinronisasi agar peserta didik yang sudah diluluskan bisa ditarik oleh operator sekolah di tingkat selanjutnya, Semoga bermanfaat.

Kamis, 04 Agustus 2016

Syarat Untuk Entri PTK Baru di Dapodk 2016

 Syarat Untuk Entri PTK Baru di Dapodk 2016-Selamat berumpa kembali untuk guru operator sekolah dimanapun berada yang sedang sibuk-sibuknya entri data baru kedalam aplikasi dapodik 2016. Sudah berjalan satu menggu sejak rilisnya dapodik 2016 sebagai aplikasi pendataan satu untuk semua dari berbagai jenjang sekolah dari tingkat sekolah SD sampai sekolah SMK.
Kami di kesempatan ini ingin berbagi sedikit informasi untuk seluruh operator di setiap sekolah, yang mana informasi ini tentu ada beberapa bagian operator bertanya-tanya tentang cara menambahkan PTK baru di aplikasi 2016, Karena sesuai dengan buku panduan dapodik 2016, bahwa kolom PTK terkunci dan tidak bisa menambahkan PTK yang baru di setiap sekolah oleh operator sekolah. 
Seperti gambar dibawah ini, apa bila kita mengklik tab bagian PTK untuk Menambahkan PTK, Maka informasi Seperti gambar yang di tunjuk oleh anak panah warna merah.
Dapodik-2016
Informasi yang kami dapatkan dari lapangan bahwa untuk mengaktifkan atau memasukan data PTK baru pada aplikasi dapodik 2016 ada kewenangan di operator Kabupaten/Kota dengan mempersiapkan beberapa syarat untuk entri data PTK Baru.
Adapun yang menjadi syarat untuk mengaktifkan PTK baru bagi sekolah dan operator adalah sebagai berikut:
  • Lembar Biodata PTK sesuai dengan Dapodik
  • SK Kepala Sekolah
  • SK Yayasan (bila di sekolah Swasta)
  • SK Belajar Mengajar (SKBM)
Dari seraangkaian syarat-syarat di atas, memang di perlukan untuk mengaktifkan PTK baru di aplikasi dapodik 2016. Akan Tetapi setelah kami menemukan informasi dari diknas pendidikan kabupaten/kota,bahwa operator  (Pemda) tidak memiliki hak kuasa untuk menambahkan PTK baru di setiap sekolah SD/SMP/SMA/SMK.


Artinya operator Kabupaten/Kota tidak memiliki aplikasi khusus untuk menambahkan PTK baru tersebut, atau tidak adanya kode khusus pada aplikasi dapodik 2016 untuk menambahkan data PTK baru melalui operator diknas tersebut.

 Aplikasi Dapodik 2016
Lalu bagaimana untuk mengatasi hal seperti ini, informasi yang kami dapatkan dari sana, bahwa pada aplikasi dapodik 2016 sifatnya masih baru, sehingga ini memungkinkan masih membutuhkan waktu beberapa hari/beberapa bulan untuk di bukanya data entri PTK di dapodi 2016 tersebut.

Artinya di sini, untuk operator sekolah di seluruh jenjang apa bila ada PTK baru, dan ingin memasukkan datanya, harap bersabar dan menunggu kapan kolom PTK itu bisa dibuka. karena semua ini kewenangan dari operator pusat dari diknas juga masih menunggu untuk informasi selanjunya.

Demikianlah informasi ini, semoga dengan informasi singkat ini memberikan sedikit gambaran bagi kepala sekolah, operator sekolah, dan kami menginformasikan ini adalah sesuai apa yang kami temukan di lapangan diknas pendidkan kabupaten/kota. Namun Untuk lebih meyakinkan lagi tentang info lebih lajut silahkan cari informasi di tingkat kabupaten/kota setempat.

Form Dapodik2016 SD-SMP-SLB
Form Dapodik2016 SMA-SMK

Rabu, 03 Agustus 2016

MATERI RAKOR DAPODIKDASMEN TGL 8-12 AGUSTUS 2016 DINAS PENDIDIKAN KOTA SEMARANG

Era Baru Aplikasi Dapodik VERSI 2016

  Memasuki Tahun Pelajaran Baru 2016/2017 ini, Aplikasi Dapodik juga akan memasuki era baru, Aplikasi Dapodik 2016 adalah pengembangan dan penggabungan dari Aplikasi Dapodik SD/SMP/SLB dan Aplikasi Dapodik SMA/SMK, jadi Aplikasi Dapodik 2016 dapat digunakan untuk sekolah jenjang SD, SMP, SLB, SMA dan SMK. Secara teknis Aplikasi Dapodik 2016 juga mendapatkan pengembangan dan perubahan yang cukup banyak, baik dari sisi tampilan, pengembangan prosedur Registrasi maupun penambahan fitur dan atribut-atribut data baru lainnya.

1. Satu aplikasi untuk semua satuan pendidikan:
2. Tampil dengan wajah baru:
3. Registrasi online dan offline:
ü Registrasionline tidak memerlukan data prefill
ü Registrasioffline memerlukan data prefill
ü Gunakan username dan password yang terdaftar di server Dapodik (sama dengan saat unduh prefill)
4. Halaman generate prefill yang baru:
5. Kab/Kota bertanggung jawab atas pengguna dapodik:
Otoritas KKDATADIK Kab/Kota :
ü Registrasi data operator sekolah baru (username dan password)
ü Reset password aplikasi Dapodik (jika diperlukan)
ü Penonaktifan operator sekolah (jika diperlukan)
ü Reset koderegistrasi
6. Fungsi tambah PTK baru dinonaktifkan:
7. Foto profil pengguna dan sekolah:
8. Mari isi data pendukung Sekolah Aman:
9. Pembaruan menu sanitasi:
10. Pembaruan menu MoU Kerjasama untuk SMK:
11. Siapkan data peserta didik penerima KIP:
12. Status kondisi prasarana:
13. pembaruan validasi:


Langkah-langkah untuk melakukan deinstalasi aplikasi Dapodik adalah sebagai berikut:

1) Pilih menu Control Panel di Start Menu

control panel

2) Klik Programs, lalu klik Uninstall a program.

Uninstall program

3) Klik Dapodik versi 2016, lalu klik Uninstall seperti yang tampil pada gambar di bawah ini.

Deinstalasi Dapodik

4) Selanjutnya akan tampil jendela konfirmasi penghapusan aplikasi Dapodik. Klik “Yes”

Konfirmasi penghapusan aplikasi

5) Tunggu hingga proses pelepasan aplikasi Dapodik selesai.

Proses pelepasan aplikasi

6) Setelah berhasil deinstalasi, maka akan tampil jendela seperti gambar berikut.


Berhasil hapus aplikasi

7) Selanjutnya refresh-refres komputer,  dan jangan lupa di restart komputernya.



INSTALASI DAPODIK VERSI 2016
Panduan ini menggunakan aplikasi dapodik V.2016. Proses instalasi dengan status normal akan berlangsung cukup lama yaitu sekitar 15 menit. Selengkapnya ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  • Siapkan file installer yang sudah diunduh. Sebelum melakukan instalasi, sangat disarankan untuk menutup program lainnya.
File installer
  • Klik ganda file installer, jika muncul security warning, pilih “Yes” atau untuk komputer dengan sistem operasi windows dengan versi tertentu, klik “Run Anyway”.
  • Selanjutnya akan ditampilkan tampilan jendela aplikasi Dapodik, pilih “Lanjut”.
    Jendela instalasi Dapodik
  • Pada jendela perjanjian persetujuan, pilih “Saya Setuju” dan klik “Lanjut”.
    Perjanjian persetujuan
  • Selanjutnya pada jendela “Pilih lokasi tujuan” dan secara default otomatis akan mengarahkan lokasi instalasi di “C:\Program Files(x86)\Dapodik”. Pilih “Lanjut”.
    Lokasi tujuan instalasi aplikasi
  • Pilih folder Start Menu. Secara default, sistem akan otomatis mengisi “Dapodik”. Pilih “Lanjut”.
    Folder Start Menu aplikasi
  • Masuk ke jendela persiapan memasang aplikasi Dapodik, klik “Pasang” untuk memulai proses instalasi aplikasi.
    Jendela persiapan pemasangan aplikasi
  • Proses instalasi aplikasi Dapodik sedang berjalan. Tunggu hingga proses pemasangan ini selesai.
    Proses pemasangan aplikasi
  • Untuk mengakhiri proses pemasangan aplikasi Dapodik, klik “Selesai”.
    Mengakhiri pemasangan aplikasi
  • Setelah proses instalasi maka akan muncul ikon aplikasi Dapodik di halaman desktop. Klik ganda pada ikon untuk membuka aplikasi.

Demikian perlu diketahui kerjakan proses ini dengan seksama, apabila proses instalasi dapodikdasmen gagal, harap unistall dan install ulang aplikasinya. pastikan Size aplikasi yg rekan2 download itu kurang lebih 44,9 MB.. jika gagal downloadnya ya pasti instalasinya jga gagal. selamat mencoba.

Cara Registrasi Aplikasi Dapodikdasmen 2016

  Tahapan berikutnya setelah selesai melakukan instalasi yaitu melakukan registrasi aplikasi. Registrasi aplikasi ini harus dilakukan oleh operator setelah melakukan install baru/install ulang menggunakan file installer. Akan tetapi jika hanya melakukan proses upgrade versi yaitu installasi menggunakan file updater maka tidak diperlukan untuk registrasi aplikasi.
Pilihan registrasi secara online atau offline
Perbedaan registrasi pada aplikasi versi 2016 adalah pada fungsinya. Proses registrasi yang sebelumnya sebagai proses tambah data pengguna (operator sekolah) kini berubah fungsinya menjadi verifikasi data pengguna. Username dan password harus terdaftar sebelumnya di server Dapodik semester sebelumnya serta harus cocok dengan kode registrasi milik sekolah yang dulu didaftarkan pada aplikasi dapodikdasmen singkronisasi terakhir pada tahun 2015/2016.

Untuk Tambah data pengguna baru (operator sekolah) dapat dilakukan di KK-DATADIK Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Proses registrasi di aplikasi Dapodik versi 2016 dapat dilakukan secara onlline atau offline.

a. Registrasi secara online

Jika pengguna melakukan registrasi secara online, pengguna tidak perlu menggunakan file prefill. Cukup menginputkan data username, password dan kode registrasi yang tepat maka proses registrasi dapat dilakukan. Proses registrasi online kurang lebih berlangsung selama 5 menit jika koneksi internet lancar.
Proses registrasi online
Jika terdapat kesalahan data maka akan muncul peringatan data sekolah tidak ditemukan atau data pengguna salah. Pada proses registrasi yang berhasil maka akan muncul notifikasi Sinkronisasi selesai, kemudian diarahkan ke halaman login aplikasi.
Notifikasi registrasi online yang berhasil

b. Registrasi secara offline

Proses registasi secara offline, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan, yaitu:
  • Siapkan file prefill yang sudah berhasil diunduh .
  • Pastikan nama file prefill hasil unduhan tidak memiliki angka (1), (2), dst. Hal tersebut disebabkan oleh pengguna yang pernah mengunduh file prefill lebih dari satu kali dan disimpan di tempat/direktori yang sama.
File prefill
Pada gambar di atas, gambar dengan nomor 1 adalah contoh penulisan nama pada prefill yang salah karena terdapat angka (1), (2), dst. Sedangkan gambar dengan nomor 2 adalah contoh file prefill yang benar.
  • Selanjutnya, taruh file prefill di direktori C:\ dengan nama folder “prefill_dapodik”.
Folder prefill_dapodik di drive C:\
  • Setelah selesai, selanjutnya jalankan aplikasi Dapodik yang berada di Start Menu atau klik ganda ikon Dapodik yang ada di Desktop.
Ikon Dapodik di Desktop
  • Selain menjalankan aplikasi melalui short-cut di Desktop, pengguna juga dapat menjalankan aplikasi dengan cara memasukkan alamat localhost:5774 di address bar peramban web.
Alamat aplikasi dapodik
  • Tampilan registrasi akan muncul secara otomatis setelah melakukan instalasi aplikasi.
  • Isi lengkap form registrasi yang tertera di aplikasi Dapodik, lalu klik “Submit”
Proses registrasi offline
  • Setelah berhasil melakukan registrasi, akan ada peringatan “Proses sinkronisasi telah selesai”.
Proses registrasi online berhasil
  • Sila lakukan login menggunakan username dan password yang sudah berhasil diregistrasikan lalu klik “Masuk”.

  perlu diperhatikan jika  Tampilan aplikasi dapodikdasmen masih  4.1.1 atau versi lama Silahkan F5 (Refresh) Brower Anda. tampilan Dapodik 2016 Akan Muncul..
  

Sebelum Lanjut Pengisian Data, Yukk Kenali Terlebih Dahulu Tampilan dan Navigasi Aplikasi Dapodikdasmen 2016

  Aplikasi Dapodik Versi 2016 disajikan dengan tampilan yang baru dibandingkan dengan aplikasi generasi sebelumnya. Perbedaan paling mencolok ada pada posisi penempatan menu dan tema warna yang digunakan.
Tema warna latar belakang yang digunakan pada fitur registrasi, login, dan menu aplikasi menggunakan warna hitam. Pilihan warna ini tentunya membuat adanya pengalaman baru dalam menggunakan aplikasi yang pada aplikasi generasi sebelumnya memiliki latar belakang putih.


Tampilan menu login dan registrasi
Penempatan posisi menu pada Aplikasi Dapodik Versi 2016 disajikan secara vertikal di sisi kiri browser. Hal ini mendobrak kebiasaan penempatan posisi menu sebelumnya yang biasanya ditempatkan horizontal di sisi atas aplikasi.
Penempatan menu yang baru
Untuk tampilan halaman yang memuat data masih dipertahankan sama dengan aplikasi generasi sebelumnya agar pengguna masih familiar dengan pola penginputan data di aplikasi.
Tampilan halaman peserta didik dan sekolah
Yang menarik dari Aplikasi Dapodik versi 2016 ini adalah navigasi yang diterapkan. penempatan menu di versi baru ini adalah posisinya yang bisa dimunculkan dan disembunyikan, sehingga ketika pengguna membutuhkan space yang lebih luas untuk proses input data, menu aplikasi dapat disembunyikan.
Menu aplikasi dan tombol untuk menyembunyikan menu
Navigasi menampilkan dan sembunyikan menu terdapat juga di menu rekap data tugas tambahan di PTK dan data periodik sarana buku dan alat.
Menu navigasi data periodik sarana dan buku alat
Navigasi daftar tugas tambahan PTK
Untuk tab data rinci yang jumlahnya banyak, diberikan navigasi berupa dropdown agar memudahkan pengguna untuk memilih tab mana yang akan dituju.
Navigasi dropdown pilihan menu data rinci
Untuk halaman yang terdiri dari banyak data diberikan pilihan untuk mengatur berapa banyak jumlah data yang ada dalam 1 halaman.
Navigasi baris per halman
Bagi pengguna yang membutuhkan panduan dalam pengisian setiap menu pada aplikasi maka dapat mengakses menu bantuan yang ada di setiap menu aplikasi

Navigasi bantuan
Untuk kemudahan informasi, pengguna juga dapat menggunakan menu Berita yang ada di beranda. Pada jendela ini pengguna dapat melihat info dan berita terkini mengenai aplikasi Dapodik secara real-time.
Berita aplikasi Dapodik
Pengguna juga dapat menampilkan foto operator dan sekolah di beranda melalui menu profil pengguna. Namun foto tidak terkirim ke server pusat hanya tersimpan di lokal aplikasi saja.
Profil Pengguna