Video of Day

Senin, 28 September 2015

CARA BACKUP MANUAL DAPODIK PAUDNI

Back up adalah proses pengcopian data / file ke media penyimpan lain yang berguna apabila data aslinya rusak atau hilang dari media penyimpanan yang asli / pertama sehingga bila sewaktu - waktu data itu kita butuhkan maka kita masih punya data / file cadangan.
Manfaat dari Back Up Data Dapopaudni antara lain  :
1. Bila Laptop utama yg kita gunakan rusak maka kita bisa menggunakan laptop yg lain
2. Bila proses sinkron gagal dan kemungkinan data ilang kita masih punya data cadangan

Cara Backup Data Dapodikpaudni

1. Anda tekan tombol windows bersamaan dengan tombol R (W+R)
2. Setelah Anda menekan tombol windows bersamaan dengan tombol R selanjutnya akan muncul tab search. Pada kolom search tab tersebut anda ketikkan "services.msc" lalu klik OK

3. Setelah anda klik OK, maka selanjutnya akan muncul tab services, pilih view local service
Coba Anda cari file bertuliskan Dapopaudni.DB dan DapopaudniWebSrv kemudian klik, lalu hentikan aktivitas kedua file tersebut dengan mengklik tombol Stop. (klik kanan)
Dapopaudni.DB => klik stop
DapopaudniWebSrv => klik stop

4. Setelah Anda mengklik stop (menghentikan aktifitas) kedua file tersebut, Anda masuk ke sistem C => Program file => Dapopaudni. Lalu Anda Copy folder Dataweb dan Data base kemudian paste / simpan kedua folder itu ke flasdisk atau sistem D maupun E.

5. Untuk ini tahap Backup Anda sudah selesai.

Cara Restore Data di Dapopaudni

Setelah anda membackup data seperti cara diatas selanjutnya Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara mengembalikan data Dapopaudni yang sudah kita backup tersebut. Silahkan ikuti langkah-langkahnya

1. Klik tombol windows + R lalu pada kotak search ketikkan "services.msc". Kemudian matikan dua file DapopaudniDB dan DapopaudniWebSrv dengan mengklik tombol stop. (Lihat cara 1, 2 dan 3 dipembahasan Cara membackup dapopaudni diatas).

2. Setelah Anda menghentikan aktivitas dua file DapopaudniDB dan DapopaudniWebSrv, lalu anda buka kembali hasil backup dapopaudni anda (yaitu folder database dan dataweb di flasdiks) lalu pastekan kedua folder tersebut di Sistem C => Program file => Dapopaudni

3. Setelah Anda melakukan tahap 2 diatas, selanjutnya Anda jalankan kembali dua file DapopaudniDB dan DapopaudniWebSrv, caranya yaitu:
Klik tombol windows + R lalu pada kotak search ketikkan "services.msc", kemudian hidupkan dua file DapopaudniDB dan DapopaudniWebSrv dengan mengklik tombol "Star atau play atau tergantung masing-masing windows yang Anda gunakan. Intinya kedua file DapopaudniDB dan DapopaudniWebSrv itu dijalankan atau diaktifkan kembali.