Wednesday, April 29, 2015

Hubungan Data Dapodik Dan NIEP (Tugas Baru OPS)

Data Dapodik memang menjadi satu-satunya sumber acuan pendataan yang diambil oleh pihak kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) pada tahun 2015 ini. Oleh karenanya semakin valid data yang dikirim sekolah melalui aplikasi dapodikdas ke PDSP, maka data tersebut dirangkum menjadi kumpulan indikator-indikator pendidikan yang menggambarkan profil satuan pendidikan mulai dari PAUD, Dasar dan menengah.
Adapun Website yang bertugas mengumpulkan data-data seluruh satuan pendidikan tersebut dikenal dengan National Indicators for Education Planning (NIEP) yang dapat anda kunjungi langsung melalui alamat berikut : http://niep.data.kemdikbud.go.id/. Fungsi dari NIEP adalah untuk mengetahui Apakah data sudah mengalir dari server dapodik ke Data Warehouse "NIEP" dalam bentuk indikator dan variabe. (sumber :PDSP)
Untuk tahap sekarang website NIEP kemendikbud tersebut memang masih tahap pengembangan dan proses pengembangan data dari hasil pengelolaan Dapodik. Dalam hal ini data yang di update oleh operator sekolah melalui aplikasi dapodik akan mempengaruhi profil indikator pada satuan pendidikan di kabupaten/kota, provinsi dan Nasional secara otomatis.
Menurut saya kedepannya nanti pekerjaan kita sebagai operator sekolah akan bertambah dua. Yaitu verval proses pembelajaran dan cek data dapodik ke warehouse melalui NIEP. Lalu bagaimana dengan kita ? apakah sanggup dengan pekerjaan yang menurut saya memiliki tanggung jawab yang besar. Mungkin jawabannya kita kembalikan ke persepsi perindividu.
Untuk Rangkuman Penjelasan singkat tentang konfigurasi System NIEP dengan Dapodik silahkan lihat gambar di bawah
gambar konfigurasi system dapodik dan NIEP

Hubungan Data Dapodik Dan NIEP (Tugas Baru OPS) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as smg

Contact Us

Name

Email *

Message *