Manfaat Seni Kertas Origami Bagi Anak

Origami merupakan sebuah kertas lipat yang biasanya digunakan untuk mainan anak-anak yang kita tahu berasal dari negara Sakura, Jepang. Ukuran origami bermacam-macam ada yang kecil, ada yang 16×16 cm dan juga 20×20 cm. Tahukah anda ternyata origami ini bukan hanya sekedar kertas lipat biasa. Sebab origami ini memiliki beberapa manfaat bagi buah hati anda jika ia memainkannya. Manfaat tersebut antara lain:
1. Melatih ketekunan
Dalam Melipat sebuah kertas origami untuk menghasilkan sebuah karya yang indah, diperlukan ketekunan dalam mengerjakannya. Jika tidak tekun maka bisa-bisa menyerah sebelum terbentuk wujud yang diinginkan. Oleh karena itu origami ini sangat baik untuk anak dalam melatih ketekuannanya untuk mewujudkan apa yang ia inginkan.
2. Melatih ketelitian
Ketelitian sangat diperlukan. Karena ktingkat ketelitian akan menentukan kualitas bentuk origami yang dihasilkan. Jika anak sudah mampu memiliki ketelian dalam hal kecil seperti membuat origami, maka dapat dipastikan dalam mengerjakan apapun ia akan teliti.
3. Melatih anak untuk membuat karya seni
Origami bisa dibuat berbagai bentuk seperti, hewan, bunga, robot-robotan, dll. Dengan penciptaan berbagi bentuk ini melatih anak untuk membuat sebuah karya seni yang memang sesuai dengan keinginannya.
4. Melatih daya imajinasi
Jika anak diberikan kertas origami tanpa diberi tahu dia harus membuat apa maka otomatis ia harus menggunakan daya imajinasinya untuk menciptakan sesuatu. Nah ijka hal ini dilakukan berulang-ulang maka akan menstimulus anak untuk terus menggunakan daya imajinasinya.
5. Melatih kreatifitas
Untuk menciptakan sesuatu yang memiliki nilai keindahan tentu saja diperlukan sebuah kretifitas. Begitupula dengan origami, pembuatan berbagai karya dari origami akan melatih daya kretifitas anak.
6. Mengasah otak anak untuk berpikir
Meski pada origami biasanya sudah ada petunujuk untuk menciptakan berbagai bentuk tetapi tetap saja anak harus berpikir bagaimana cara melakukan petunjuk tersebut agar hasilnya sesuai dengan yang dicontohkan. Karena sering kali meski sudah ada petunjuknya tetapi untuk menciptakan apa yang sudah dicontohkan itu tidaklah mudah,. Otomatis kegiatan ini akan mengasah otak anak untuk berpikir.
7. Mengajarkan anak untuk membuat replika
Seperti telah disebutkan diatas origami ini bisa dibuat berbagai bentuk seperti hewan dan bunga.Hal ini baik bagi anak agar ia mampu membuat sebuah replika/ tiruan.
8. Mengajarkan anak untuk mengikuti arahan
Melalui petunjuk untuk membuat berbagai bentuk dalam origami anak diajarkan untuk mengikuti sebuah arahan agar bisa menghasilkan karya yang bagus.
9. Mengajarkan untuk membuat sesuatu secara sistematis
Petunjuk dalam membuat origami itu terdiri atas langkah-langkah yang disusun secara sistematis agar menghasilkan suatu bentuk tertentu. Dengan anak mebuat origami maka ia dilatih untuk membuat suatu karya secara sistematis dan ini baik untuknya dalam melatih agar melakukan sesutau secara berurutan tahap demi tahap.
10. Melatih daya ingat
Setelah seorang anak berhasil membuat sebuah bentuk dengan origami maka ia harus menggunakan daya ingatnya untuk menyimpan langkah-langkah dalam menciptkana bentuk tersebut guna bisa menciptakan bentuk itu lagi tanpa melihat kepada petunjuk. Hal ini berarti origami mampu melatih daya ingat siswa.
Nah itulah beberapa manfaat origami bagi anak, tertarikkah anda untuk menggunakan origami sebagai salah satu referensi mainan bagi anak anda? Selamat mencoba.

Manfaat Seni Kertas Origami Bagi Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as