Mengakses langsung database Aplikasi Dapodikdas 2013

Mengakses langsung database Aplikasi Dapodikdas 2013

Setelah pada kesempatan sebelumnya kita membahas Mengakses langsung database Aplikasi Pendataan Dikdas 2012 yang menggunakan database berbasis SQLite. Sekarang kita akan membahas versi berikutnya yaitu Dapodikdas 2013. Kali ini, Aplikasi Dapodikdas 2013 tidak menggunakan database berbasis SQLite, tapi menggunakan PostgreSQL. Sama seperti pada pembahasan sebelumnya, karena satu atau lain hal, kadang-kadang kita memerlukan aplikasi yang dapat mengakses database secara langsung. Mungkin kita perlu melakukan sedikit perubahan yang tidak bisa dilakukan langsung pada aplikasi karena akses yang dibatasi atau memang tidak disediakan fasilitasnya. Contohnya; tidak sengaja menghapus data siswa, guru, dsb dan ingin merestore-nya kembali.

Langkah-langkah di bawah ini akan memandu Anda untuk mengakses langsung database Aplikasi Dopodikdas 2013.
Catatan: Jangan menyalahgunakan fasilitas ini untuk keperluan yang menyalahi aturan atau untuk mengakali/memanipulasi prosedur standar Dapodikdas 2013. Gunakan cara ini secara bijak untuk keperluan darurat atau sebagai pengetahuan. Backup dulu database asli anda. Dan jangan lupa, segala resiko ditanggung pengemudi; yaitu anda sendiri :P

1. Pertama, yang kita perlukan adalah software manajemen database PostgreSQL. Kita bisa menggunakan PGAdmin3. Silakan download filenya di sini. Dan pilih pgadmin3-1.18.1.zip

2. Install PGAdmin3 yang sudah anda download. Kemudian jalankan jika sudah selesai instal. Tampilannya tampak seperti ini:
3. Selanjutnya anda harus membuat PGAdmin terkoneksi dengan database Aplikasi Dapodikdas 2013 yang sudah diinstal pada PC/Laptop anda.

Klik "File >> Add Server" ; akan tampil window sebagai berikut:
Pada window "New Server Registration" ; masukkan setting sebagai berikut:
  • Name: pendataan
  • Host: localhost
  • Port: 5432
  • Service: (dikosongkan saja)
  • Maintenance DB: postgres
  • Username: postgres
  • Password: d4p0d1kd452013!
  • Store password: (ceklis/hilangkan untuk menyimpan password atau tidak)
  • Colour: (biarkan saja, tidak usah diberi pengaturan)
  • Group: Servers
Pengaturan di atas didapat dari file instalasi Dapodikdas sendiri, silakan buka file "config.php" pada folder C:\Program Files\Dapodikdas\dataweb\apps\app\  

Kemudian klik tombol "OK" ; selanjutnya akan muncul window seperti ini:
Klik pada tombol "OK".
4. Langkah selanjutnya adalah mengakses, tabel-tabel yang ada pada database Dapodikdas 2013.
Klik pada "Server Groups >> Server >> pendataan >>Databases >> pendataan >> Schemas >> Public >> Tables" ; lihat pada gambar di bawah ini:
5. Perhatikan toolbar 
Icon pada toolbar ini berfungsi menjalankan fitur-fitur utama pada PGAdmin3.
6. Pilih/klik pada salah satu nama tabel, dalam contoh ini menggunakan tabel peserta_didik.
Kemudian klik tombol "View data in selected object" dengan icon yang terlihat seperti pada gambar di samping. Akan tampil window di bawah ini:

Database Aplikasi Dapodikdas siap di eksplorasi. Jika ingin menerapkan setiap perubahan yang anda lakukan, jangan lupa menyimpannya melalui menu "File >> Save" pada window Edit Data tabel yang bersangkutan.


Mengakses langsung database Aplikasi Dapodikdas 2013 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as