Video of Day

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Selasa, 17 Juni 2014

LATIHAN SOAL CPNS DENGAN SISTEM CAT

Namun pada pelaksanaan tes CPNS ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun lalu untuk seleksi CPNS ini masih menggunakan cara manual yaitu setiap peserta seleksi di wajibkan menjawab pertanyaan dari lembar soal yang di bagikan oleh panitia, maka pada tahun ini mulai di berlakukan tes menggunakan sistem baru, yaitu menggunakan tes secara online dengan menggunakan sistem CAT. Apa itu sistem CAT yang pastinya bukan kucing ya. Sistem CAT adalah singkatan dari Computer Assisted Test yaitu tes untuk merekrut CPNS yang dilakukan secara online dengan menggunkan komputer. Jadi ujian tidak lagi memerlukan pensil 2B dan papan ujian seperti dalam sistem LJK, tetapi dibutuhkan peralatan komputer yang nantinya disediakan instansi yang mengadakan tes CPNS 2014
       Oke tanpa banyak basa basi lagi berikut ini saya akan berikan tutorial sederhana untuk latihan bagi teman-teman sebelum menghadapi ujian yang sesungguhnya. Sebelum memulai kegiatan ini sebaiknya teman-teman melakukan persiapan dan menyiapkan bahan-bahannya diantaranya :
1. Aplikasi Latihan Soal  CPNS, kalau belum punya bisa di download disini
2. Browser yang sudah terinstal flashplayer terbaru, terserah teman-teman mau pake yang mana, mau google chrome, Mozilla firefox dan lain sebagainya
Proses Instalasi:
1. Saya pastikan teman-teman sudah mendownload aplikasinya. Setelah download silahkan ekstrak file tersebut terserah dimana. Setelah di ekstrak maka teman-teman akan menemukan dua buah file, yang pertama file instalasi dan file password.


2. Setelah itu eksekusi file instalasi itu dengan mengklik dua kali file setelah itu masukkan password untuk melanjutkan proses instalasi. Agar lebih jelas mengenai proses instalasi aplikasi latihan soal CPNS ini,

 3. Setelah semua proses instalasi selesai, maka selanjutnya perhatikan di desktop anda, maka akan muncul icon soal latihan cpns ini. dan klik dua kali untuk membuka aplikasi ini, dan di sana anda akan melihat nama-nama soal yang anda bisa gunakan untuk latihan. Lihat gambar di bawah ini


Latihan Soal CPNS 2014 Menggunakan Sistem CAT

 
4. Kemudian pilihan saya serahkan kepada anda, mau kerjakan soal yang mana dulu itu terserah anda. Untuk mengerjakan soal-soal tersebut bisa melihat panduan gambar di bawah ini.

Latihan Soal CPNS 2014 Menggunakan Sistem CAT

   

Latihan Soal CPNS 2014 Menggunakan Sistem CAT
 
5. Jika anda sudah selesai menjawab soal-soal tersebut, maka anda juga bisa melihat hasil dari jawaban anda tersebut, dengan mengklik tombol di samping soal tersebut untuk mengetahui berapa jumlah jawaban anda yang benar dan berapa jumlah jawaban anda yang salah.

 

Oke itulah beberapa hal yang perlu saya sampaikan kepada anda semua, semoga bermanfaat dan pastinya ketika hari itu telah tiba kita bisa meraih kesuksesan semuanya, lulus dengan nilai dan hasil yang baik. Amin

Senin, 16 Juni 2014

Membuat Web Site Pembelajaran Menggunakan ExeLearning



ExeLearning adalah sebuah aplikasi gratis kode terbuka yang bisa digunakan membuat content web tanpa harus mengetahui bahasa pemgrograman HTML. Dari aplikasi eXeLearning bisa mengexport content yang dibuat menjadi paket konten IMS, SCROM1.2, dan tentu saja Web Site. Secara simple bisa di pahami bagi kita yang tidak mengetahui bagaimana membuat sebuat website pembelajaran, dengan aplikasi ini kita bisa membuatnya dengan mudah ditambah lagi aplikasi ini juga sudah menyediakan modul untuk membuat latihan soal.
Aplikasi eXelearning bisa di download secara gratis di http://exelearning.org/


  1. Menu And Toolbar, menyediakan menu-menu yang berlaku secara global
  2. Outline Pane and Title Nodes, Menu untuk manage struktur materi pelatihan seperti bab, sub bab, seksi dan seterusnya. Menanbahkan halaman, menghapus dan merubah nama.
  3. Tampilan struktur halaman.
  4. Untuk memindahkan section ke posisi atas atau bawah.
  5. Idevices, modul yang tersedia yang bisa di tambahkan kedalam halaman terdiri dari berbagai macam fungsi. Misalnya untuk membuat halaman yang bertujuan supaya siswa membaca gunakan Idevice Aktivitas Membaca, untuk membuat halaman latihan berganda gunakan Idevice pilihan ganda.
  6. Lembar kerja. Double klik pada Idevice maka akan di tampilkan pada lembar kerja.
Memulai Bekerja Dengan eXeLearning

Tampilan awal eXeLearning seperti diatas. Untuk memulai membuat, rubahlah nama standart basis menjadi judul sesuai yang diinginkan klik pada ubah nama

Ganti sesuai yang diinginkan, misalnya “home” kemudian klik ok

Setelah itu pilih Idevice (modul) yang diinginkan pada halaman ini, misalnya kita ingin memasukan halaman yang beri tiex dan gambar bebas, klik pada modul teks bebas pada Idevice

Muncul modul text bebas pada halaman. Masukan isi halaman

  1. Judul halaman
  2. Toolbal untuk memanipulasi text, memasukan gambar dan sebagainya. Tombol hampir sama dengan micorsoft word
  3. Isi dari halaman
  4. Menu untuk selesai mengedit (centang), batal mengedit dan menghapus (silang)
Setelah selesai mengedit klik pada tombol centang hijau (menu 4). Hasilnya seperti ini

Untuk mengedit halaman yang sudah kita buat klik pada tombol edit halaman pada sudut kiri bawah.
Langkah selanjutnya adalah membuat halaman-halaman untuk modul-modul yang lain. Klik pada tambahkan halaman, kemudian posisikan dibawah halaman utama atau di sub halaman. Kemudian rubah nama sesuaikan dengan isi. Sehingga terbentuk hirarki halaman.

Membuat Halaman Latihan

Buat halaman baru kemudian beri nama latihan, kemudian masukan Idevice (modul) latihan, misalnya pilihan ganda

  1. Pada pertanyaan masukan pertanyaan
  2. Beri petunjuk cara menjawab
  3. Opsi adalah pilihan jawaban, masukan pilihan jawaban, pilihan jawaban dimasukan satu persatu
  4. Umpan balik, isikan umpan balik dari opsi jawaban, misalnya oposi salah beri umpan balik “Jawaban salah”
  5. Option, beri centang pada option jika jawaban benar, klik tanda silang jika ingin menghapus opsi jawaban.
Klik pada tambhakan opsi untuk menambahkan opsi jawaban

Klik silang jika ingin menghapus pertanyaan.

Jika jawabn benar, beri centang pada option yang ada.

Klik pada tambahkan pertanyaan yang lain jika ingin menambahkan pertanyaan. Klik pada centang untuk selesai mengedit atau silang untuk menghapus modul.
Properti

Seperti halnya halaman sebuah web. Pasti ada gambar pada tampilan header. Di eXelearning untuk memasukan gambar klik pada property

Klik pada property – paket – muat gambar
Pilih gambar yang di inginkan kemudian klik open.
Mengekspor Menjadi Web Site

Setelah halaman-halaman sudah selesai kita buat dengan hirarki penyusunan halaman juga sudah kita tentukan. Klik pada file – Export – Web Iste – Self-contained Folde

Pilih lokasi folder, setelah itu klik ok

Hasilnya

Untuk melihat hasilnya, jalankan file index.

CEK IDENTITAS SESEORANG DARI NOMOR NIK


Untuk mengetahui / mengecek identitas seseorang dapat dilihat dari Nomor Induk Kependudukannya (NIK). Setiap orang di dunia memiliki Nomor Identitas / Single Identity Number / Personal Identity Number. Begitu pula di Indonesia, setiap warga negara wajib memiliki nomor identitas yang dinamakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera di dalam Kartu Keluarga dan KTP.
Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006, tentang administrasi kependudukan, Nomor Induk Kependudukan  (NIK)  adalah nomor identitas penduduk yang bersifat unik atau khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia dan berlaku seumur hidup dan selamanya. NIK ini ditentukan dan dikelola oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil dari Kementerian Dalam Negeri.
NIK terdiri dari 16 digit, dimana :
  • 6 digit pertama adalah informasi mengenai tempat dimana NIK diterbitkan (2 digit kode provinsi, 2 digit kode kota/kabupaten, dan 2 digit kode kecamatan).
  • 6 digit selanjutnya merupakan tanggal lahir dalam format : tanggal bulan tahun (untuk wanita tanggal ditambah 40).
  • 4 digit terakhir merupakan nomor urut registrasi (sesuai tanggal bulan tahun kelahiran yang sama dalam satu wilayah) yang dimulai dari 0001.
Contoh :
31 73 05 11 10 73 0015
Keterangan :
31 adalah kode propinsi : DKI Jakarta
73 adalah kode kabupaten / kota : Jakarta Barat
05 adalah kode kecamatan : Kebon Jeruk
11 adalah kode tanggal lahir : tanggal 11, (bila ia perempuan maka tanggalnya = 11 + 40 menjadi 51.)
10 adalah kode bulan lahir : bulan 10 / Oktober
73 adalah kode tahun lahir : tahun 1973
0015 adalah kode nomor urut registrasi : urutannya adalah: 15, yang berarti urutan ke 15 dari sekian banyak orang yang mempunyai tanggal kelahiran yang sama dalam satu wilayah kecamatan Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, Propinsi DKI Jakarta yang membuat KTP.
Untuk mengetahui kode Propinsi, Kabupaten / Kota dan Kecamatan tahun 2013 (Buku Induk Kode dan Data Wilayah Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan 2013) berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2013, tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan, silahkan download Buku Induk Kode dan Data Wilayah 2013 atau download dari link aslinya di sini.
Demikian sedikit info yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat…..

Minggu, 01 Juni 2014

Download Pacth Dapodikdas 208

Seperti Pacth dapodikdas 208.
dijelaskan sebelumnya tak ada fiture istimewa yang mendasar pada
Update aplikasi 2.0.8 hanya bagi yang akan mengupdate data.
Aplikasi, struktur dan referensi tidak ada perubahan. Versi ini akan berakhir di akhir bulan juli, seiring dengan tahun ajaran baru akan direlease aplikasi dapodik generasi ke 3.
Download Dapodikdas 208Bagi sekolah yang datanya sudah valid, tidak perlu mengupdate ke 2.0.8. Tunggu versi 3.0.0 saja di tahun ajaran baru.
 hal tersebut dikatakan admin pusat namun demikian jika ingin download pacth dapodikdas 208 karena sementara tak disediakan bundling instaler dapodikdas 208
silahkan klik link resmi berikut

Download Pacth Dapodikdas 208

atau disini