Video of Day

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Sabtu, 31 Mei 2014

Instalasi Aplikasi Dapodikmen

satu Instalasi Aplikasi Dapodikmen

Menindaklanjuti tulisan PIN PAS dan Kode regristrasi aplikasi DAPODIKMEN, maka yang coba tulis lagi persiapan apa saya yang harus dilakukan oleh operator sebelum melakukan proses instalasi, diantaranya :
1.     Siapkan Komputer/Laptop dengan resolusi layar minimal 1024×768. Disarankan untuk tidak menggunakan Netbook.
2.     Pastikan di komputer/laptop sudah terinstal web browser Firefox atau Chrome versi terbaru (tanpa plugin / tools tambahan)
3.     Download Aplikasi DAPODIKMEN yang direkomendasikan /terbaru. Aplikasi dapat di download di http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id
4.     Download prefill  untuk sekolah anda di http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill masukkan NPSN atau kode regristrasi
5.     Baca manual aplikasi  DAPODIKMEN.http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/web/laman/download dan klik dokumen, pilih dokumen yang  sesuai dengan jenjang, ada SMA, SMK dan SMLB
6.     Komputer yang menggunakan antivirus AVAST, Antivir, AVG Free sementara di disable dulu krn menyebabkan aplikasi tidak bisa berjalan sebagai mana yang harapkan.
7.     Setting Waktu Lokal / Komputer à pilih GMT+07.00 untuk WIB (disesuaikan dengan zona waktu masing masing)
8.     Setting regional  : Indonesia
9.     Pastikan sudah memiliki Kode Registrasi  sekolah.  Jika ada Staf dinas kabupaten/provinsi dan atau direktorat teknis i bisa belajar aplikasi ini  dengan kode regristrasi sekolah contoh.
SMA  : 2LJGG182DC
SMK  : 3M6BGB8UNL
SMLB : VFQPEGCQ6
Adapun Jika persiapan diatas sudah dilakukan, maka tahap berikutnya adalah proses intalasi aplikasi sebagai berikut
1.     Double klik file Aplikasi terbaru yang telah di Download (lakukan proses instalasi sampai selesai).  Langkah ini dilakukan jika computer belum sama sekali terinstall aplikasi Dapodikmen.
Catatan untuk operator :
a.       Bila operator merangkap sebagai operator DAPODIKDAS juga, maka solusinya dalam satu computer tidak direkomendasikan di install dua Aplikasi (DAPODIKDAS-DAPODIKMEN), namun bisa di siasati dengan menggunakan dualbooting dan atau menggunakan teknologi virtualisasi
b.      Jika sudah ada Aplikasi sebelumnya dan saat ini ada aplikasi terbaru, maka bukan installer yang di install, namun hanya patch nya saja yang di install. (pembahasan instalasi Patch akan dibahas tersendiri).
2.     Jika sudah selesai instlasi, maka folder C:prefill_dapodik sdh tersedia. Kemudian Copy file Prefill yang telah didownload dan letakkan dalam folder C:prefill_dapodik.
3.     Jalankan Aplikasi DAPODIKMEN di Dekstopatau langsung juga bisa jalankan langsung browser (Google Crome atau Mozilla) dan ketikkan di address bar :http://localhost:8090
4.     Tunggu sesaat lagi, maka akan muncul kotak dialog usename dan password. Mengingat pertama kali install, maka yang dilakukan adalah klik tombol REgristrasi dulu. Isikan Data Data yang tersedia, lebih lengkap lebih baik termasuk ada isian kode regristrasi.
5.     Jika Sudah berhasil regristrasi, maka operator siap untuk login dengan user dan password yang sudah didaftarkan.

Sabtu, 24 Mei 2014

SEKOLAH TAK PERLU LAGI KIRIM PROPOSAL DENGAN ADANYA DATABASED PLANNING

Saat ini Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan menengah mengembangkan aplikasi-aplikasi pemanfaatan Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas). Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk melakukan perencanaan pembangunan pendidikan baik di tingkat Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten/Kota. berita yang bersumber dari dikdas kemdikbud ini menjelaskan Hasil TOT Dapodikdas dan pemanfaatan yang multi fungsi pada peranannya.

Selain itu juga sedang dilakukan pembangunan aplikasi distribusi data dari server Pusat ke Provinsi. Kemudian akan dilanjutkan distribusi data dari Provinsi ke Kabupaten/Kota. Diharapkan, dengan begitu, pengelola Dapodikdas di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat memanfaatkan Dapodikdas dengan sebaik-baiknya.
“Bapak-Ibu sekalian minimal bisa membuat profil pendidikan di Kabupaten/Kota masing-masing. Syukur-syukur lebih dari itu,” kata Supriyatno, M.A, Kepala Sub Bagian Data dan Informasi Bagian Perencanaan dan Penganggaran Sekretariat Ditjen Dikdas, saat membuka Training of Trainer Pemanfaatan Sistem Pendataan Pendidikan Dasar angkatan V di Swiss-Belhotel Bandung, Jawa Barat, pada Kamis malam, 22 Mei 2014.

Dengan tersedianya data tiga entitas pendidikan yaitu peserta didik, satuan pendidikan, dan pendidik dan tenaga kependidikan, tambah Supriyatno, Pemerintah Daerah tak perlu lagi melakukan penjaringan data. Yang perlu terus dijaga adalah operator sekolah tetap memasukkan dan memperbarui data-data tersebut.

Sekolah Tak Perlu Lagi Kirim Proposal

Lebih lanjut Supriyatno mengatakan, kini Ditjen Dikdas sudah mulai meninggalkan proposal based planning dan beralih ke databased planning. Hal ini dilakukan lantaran proposal based planning hanya menguntungkan sekolah-sekolah yang rajin mengirim proposal. Sementara sekolah lain yang tidak mengirim proposal padahal membutuhkan bantuan tak pernah tersentuh.

“Dengan databased planning akan kelihatan sekolah mana yang membutuhkan guru, terjadi kelebihan guru, memerlukan ruang kelas baru dan perpustakaan,” ungkapnya.
ToT Pemanfaatan Sistem Pendataan Pendidikan Dasar angkatan V digelar pada 22-24 Mei 2014. Pesertanya berjumlah 103 orang. Mereka adalah petugas KK Datadik Kabupaten/Kota dari Provinsi Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Riau, Bali, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara. ToT kali ini merupakan angkatan terakhir dari serangkaian penyelenggaraan di Kota Bandung, Jawa Barat.

BATAS WAKTU PERBAIKAN DATA TPP 31 MEI 2014

Kenapa sertifikasi kok belum keluar, apa lagi syarat yang kurang ? Kenapa sekarang ini ribet untuk pencairan sertifikasi?
jika ada pertanyaan yang muncul seperti diatas ada baiknya kita simak artikel dibawah ini :
Persyaratan untuk Menerima Tunjangan Profesi Pendidikan Berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah No.74/2008 tentang Guru meliputi :
1. Guru mengajar sesuai sertifikat pendidik, 
2. Melaksanakan beban mengajar minimal 24 jam/minggu, 
3. Sebagai guru tetap di departemen, 
4. Mengajar pada satuan pendidikan sesuai rasio minimal, 
5. Usia maksimal 60 tahun, dan tidak terikat sebagai tenaga tetap di instansi lain.
Para guru yang sampai saat ini belum mendapatkan SK tunjangan profesi pendidik masih diberikan kesempatan menginput data secara daring (online) hingga 31 Mei 2014. Belum turunnya tunjangan tersebut disebabkan berbagai hal di antaranya karena data yang belum lengkap atau perlu perbaikan data.
Kepala Seksi Penyusunan Program Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kemdikbud, Tagor Alamsyah mengatakan “Memperbaikinya tidak sulit, tinggal kemauan guru. Kita tunggu sampai 31 Mei 2014,” Penjelasan ini disampaikan dalam acara Bedah Pengaduan Kemdikbud, di Hotel Harris, Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/5/2014) malam.
Tagor mengatakan, para guru dapat mengakses melalui salah satu laman berikut ini:
Kemudian guru memasukkan user id dan password untuk dapat menampilkan data individu guru berdasarkan DAPODIK (data pokok pendidikan).
“Setelah sekolah mengirimkan data online melalui aplikasi DAPODIK ke server pusat, maka guru dapat melihat status kebenaran data di Layanan INFO PTK yang berbasis website,” kata Tagor.
Guru kemudian dapat mengirimkan kembali hasil koreksi jika terdapat kesalahan. Hal ini hanya bisa dilakukan sebelum penerbitan SK tunjangan.
Tagor mencontohkan, beberapa data yang mungkin belum lengkap di antaranya adalah jenis PTK, pangkat golongan, masa kerja, gaji pokok, ijazah terakhir, sekolah induk, dan lain-lain.
bagi para guru yang belum mendapatkan SK tunjangan ada baiknya segera cek data PTK lewat link-link diatas, apabila ada data yang belum lengkap segera perbaiki data PTK kemudian langsung sinkron, karena limit waktu tinggal beberap hari lagi.

Kamis, 22 Mei 2014

Cara Instal Aplikasi Dapodikdas dan Dapodikmen di Dalam Satu Komputer

 bagi kawan-kawan saya yang menjadi peran dan fungsi sebagai operator sekolah di dua tempat yaitu operator Dapodikdas dan Operator Dapodikmen yang termasuk di dalam hal ini adalah saya sendiri yang bertugas sebagai operator dapodikdas dan operator dapodikmen. Semenjak berhasilnya program aplikasi Dapodikdas sebagai sistem pendataan untuk pendidikan dasar, maka pada periode kedua muncullah sebuah aplikasi pendataans sejenis yang diberi nama Dapodikmen, dari segi fitur dan tujuan penggunaan aplikasi ini nyaris sama dengan pendahulunya yaitu Dapodikdas, adapun perbedaan hanya tipis sekali. 
         Meskipun sama akan tetapi kedua aplikasi ini menurut tim pengembangnya tidak bisa di instal di tempat yang sama dengan alasan akan menimbulkan bentrok antara port.  jika sudah ada aplikasi menggunakan port yang sama. Sehingga dari pihak tim pengembang aplikasi dapodikmen tidak menganjurkan untuk menginstal aplikasi dapodikmen jika di komputer tersebut sudah terinstal aplikasi Dapodikdas. 
       Akan tetapi disini tim pengembang memberikan solusi agar tidak terjadi bentrok Port antara aplikasi Dapodikdas dan Aplikasi Dapodikmen maka kita bisa menggunakan 2 cara yaitu membuat duall booting atau menggunakan teknologi virtualisasi. Tapi sebelum kita memilih di antara keduanya, maka kita juga harus tahu apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing teknologi ini sehingga kita bisa tepat memilih mana yang terbaik. Berikut ini saya mencoba memberikan rangkuman dari berbagai sumber mengenai kelebihan dari duall booting dan virtualisasi. 
Dual-booting adalah teknik menginstal dua atau lebih OS pada satu komputer, di mana masing-masing OS terinstal dan berjalan secara mandiri, dan Anda hanya dapat menggunakan salah satu OS saja pada satu waktu. Anda harus memilih akan menggunakan OS yang mana pada saat menghidupkan komputer contohnya adalah Windows 8 dan Windows 7
Kelebihan
  •  Secara umum lebih cepat, karena masing-masing OS berjalan secara mandiri.
  •  Sumberdaya hardware pada komputer dapat dimanfaatkan dengan sepenuhnya oleh sang OS.
  •  Kedua OS dapat bertukar data dengan mudah, asalkan saling mendukung format sistem file pada harddisk.
  •  Ideal untuk penggunaan sehari-hari, yang membutuhkan performa penuh komputer.
Kekurangan
  •     Hanya dapat menjalankan salah satu OS saja pada satu waktu.
  •     Perlu me-restart komputer jika ingin berpindah dari satu OS ke OS yang lain.
  •   Prosedur instalasi dan konfigurasi untuk dual-booting cukup rumit dan beresiko tinggi     (kehilangan data), terutama pada saat partisi harddisk.
Sementara itu 
Virtual Box

Virtualisasi adalah menginstal dan menjalankan suatu OS di atas OS lain sebagai host, yaitu dengan menggunakan program berjenis mesin virtual (virtual machine). Contoh program aplikasi mesin virtual yang gratis adalah VirtualBox. Jadi dengan mesin virtual ini Anda dapat menjalankan suatu OS, katakanlah Linux pada OS lain, misalnya Windows. Dengan virtualisasi ini, maka Anda seolah-olah mempunyai sebuah komputer lain di dalam komputer Anda, dan Anda dapat menjalankan beberapa OS sekaligus dalam satu waktu.

Kelebihan
  • Dapat menjalankan beberapa OS sekaligus dalam satu waktu (asal spesifikasi komputer mencukupi).
  • Hanya perlu menjalankan program untuk menjalankan atau mengakhiri suatu OS, tidak perlu me-restart komputer.
  • Kerusakan pada OS yang divirtualisasikan tidak akan berpengaruh apapun pada OS yang menjadi host (yang menjalankannya).
  • Prosedur instalasi OS menjadi mudah, tanpa harus bingung dengan hal-hal teknis seperti partisi harddisk.
  • Ideal untuk sekedar mengetes suatu OS, atau sekedar menjalankan suatu program yang tidak dapat berjalan pada OS host (misalnya hendak menjalankan Microsoft Office atau CorelDRAW pada Linux).

Kekurangan
  • Secara umum lebih lambat, karena harus berbagi sumberdaya prosesor dan memori dengan OS host.
  • Tidak dapat menggunakan secara penuh hardware pada komputer, karena hardware yang digunakan oleh sang OS virtual pun sifatnya juga virtual (tidak memakai hardware komputer yang sesungguhnya).
  • Sharing file antara host dengan OS yang divirtualisasikan tidak dapat dilakukan secara langsung, perlu beberapa konfigurasi.
    Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan cara dual-booting dan virtualisasi. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan Anda, apakah Anda hendak menggunakan cara dual-boot atau virtualisasi. Jika ingin penggunaan penuh, gunakan dual-booting. Namun jika hanya digunakan sekali-kali atau hanya mengetes, lebih baik gunakan virtualisasi, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk kasus di atas saya pribadi menggunakan teknik dual booting untuk menjalankan aplikasi itu yaitu windows 8 Pro untuk Dapodikmen dan Windows 7 Ultimate untuk aplikasi Dapodikdas dan alhamdulillah tidak ada masalah yang di temui. Aplikasi dapat berjalan dengan baik dan yang terpenting saya tidak perlu repot-repot membawa dua buah laptop kemana-mana karena berat.