Cara setting Agar aplikasi Rapor SD yang sama dapat berjalan di komputer lain

Baru-baru ini kemdikbud telah resmi mengeluarkan aplikasi resmi Rapor Kemdikbud. Bagi anda yang belum mendapatkan aplikasi nya silahkan download aplikasi rapor SD kemdikbud.


Aplikasi rapor kemdikbud hanya dapat berjalan pada komputer yang ada atau telah terinstal aplikasi dapodik. Sedangkan laptop atau komputer yang sudah terinstalisasi aplikasi dapodik hanyalah milik operator sekolah (dengan kata lain hanya 1 laptop saja). Jadi kemungkinan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengisi aplikasi rapor yang terhubung dengan dapodik.


Dengan tips ini semoga anda dapat terbantu mengatasi masalah tersebut, caranya :

A. Yang harus anda lakukan di komputer/ laptop milik OPS (operator Sekolah) yang sudah diinstal aplikasi baik itu aplikasi dapodik maupun aplikasi rapor resmi kemdikbud.

1. Klik icon start menu > control panel > network and internet > network and sharing center > dan terakhir anda klik change adapter seting, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini :

2. Setelah anda klik change adapter setting, maka tampilan akan seperti ini :
3. Silahkan anda pilih local area connection > klik kanan kemudian pilih propertis. seperti gambar dibawah ini :
   Keterangan : jika anda menggunakan jaringan wiffi atau modem sebagai koneksi internet, caranya sama seperti diatas (pilih wireles network conection untuk wiffi dan nama modem untuk yang menggunakan modem)
 Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar ini :
4. Silahkan anda pilih internet protocol version 4 (TCP/IPv4) selanjutnya masukan IP komputer 2 (guru) atau komputer 3, 4 dan lainya. ingat yah untuk kolom subnet mask antara laptop OPS dengan Laptop guru harus didisi sama. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar ini :
5. Setting IP pada laptop OPS telah selesai.
6. Selanjutnya kita ke laptop guru.
B. Yang harus anda lakukan di komputer/ laptop milik guru (komputer lain) yang sudah diinstal aplikasi baik itu aplikasi dapodik maupun aplikasi rapor resmi kemdikbud.

1. Klik icon start menu > control panel > network and internet > network and sharing center > dan terakhir anda klik change adapter seting, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini :
2. Setelah anda klik change adapter setting, maka tampilan akan seperti ini :
3. Silahkan anda pilih local area connection > klik kanan kemudian pilih propertis. seperti gambar dibawah ini :
   Keterangan : jika anda menggunakan jaringan wiffi atau modem sebagai koneksi internet, caranya sama seperti diatas (pilih wireles network conection untuk wiffi dan nama modem untuk yang menggunakan modem)
 Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar ini :
4. Silahkan anda pilih internet protocol version 4 (TCP/IPv4) selanjutnya masukan IP komputer 1 (IP laptop milik OPS atau operator sekolah). ingat yah untuk kolom subnet mask antara laptop OPS dengan Laptop guru harus didisi sama. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar ini :
5. Setting IP pada laptop guru telah selesai.
6. Untuk laptop 3, 4, 5 dan seterusnya sama perlakuannya dengan komputer guru yang sudah admin jelaskan diatas.
Cek apakah komputer atau laptop tersebut sudah sinkron atau belum mnggunakan Command Prompt, caranya :
1. klik start menu > all program > accesorris > command prompt. untuk lebih jelasnya lihat gambar ini :
2. setelah anda klik icon command prompt, lakukan proses ping ...(IP address komputer atau laptop OPS lalu klik enter) seperti gambar di bawah ini :
Langkah selajutnya setelah laptop OPS dan laptop guru sudah sinkron, baik melalui jaringan LAN maupun wiffi. Bukalah aplikasi rapor SD resmi kemdikbud pada semua laptop yang telah disinkronkan (laptop guru maupun laptop OPS). caranya :
1. Buka aplikasi rapor resmi kemdikbud, seperti biasa
2. Setelah masuk pada halaman login masukanlah IP adress laptop OPS pada adress bar semua laptop guru. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini :
2. Selanjutnya login seperti biasa, masukanlah user dan pasword dengan NUPTK.
Sedikit tambahan dari teman kita Budi Seto :
komputer guru dimasukkan IP Operator, yang ditambahkan melalui tombol advanced. Setelah itu di komputer guru langsung diketik alamat seperti di komputer user http://localhost/rapor-sd/index.php
untuk lebih jelasnya perhatikan gambar :

Cara setting Agar aplikasi Rapor SD yang sama dapat berjalan di komputer lain Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as