Business

Senin, 16 Juni 2014

CEK IDENTITAS SESEORANG DARI NOMOR NIK


Untuk mengetahui / mengecek identitas seseorang dapat dilihat dari Nomor Induk Kependudukannya (NIK). Setiap orang di dunia memiliki Nomor Identitas / Single Identity Number / Personal Identity Number. Begitu pula di Indonesia, setiap warga negara wajib memiliki nomor identitas yang dinamakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera di dalam Kartu Keluarga dan KTP.
Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006, tentang administrasi kependudukan, Nomor Induk Kependudukan  (NIK)  adalah nomor identitas penduduk yang bersifat unik atau khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia dan berlaku seumur hidup dan selamanya. NIK ini ditentukan dan dikelola oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil dari Kementerian Dalam Negeri.
NIK terdiri dari 16 digit, dimana :
  • 6 digit pertama adalah informasi mengenai tempat dimana NIK diterbitkan (2 digit kode provinsi, 2 digit kode kota/kabupaten, dan 2 digit kode kecamatan).
  • 6 digit selanjutnya merupakan tanggal lahir dalam format : tanggal bulan tahun (untuk wanita tanggal ditambah 40).
  • 4 digit terakhir merupakan nomor urut registrasi (sesuai tanggal bulan tahun kelahiran yang sama dalam satu wilayah) yang dimulai dari 0001.
Contoh :
31 73 05 11 10 73 0015
Keterangan :
31 adalah kode propinsi : DKI Jakarta
73 adalah kode kabupaten / kota : Jakarta Barat
05 adalah kode kecamatan : Kebon Jeruk
11 adalah kode tanggal lahir : tanggal 11, (bila ia perempuan maka tanggalnya = 11 + 40 menjadi 51.)
10 adalah kode bulan lahir : bulan 10 / Oktober
73 adalah kode tahun lahir : tahun 1973
0015 adalah kode nomor urut registrasi : urutannya adalah: 15, yang berarti urutan ke 15 dari sekian banyak orang yang mempunyai tanggal kelahiran yang sama dalam satu wilayah kecamatan Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, Propinsi DKI Jakarta yang membuat KTP.
Untuk mengetahui kode Propinsi, Kabupaten / Kota dan Kecamatan tahun 2013 (Buku Induk Kode dan Data Wilayah Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan 2013) berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2013, tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan, silahkan download Buku Induk Kode dan Data Wilayah 2013 atau download dari link aslinya di sini.
Demikian sedikit info yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat…..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More