SOLUSI JIKA SUDAH TERLANJUR MENGINSTALL PATCH 2.07 VERSI TRIAL

Tanggal 31 Maret 2013 aplikasi dapodikdas 2013 versi 2.06 dinyatakan expired dan diganti dengan versi 2.07 yang rencananya dirilis per 1 April 2014. Saking semangatnya kemudian pihak pengembang pada tanggal 1 April 2014 merilis patch yang ternyata belum sempurna sesuai dengan yang dijanjikan bahwa tidak ada bugs dalam patch (tidak ada kasus data hilang setelah patch. Demikian juga para OPS yang sudah menunggu dengan antusias kelahiran bayi Patch 2.07, begitu dirilis berlomba-lomba mengunduh dan langsung melakukan patching bahkan tanpa memperhatikan prosedur yang sebenarnya.
Berbagai permasalahan kemudian muncul mulai dari data Nama dan Tanggal Lahir PTK serta PD yang tidak bisa diedit, BSD dan DH tidak bisa jalan, blank screen dan sebagainya. Sehingga pihak P2TK menarik kembali patch yang sudah dirilisnya untuk disempurnakan. 
Sampai saat postingan ini saya buat, pada web infopendataan dikdas masih ada pengumuman seperti ini :
http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/

BTW bagaimana solusinya jika sudah terlanjur menginstall Patch 2.07 yang sudah dirilis sebelumnya ? Untuk permasalahan ini Bp Obengs Bunhaw Karuhun Jampank  memberikan solusi yaitu mengembalikan versi aplikasi dapodikdas dari 2.07 ke 2.06. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Pastikan sudah punya backupan terbaru atau terupdate dari versi 206.
  2. Unsintall apllikasinya sampai bersih 
  3. Instal lagi aplikasi dapodikdas V 2.06 full installer
  4. Install lagi DapodikHelpernya
  5. Restorekan datanya
  6. Jika diperlukan intall lagi BSDnya

Karena pada Patch 2.07 Nama serta tanggal lahir PTK dan Peserta didik sudah dilock sehingga tidak bisa diedit maka jika mau edit dan fixkan data sebelum 207  untuk melakukan langkah-langkah berikut :
  1. Putuskan koneksi internet pada komputer PC / laptop.
  2. Log out dari aplikasi Dapodikdas 2013.
  3. Ubah pengaturan tanggal default pada komputer ke tanggal sebelum tanggal 206 expired (31 Maret), 3 Maret 2014 sedangkan untuk pengaturan jam biarkan jangan dirubah
  4. Login ke aplikasi kembali.
  5. Setelah berhasil edit data offline (tanpa terkoneksi dengan internet) sampai perbaikan data nama maupun tempat tanggal lahir dari PD / PTK selesai dilakukan.
  6. Setelah selesai ubah kembali tanggal yang telah dimundurkan tersebut ke tanggal sekarang (saat ini).
  7. Selesai, dan koneksi internet bisa dilakukan kembali.

Bahwa ketika mengatur mundur tanggal di leptop u/ mengaktifkan Patch 2.06... Di mohon JANGAN MELAKUKAN proses SINKRONISASI.... karena dikhawatirkankan akan terjadi kesimpangsiuran data sync....

Tujuan Pengaturan Mundur TANGGAL DI LEPTOP hanya digunakan untuk mem'FINAL'kan data-data yg akan mengalami PENGUNCIAN (Tidak Bisa di Edit) ketika LAPTOP'nya sudah terinstal Patch 2.07 dan melakukan Update Sync


Semoga bermanfaat...! 

SOLUSI JIKA SUDAH TERLANJUR MENGINSTALL PATCH 2.07 VERSI TRIAL Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as