MENGHAPUS VIRUS SHORTCUT



Pasti anda kesal sekali jika komputer anda terjangkit virus apalagi virus shortcut yang memiliki dampak yang buruk bagi sistem operasi dan data anda yang terdapat didalam media penyimpanan khususnya harddisk. Karena virus shortcut ini dapat memperbanyak atau cloning virus yang berlipat ganda dan juga membuat file yang bereksistensi .inf serta .db seperti autorun.inf dan thumb.db yang akan terdapat didalam folder drive anda.

Yang harus diketahui untuk ciri-ciri virus shortcut diantaranya terdapat file database.mdb di folder MyDocument, juga file wscript.exe di taskmanager dan file Microsoft.ink karena dapat menjebak bila diklik file tersebut. Namun bagi komputer /laptop anda sudah terinfeksi oleh virus shortcut tak perlu cemas dan khawatir ada solusi menghapus virus shortcut secara permanen, yang terdapat beberapa solusi yang anda bisa ikuti secara tepat.


Langsung saja kita berbagi bagaimana cara hapus virus shortcut yaitu :
1. Putus Koneksi, bila terhubung dengan sebuah jaringan komputer khususnya internet dan jaringan lokal komputer seperti WAN, LAN dan WLAN
2. Nonaktifkan segera System Restore, Klik Start -> klik kanan MyComputer -> pilih Properties -> lalu sorot ke tab System Restore -> Centang Turn Off System Restore on all drives -> Ditutup dengan OK -> Restart untuk menyimpan pengaturannya.



3. Masuk ke Safe Mode, dengan cara setelah POST / Deteksi perangkat komputer yang terdapat di BIOS tekan F8 dan pilih safe mode



4. Nonaktifkan autoplay, ada 2 cara yaitu Cara Menonaktifkan Autorun Windows dan unduh file shortcut repair.bat yang telah dibuat serta jika ingin melihat klik kode Dokumen Shortcut Repair. Login dahulu keakun Gmail.com untuk dapat mengakses file yang telah diupload.


5. Hapus File Induk dan tiruannya, biasanya file induk itu bertipe application (.exe) dan Screen Saver (.scr). Namun untuk file tiruan itu selalu bertipe shortcut (.ink), karena tugasnya hanya menduplikasi dan memperbanyak file.


6. Munculkan segera Folder yang terhidden, dengan cara klik start -> masuk My Computer -> lihat dan klik menu Tools -> Folder Options -> klik juga tab View dan Pilih show hidden files and folders -> klik OK




7. Cari File .ink, lalu hapus saja semua yang bereksistensi .ink .
8. Jika belum berhasil menampilkan file Hidden, gunakan antivirus dalam negeri yaitu Smadav dan terdapat menu untuk Unhidden file maupun folder. Tapi bisa juga melihat artikel sebelumnya mengenai mengembalikan file dan folder yang tersembunyi



Untuk pencegahan diusahakan untuk menggunakan antivirus yang selalu diperbarui sehingga dapat masuknya virus ke komputer anda. Sekian dahulu pembincangan tentang cara menghapus virus shortcut secara permanen, semoga mendapatkan manfaat dan saling membantu antarumat manusia sangat diperlukan.

MENGHAPUS VIRUS SHORTCUT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as