WEBSITE

Kali ini kita akan mengenal web.Apa sih web ? Kenapa harus belajar web ?? Kalau mungkin sebelumnya kita bahas mengenai apa itu css, mungkin teman teman sudah sedikit bosan dengan hal teknis seperti itu dan banyak web atau blog teman teman lain yang membahas hal teknis seperti itu, dan jauh lebih detail dari blog saya, jadi disini saya akan membahas dari sisi konseptual aja ya :D




Anggapan Web kalau orang awam seperti saya ini adalah halaman yang biasanya dibuka ketika anda terkoneksi internet dengan aplikasi mozilla ( baca:browser :D ) #orangawam
apa aja sih yang agan buka biasanya di internet :
a.google.com
b.facebook.com
c.twitter.com
d.kaskus.co.id
e.youtube.com
f. atau hehehe  XD

     Banyak hal yang kita bisa manfaatkan dari internet sendiri gan, bisa untuk media belajar media bermain (game online), cari duit dan banyak lah
Tapi kalau di pelajari lebih dalam kenapa sih ketika kita waktu terkoneksi internet bisa membuka halaman sebuah website, facebook misalnya.
     Ketika menuliskan sebuah status, dan teman kita bisa melihatnya ketika dia juga membuka halaman facebook dengan komputer yang terkoneksi internet pula dimanapun itu. #tanyakenapa ??
    ketika seseorang  (sebut saja bunga) mengupload sebuah foto dari rumah dia. ternyata si indra (teman bunga) bisa melihatnya juga dari rumahnya dengan membuka facebook bunga.Berarti ketika bunga upload foto, foto bunga dikirim kemana kok bisa indra melihat foto itu  ?? apa kekantor pos, atau kekantor kelurahan (loe kira bikin KTP) :D.

Nah Permasalahan seperti itu yang akan saya bahas dalam artikel kali ini, beberapa hal yang harus anda ketahui dalam dunia internet antara lain :


1. Domain




Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Nah lho panjang banget kan untuk pengertiannya, sengaja ane panjangin nyari di wikipedia, mungkin teman teman dapet tugas dari sekolah atau kampus agan tentang "APA ITU DOMAIN" bisa dicopas dah. kalau pengertian menurut  sih : domain itu sebuah kata depannya D dan akhirnya N #justkid haha
Domain itu adalah alamat unik dari sebauh server komputer, yang nanti digunakan untuk alamat untuk memanggil server tersebut atau sebuah web.

Kalau masih bingung gini nih.

Kalau didunia nyata :
Ketika anda mau kerumah teman anda (sebut saja bunga) pastinya anda harus tahu alamatnya, misal :
JL.buntu no.1

Kalau didunia online :
Ketika anda mau melihat blog bunga anda harus tahu domain dari blog bunga agar anda bisa melihat blog dia
misal :
www.sebutsajabunga.com

Nah jadi
DOMAIN == ALAMAT RUMAH


2. Hosting




Hosting itu gini gan, Bentar mikir dulu (garuk2 kepala)
.
.
.

.
.
 Didunia Nyata :
Kalau anda mau membangun rumah pastinya anda harus membeli tanahnya dulu, bener kagak ??? bikin rumah ayam aja butuh tanah gan haha, kalau dunia nyata yang namanya tanah pastinya ada ukurannya kan mungkin 20 x 20M dengan harga sekian


Dunia Online :
Kalau anda mau membuat sebuah website anda harus punya Hosting terlebih dahulu :D. seperti tadi diandaikan sebuah rumah butuh tanah kalau web butuh hosting untuk menempatkan file file dari website tersebut.
Kalau tanah punya ukuran dalam satuan meter, kalau si Hosting juga punya satuan MB tapi gan, dan hosting juga dijual dengan sistem sewa biasanya sewa dengan harga sewa pertahun.

Jadi :

HOSTING ( area untuk membangun web ) == Tanah ( area untuk membangung rumah )

WEBSITE Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as