UJIAN NASIONAL UDAH DEKAT

Kemendikbud saat ini telah menentukan kapan Ujian Nasional (UN) akan berlangsung. Pernyataan ini telah di sepakati oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh. Ujian Nasional akan diselengarakan dari Maret - Mei pada 2013 mendatang dari jenjang SD - SMA.

Di dalam UN pada 2013 nanti, akan ada perubahan yang telah di revisi pada UN 2012 yang lalu. Menteri menuturkan ada 4 Poin pelaksanaan UN yang baik dan jujur. Poin pertama, soal-soal dan kunci jawaban pada UN 2013 nanti dijamin keamanannya serta kerahasiaanya karena jika berkasnya sudah ketahuan, maka kredibilitas pada UN nanti akan berkurang bahkan hilang. Poin kedua, melingkupi pada ketepatan distribusi soal-soal UN yang harus tepat waktu diantar sampai ke sekolah-sekolah sesuai dengan jenjangnya selain itu menteri juga memperhatikan jumlah berkas soal dan lembar jawaban harus pas dan ketepatan bahan yang akan di ujikan.

Pada poin ketiga, ketika pelaksanaanya, UN harus berjalan dengan lancar karena jika semua soal UN sudah dibagikan namun ternyata ada yang salah kode, maka hal tersebut memakan waktu siswa yang akan mengikuti UN sehingga kekurangan waktu untuk mengerjakan soal dan akibatnya siswa tidak selesai mengikuti ujian padahal batas waktu untuk mengerjakan harus 2 jam saja.

Pada poin terakhir, hal ini berkenaan dengan nilai raport siswa. Menteri berharap pada sekolah agar guru-guru dalam memberikan nilai pada siswa adalah hasil kemampuan dari siswa tersebut bukan dilihat dari segi apapun. Menteri juga menambahkan nilai raport pada siswa untuk tidak di cekungkan atau di cembungkan dengan realistisnya.

Menteri juga mengatakan bahwa UN bukanlah hal yang mutlak untuk menentukan kelulusan. Kelulusan itu sebenarnya ditentukan dengan satuan pendidikan yang meliputi ketuntasan kegiatan belajar-mengajar, sikap siswa itu sendiri dan tentu saja Ujian Nasional. Jadi bukan hanya UN saja namun 2 hal itu bersama dengan UN lah yang menentukan kelulusan.

Untuk rencana soal pada UN nanti diperkirakan akan lebih ketat dari sebelumnya. Ketika UN tahun 2012 dengan 5 kode soal yang berbeda, namun soal UN tetap sama walaupun di acak. Untuk UN 2013 ini, pemerintah akan membuat 20 tipe soal yang sama sekali berbeda dari tiap kode dari A - T. Rencana ini dibuat pemerintah agar siswa mampu menyerap semua kompetensi dasar yang di ujikan nanti sehingga siswa tidak ada kesempatan untuk membuka kunci jawaban apalagi menyontek. Sungguh tantangan berat untuk UN 2013 ini.

Berikut Perkiraan jadwal tryout UN - Ujian Nasional yang diselenggarakan Maret- Mei 2013 mendatang dari berbagai jenjang SD - SMA:

1. Tryout UN 1 untuk jenjang SD diadakan pada tanggal: 21 - 23 Maret 2013

Tryout UN 2 untuk jenjang SD diadakan pada tanggal : 15 - 17 April 2013

UN utama untuk jenjang SD diadakan pada tanggal: 13 - 15 Mei 2013

UN susulan untuk jenjang SD diadakan pada tanggal : 20 - 22 Mei 2013

2. Tryout UN 1 untuk jenjang SMP diadakan pada tanggal: 21 - 23 Februari 2013

Tryout UN 2 untuk jenjang SMP diadakan pada tanggal : 18 - 20 Maret 2013

UN utama untuk jenjang SMP diadakan pada tanggal: 06 - 10 Mei 2013

UN susulan untuk jenjang SMP diadakan pada tanggal: 13 - 16 Mei 2013

3. Tryout UN 1 untuk jenjang SMK diadakan pada tanggal : 21 - 23 Februari 2013

Tryout UN 2 untuk jenjang SMK diadakan pada tanggal: 18 - 20 Maret 2013

Tryout UN 1 untuk jenjang SMA diadakan pada tanggal : 25 - 27 Februari 2013

Tryout UN 2 untuk jenjang SMA diadakan pada tanggal: 20 - 23 Maret 2013

UN utama untuk jenjang SMA /SMK diadakan pada tanggal: 30 April s/d 4 Mei 2013

UN susulan untuk jenjang SMA/SMK diadakan pada tanggal: 06 - 10 Mei 2013

Untuk para siswa, persiapkanlah dirimu dari sekarang untuk menghadapi UN nanti dengan belajar sungguh-sungguh agar mendapatkan nilai UN yang memuaskan . untuk para guru dan orang tua, cobalah anda dongkrak semangat anak untuk mau belajar dan beri motivasi untuk belajar. Karena dengan dorongan yang bersifat mendukung, anak akan senatiasa belajar dengan penuh keyakinan bukan dengan paksaan.

(Dikutip dari berbagai sumber)

UJIAN NASIONAL UDAH DEKAT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: as